Kesalahan Perawatan Kecantikan yang Sering Terjadi

0
576

Sebagai wanita, pasti ingin terlihat tampil menarik dan memiliki kulit yang cantik. Namun, terkadang ada beberapa orang yang keliru dalam melakukan perawatan kecantikan. Bukannya terlihat halus dan bersinar, malah menimbulkan jerawat muncul di salah satu sisi wajah. Mengerikan bukan?

Perawatan kulit agar terlihat cantik bisa dilakukan dari dalam maupun luar. Contohnya minum air putih yang cukup, tidak merokok, dan menggunakan tabir surya agar terhindar dari bahaya radiasi sinar UVA dan UVB. Dengan melakukan begitu beberapa wanita merasa sudah benar, namun ternyata tanpa disadari ada beberapa wanita yang melakukan kesalahan dalam perawatan kulit.

Tidak ada salahnya sesekali cek ke dokter kesehatan dan kecantikan, apakah perawatan yang Anda lakukan sudah benar. Karena terkadang ada beberapa hal yang kita tidak perhatikan apakah perawatan kulit yang sudah dilakukan benar atau salah. Bahkan mungkin Anda melakukan perawatan kulit dari mendengar beberapa mitos yang bisa membahayakan tanpa ada ketahui kebenarannya.

Agar menghindarkan kulit dari kerusakan, Anda bisa menyadari kesalahan dan tidak melakukan lagi. Lalu apa saja kesalahan dalam perawatan kecantikan yang sering tidak disadari sebagian orang? Simak penjelasan berikut ini.

Kesalahan Perawatan Kecantikan yang Sering Terjadi

Terlalu Sering Mencoba Produk Baru

Saat ini banyak sekali produk-produk kecantikan baru bermunculan, seringkali produk tersebut menggoda dan akhirnya tergiur untuk mencobanya. Padahal, terlalu sering mencoba produk baru bisa berakibat tidak baik untuk kesehatan kulit. Untuk itu, coba pastikan terlebih dahulu produk baru tersebut aman atau tidak. Caranya dengan mengoleskan pada punggung tangan, tunggu dan lihat reaksi kulit tersebut.

Memencet Jerawat

Ketika jerawat tumbuh di wajah, seringkali tangan kita tidak bisa berhenti untuk memegangnya. Hingga akhirnya tergoda untuk memencetnya karena terlalu risih dan tentu sakit. Jika jerawat dipencet justru akan memperparah jerawat dan menimbulkan luka baru. Bakteri yang bisa jadi menempel pada tangan justru bisa masuk dan menimbulkan infeksi.

Fakta bahwa memencet jerawat tidak membuat kempes dan hilang, justru akan menimbulkan masalah kulit seperti kulit kemerahan, bengkak, luka yang membekas, bahkan bekasnya akan terlihat seperti lubang. Memalukan bukan?

Tidak Hati-hati Memilih Tabir Surya

Jika Anda memiliki kegiatan yang padat di luar tentu sebelum berangkat aktivitas memakai produk UV protection atau tabir surya. Namun, jangan sampai menggunakan tabir surya yang memiliki SPF tinggi. Sinar matahari memang mengandung sinar UVA dan UVB yang dapat membahayakan kulit, namun bukan berarti yang kamu butuhkan bukan produk berkadar SPF tinggi.

Perlu diperhatikan, kandungan apa saja kandungan dalam tabir surya yang digunakan. Pilihlah tabir surya yang mengandung kurang lebih SPF 15, mexoryl, avobenzone, titanium dioksida, dan oxybenzone. Untuk penggunaannya, gunakan lebih dari satu kali. Karena faktanya tidak ada UV protection yang mampu melindungi kulit sepanjang hari dan hanya mampu melindungi sampai 4 jam.

Melakukan Fasescrub Setiap Hari

Tidak jarang orang melakukan fasescrub setiap hari dengan tujuan agar wajah terlihat bersinar. Padahal, melakukan fasescrub setiap hari justru berakibat kulit menjadi kering. Melakukan facescrub cukup dilakukan sebanyak 2 kali setiap minggu dengan cara yang tepat.

Tidak Minum Air Putih yang Cukup

Air putih sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit kita, tidak hanya bagus untuk metabolisme dan kesehatan tubuh. Minum air putih yang cukup akan membantu menjaga kelembapan kulit dan bisa mencegah kulit mengalami dehidrasi.

