Kanker Lambung, Gejala, Faktor Penyebab, dan Prosedur Pengobatannya

0
168

Kanker merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh banyak orang, salah satunya kanker lambung. Kanker lambung menjadi salah satu penyakit yang sulit diketahui awal kemunculannya dalam tubuh. Berbagai cara menyembuhkan kanker lambung dilakukan untuk meningkatkan harapan hidup penderitanya.

Mengenal Kanker Lambung

Penyakit kanker lambung terjadi karena sel lambung tumbuh secara abnormal dan tidak terkendali karena perubahan genetik. Sel kanker dapat menyerang semua lapisan di perut. Yaitu lapisan paling dalam, lapisan pendukung, lapisan otot, hingga lapisan terluar yang membungkus perut.

Gejala kanker perut atau lambung biasanya tidak tampak dengan jelas. Kanker ini juga memiliki perkembangan yang lambat hingga bertahun-tahun. Kanker lambung akan terlihat jelas pada stadium akhir dan kemungkinan sulit untuk menerapkan cara menyembuhkan kanker lambung.

Sulitnya deteksi awal membuat kanker lambung menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Pada tahun 2018 terdapat 3.014 kasus penderita kanker lambung. Dari angka tersebut terdapat angka kematian sebesar 2.521 kasus.

Gejala Kanker Lambung

Penderita kanker lambung stadium awal akan menunjukkan gejala yang sering dianggap sebagai penyakit maag.

  1. Perut kembung
  2. Nyeri ulu hati
  3. Asam lambung naik
  4. Mual dan muntah
  5. Sering bersendawa
  6. Merasa kenyang lebih cepat.

Sedangkan penderita kanker lambung stadium lanjut akan memiliki ciri ciri kanker lambung seperti di bawah ini.

  1. Mengalami anemia
  2. Muntah darah
  3. Mengalami sakit kuning
  4. Penurunan nafsu makan dan berat badan
  5. Tubuh terasa lemas
  6. Perut bengkak karena ada cairan yang menumpuk
  7. Feses berwarna hitam atau buang air besar disertai darah.

Faktor Penyebab Penyakit Kanker Lambung

Terdapat berbagai faktor yang bisa meningkatkan resiko terkena kanker lambung seperti di bawah ini.

  1. Memiliki anggota keluarga yang terkena kanker lambung.
  2. Pernah mendapatkan tindakan operasi pada organ lambung.
  3. Memiliki umur 55 tahun ke atas.
  4. Biasanya menjangkit pada laki-laki.
  5. Pernah mengalami penyakit yang memperbesar resiko terkena kanker lambung, seperti:
  • Radang lambung kronis.
  • Kekurangan vitamin B12 hingga menyebabkan anemia.
  • Mengidap kanker jenis lain seperti kanker usus, kanker serviks, kanker prostat, kanker esofagus, dan limfoma.
  1. Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.
  2. Mengonsumsi makanan yang tidak mengandung gizi lengkap.
  3. Kurang olahraga dan obesitas, yang juga akan menyulitkan cara menyembuhkan kanker lambung.
  4. Terlalu sering mengonsumsi makanan olahan, fastfood, dan mengandung banyak garam.
  5. Kesalahan dalam mengolah dan menyimpan makanan.

Cara Mengobati Kanker Lambung

Jenis pengobatan untuk kanker lambung akan menyesuaikan stadium penyakit tersebut, bisa berupa operasi, kemoterapi, radioterapi, dan terapi obat.

  1. Operasi

Pada kanker lambung stadium awal, dokter akan menggunakan bantuan gastroskopi untuk tindakan operasi. Namun jika kanker sudah menyebar hingga ke jaringan di sekitar lambung dokter akan menggunakan metode gastrektomi. Dokter akan mengangkat bagian lambung dan jaringan sekitarnya yang terkena kanker serta kelenjar getah bening.

  1. Radioterapi

Metode ini menggunakan sinar khusus untuk membunuh sel-sel kanker dengan alat khusus. Radioterapi dapat dilakukan sebelum operasi untuk memperkecil ukuran kanker atau setelah operasi untuk menghilangkan sel-sel yang tersisa. Meskipun prosedur ini tidak menimbulkan rasa sakit, pasien dapat merasakan efeknya berupa lelah, mual, muntah, dan gangguan pencernaan.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan cara menyembuhkan kanker lambung untuk membunuh sel-sel kanker dengan obat tablet atau infus. Kemoterapi menjadi cara untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan meringankan gejala pada penderita kanker stadium lanjut. Prosedur ini akan memakan waktu beberapa minggu atau bulan dengan beberapa efek samping yang akan hilang setelah prosedur selesai.

  1. Terapi obat bertarget

Terapi obat berfungsi untuk menyerang sel yang berkembang menjadi sel kanker atau memperkuat imun untuk melawan sel kanker tersebut. obat yang digunakan biasanya berupa Imatinib, Sunitinib, Regorafenib, Ramucirumab, dan Trastuzumab. Pemberian obat-obatan pada pasien kanker lambung stadium akhir akan berfungsi untuk mengurangi gejala

Mencegah lebih baik daripada melakukan cara menyembuhkan kanker lambung. Menerapkan pola dan gaya hidup yang sehat merupakan cara paling utama untuk menjauhkan diri dari berbagai penyakit termasuk kanker lambung. Diagnosa awal kanker lambung secara tepat hanya bisa dilakukan dengan metode medis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here