Membeli Produk Kecantikan Karena Iklan

Iklan memang sebagian besar sangat mempengaruhi dan menggoda konsumen untuk membelinya. Mulai sekarang, jangan buru-buru tergoda untuk membeli produk hanya berdasarkan iklan. Perhatikan terlebih dahulu isi kandungan di dalam produk, karena ada beberapa produk perawatan kulit yang malah bisa menyumbat pori-pori. Bahkan tak jarang ada produk yang malah memperparah jerawat.

Hindari produk seperti sabun cuci wajah yang berbahan dasar alkohol, sabun batangan yang mengandung alkaline, dan produk lainnya yang berbahan dasar minyak. Produk yang berbahan minyak berakibat menyumbat pori-pori terkecuali jika digunakan pada kulit kering. Sehingga perlu diperhatikan jenis kulit apa dan produk kecantikan yang sesuai dengan kondisi kulit.

Produk yang mengandung isopropyl palmite, isopropyl myristate, butyl stearate, isopropyl isoterate, isopropyl neopentanoate, acetylated lanolin, dan decyloleatedianjurkan untuk dihindari. Pilihlah produk kecantikan yang mengandung noncomedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori di wajah.

Melewatkan Daerah Leher

Sebagian orang tidak memahami bahwa sebenarnya kulit leher memiliki kesensitifan sama seperti kulit wajah. Jika Anda rutin menggunakan produk skincare pada wajah dan melewatkan bagian leher, maka leher akan terlihat kusam dan kehilangan cahayanya bahkan lebih parahnya akan tampak seperti belang. Cobalah mulai memperhatikan kulit leher agar tidak kalah cerah dibanding kulit wajah.

Tidak Menggunakan Pelembab

Kunci dari kulit yang sehat yaitu memiliki kelembaban yang sesuai. Wanita berjerawat biasanya cenderung merasa khawatir bila menggunakan pelembab. Karena takut kulit akan lebih berminyak. Namun ternyata hal tersebut justru salah, karena kulit membutuhkan skincare untuk menjaganya tetap lembab hanya saja pilihlah pelembab yang oilfree atau bebas minyak.

Asal Pilih Pelembab pada Kulit Kering

Selain kulit berminyak yang sering mengganggu, ternyata kulit kering pun menyebalkan karena mengganggu penampilan dan kenyamanan kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, gunakan pelembab yang tidak mengandung alkohol, parfum dan minyak berlebih. Namun cukup memilih pelembab yang bertekstur padat dan tebal.

Anda bisa melakukan pengetesan pelembab dengan cara menaruh sedikit pelembab di telapak tangan, kemudian balikan telapak tangan yang telah diberi pelembab. Jika hasilnya pelembab tersebut berjatuhan itu artinya pelembabnya kurang padat.

Kesalahan perawatan kulit lainnya yaitu menggunakan pelembab pada kulit yang benar-benar kering, seharusnya pelembab dioleskan ketika wajah masih lembab setelah dibasuh dengan air dan ditepuk-tepuk dengan handuk. Dengan ini, pelembab akan membantu kelembaban kulit tetap terjaga.

Tidur Masih Menggunakan Make Up

Kadang karena terlalu lelah dan mengantuk sehingga langsung tidur tanpa memperhatikan wajah dan membersihkan make up. Akibatnya berakibat buruk pada kulit wajah. Menggunakan make up selama seharian telah menutup pori-pori wajah dan jika dibiarkan hingga tidur maka akan menimbulkan jerawat. Ini adalah akibat kulit tidak mampu melakukan regenerasi saat tidur di malam hari.

Mencuci Wajah Sehari Sekali

Biasanya wanita yang memiliki kulit kering cenderung jarang mencuci wajah karena takut kulit akan semakin kering sehingga mencucinya hanya satu kali dalam sehari. Sebenarnya kulit merasa terbebani karena pemakaian beberapa macam kosmetik yang digunakan dan ditambah lagi debu bertebaran yang bisa menutup pori-pori kulit. Sehingga mencuci wajah sangat dianjurkan bahkan untuk kulit kering.

Memakai Obat Jerawat Secara Berlebihan

Banyak orang merasa galau karena jerawat yang mengganggu dan secara tidak sadar menggunakan obat jerawat berlebihan agar cepat sembuh. Padahal ini adalah cara yang salah karena bisa memperparah kondisi jerawat. Jika memakai obat jerawat Anda justru membuat kulit wajah menjadi kering maka coba gunakanpelembab oilfree atau pelembab noncomedogenic.

Menyemprot Parfum pada Baju

Sebenarnya parfum dianjurkan digunakan pada kulit, namun kebanyakan orang malah menyemprotkan parfum pada baju. Hal ini akan menyebabkan kombinasi dari bahan kain, keringat, dan parfum menjadi bau yang tidak sedap.

Untuk hasil yang benar cobalah semprotkan parfum pada tubuh setelah mandi dan arahkan pada bagian yang terdapat urat nadi seperti bagian tangan, leher, dan belakang telinga. Sehingga membuat parfum mudah meresap dan memiliki aroma tahan lama.

Membilas Terlalu Lama Saat Mandi

Jika udara terasa panas, memang sangat menyegarkan mandi dan membilas tubuh berlama-lama. Namun masalahnya justru terlalu lama membilas saat mandi akan mengangkat dan membuang zat minyak alami di tubuh. Sehingga berakibat kulit menjadi bersisik. Cara mandi yang baik yaitu dengan air hangat selama tidak lebih dari 10 menit kemudian oleskan body lotion untuk menjaga kelembaban kulit.

Memakai Foundation Saat Pelembab Masih Basah

Memakai foundation ketika pelembab masih menempel dengan basah ini bisa jadi digunakan karena tidak sabaran, tidak tau, atau gugup akan menghadiri suatu acara. Ini menyebabkan make up tidak menyatu dan riasan menjadi tidak sempurna. Akibatnya foundation tidak akan bertahan sepanjang hari.

Cara menggunakan foundation dengan baik yaitu diamkan pelembab selama 1 menit terlebih dahulu, atau jika memang tidak sabaran dan tergesa-gesa Anda bisa menempelkan kertas tisu setelah wajah diberi pelembab agar cepat kering dan bisa diaplikasikan foundationnya.

Melupakan Eye cream

Mata merupakan bagian wajah yang akan terlihat jelas ketika mengalami penuaan. Jika sudah berumur 25 tahun, memakai eye cream sangat dianjurkan karena umumnya penuaan telah terjadi mulai pada umur 20 tahun. Gunakan eye cream di pagi hari dan pada malam hari sebelum tidur.

Membersihkan Wajah tanpa Cleansing Terlebih Dahulu

Meski praktis menghilangkan make up langsung dengan air dan pencuci muka, namun mencuci wajah saat masih penuh dengan make up akan membutuhkan waktu berulang-ulang. Ini akan berakibat pada kulit yang menjadi kering. Sebaiknya gunakan cleansing terlebih dahulu sebelum membersihkan wajah dengan air dan sabun pencuci muka.

Mengaplikasikan Pelembab untuk Mengatasi Kantung Mata

Memang sangat praktis menggunakan pelembab untuk memudarkan bahkan menghilangkan kantung mata. Namun ternyata ini sangat buruk efeknya. Menggunakan pelembab untuk mengatasi kantung mata justru hanya menahan kandungan air di dalamnya. Sehingga hasilnya akan menimbulkan bengkak.

Cara yang baik untuk mengatasi kantung mata yaitu dengan mengkompres menggunakan es atau gel kompres khusus selama kurang lebih 10 menit. Atau dengan cara yang lebih alami yaitu mengkompres dengan buah mentimun atau tomat.

Sekarang Anda sudah tahu bukan? Tentang apa yang tidak boleh dilakukan terhadap kulit. Mulailah lebih hati-hati dalam menjaga kulit. Jangan sampai bermaksud menjaga perawatan dan kecantikan kulit malah justru merusaknya. Untuk lebih memahami kondisi kulit Anda, cobalah konsultasi dengan dokter spesialis kulit agar memperoleh hasil terbaik.

Demikianlah sedikit informasi mengenai kesalahan perawatan kecantikan yang sering tanpa disadari dilakukan sebagian orang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan jika berkenan bagi informasi ini dengan orang tersayang Anda agar mereka tidak melakukan kesalahan yang sama. Sehingga tentunya wajah Anda dan teman terdekat Anda akan selalu sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here