Mengkonsumsi Buah dan Sayur Berkhasiat Tinggi untuk Kecantikan. Berikut Detailnya!

0
538

Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan bahan pangan hayati, termasuk aneka sayur dan buah. Sayuran dan buah-buahan memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia karena mengandung sumber vitamin dan serat. Hal yang paling penting yaitu menopang kehidupan manusia untuk menjaga tubuh tetap sehat, terlihat bugar, dan memancar kecantikan.

Buah dan sayur bermanfaat bagi tubuh untuk mendukung kebutuhan akan vitamin dan gizi yang tinggi. Vitamin adalah kelompok senyawa organik yang tidak termasuk golongan karbohidrat, protein, maupun lemak. Peranan vitamin dalam tubuh sangat besar meskipun ada beberapa vitamin yang dibutuhkan hanya relatif kecil. Selain itu, juga dapat menjadi rahasia dasar agar kulit tetap sehat dan mendukung penampilan

Buah dan sayur sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh, yaitu menjaga kulit tetap awet muda, terlihat segar secara alami dan tentunya aman. Sayuran dan buah baik dikonsumsi dalam bentuk jus karena kandungan vitamin tetap terjaga, juga mempermudah tubuh untuk menyerap vitamin tersebut.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan direfleksikan oleh tubuh, sehingga bagi Anda yang menginginkan kulit sehat dan tetap awet muda sangat disarankan untuk mengkonsumsi berbagai macam buah serta sayur dalam jumlah banyak. Setiap buah memiliki manfaat yang berbeda-beda, baik untuk tubuh, wajah, hingga rambut. Ada yang membantu memutihkan kulit, mengatasi kulit kering, dan lain-lain.

Jika Anda menginginkan kulit yang bersinar, ada pepatah lama mengatakan “Anda adalah apa yang Anda makan”. Setiap orang memiliki krim atau perawatan wajah favorit, namun kulit cantik dimulai dengan makanan dari dalam. Sel dalam tubuh lama kelamaan akan menua dan akan digantikan oleh sel baru, pasokan vitamin dan nutrisi adalah kuncinya.

Makanlah makanan dengan komposisi seimbang sehingga Anda akan memberi nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membantu kulit tetap lembut, kenyal, dan terhindar dari flek hitam. Kerutan kulit dan bintik hitam adalah hal yang tak terelakkan dari waktu, namun hal tersebut bisa dipercepat oleh paparan sinar matahari, efek sabun yang kuat, bahan kimia, dan nutrisi yang buruk.

Perlakukan kulit Anda secara baik dengan cara makan buah dan sayuran antioksidan. Untuk menambah hasil yang maksimal, Anda juga bisa memakan lemak sehat. Namun kali ini kita akan membahas buah dan sayur yang bermanfaat untuk kecantikan.

Khasiat Mengkonsumsi Buah dan Sayur Untuk Kecantikan

Mengkonsumsi Pepaya

Selain rasa buahnya yang enak dan segar, buah ini juga mengandung zat aktif yang dapat menangkal radikal bebas. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa pepaya mengandung vitamin C yang mampu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, dengan cara memperbaiki DNA yang rusak akibat terkena sinar UV.

Mengkonsumsi Stroberi

Dengan mengkonsumsi stroberi maka kulit Anda akan terlihat lebih awet muda dan terbebas dari masalah keriput kulit seperti kerutan di wajah. Hal ini karena buah stroberi mengandung zat antioksidan yang dapat menghambat penuaan sel.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh The American Journal of Clinical Nutrition, menjelaskan bahwa memakan buah stroberi yang mengandung vitamin C membantu memperlambat terjadinya keriput  maupun masalah kulit kering akibat penuaan. Vitamin C yang terkandung dalam stroberi mampu membantu melembabkan kulit akibat pengaruh radikal bebas dan menjaga elastisitas kulit.

Mengkonsumsi Alpukat

Alpukat menjadi salah satu buah favorit yang digemari sebagian orang. Selain rasanya yang lezat jika dijadikan jus, buah alpukat juga memiliki kandungan sangat baik untuk membantu regenerasi dan pertumbuhan sel tubuh. Hal ini karena buah alpukat mengandung biotin atau vitamin B7.

Mengkonsumsi Tomat

Tomat menjadi buah yang sangat efektif untuk mengatasi dan menghilangkan masalah garis-garis hitam yang mengganggu wajah. Selain itu buah tomat ini juga mampu menjadikan kulit terlihat lebih cerah. Caranya yaitu dengan menghaluskan buah tomat kemudian oleskan pada wajah sebagai masker, kemudian bilas dengan air hangat. Untuk hasil maksimal gunakanlah rutin setiap hari.

Zat yang terkandung dalam tomat yaitu likopen dan karotenoid,  selain menghilangkan garis-garis hitam juga dapat melindungi dari radiasi matahari. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 2 setengah sendok makan pasta tomat atau meminum kurang lebih 350 mili jus wortel setiap hari dapat mengurangi risiko iritasi kulit akibat terkena paparan sinar UV.

Mengkonsumsi Timun

Timun merupakan sayuran yang sering digunakan sebagian orang untuk dijadikan lalapan atau dimakan mentah karena memiliki rasa yang menyegarkan dan manis. Ternyata mentimun juga memiliki manfaat yang baik untuk meremajakan kulit, menenangkan kulit, menjadikan halus, kenyal, dan berkilau.

Dalam mengkonsumsi timun dianjurkan jangan berlebihan karena bisa menimbulkan darah rendah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya jangan hanya dikonsumsi, namun gunakan sebagai masker agar mendapat pengaruh dari luar dan dalam.

Mengkonsumsi Apel

Apel sering tersaji dalam acara penting karena bentuk dan warnanya yang cantik dan rasanya yang manis. Namun ternyata tidak hanya bentuknya saja yang cantik, manfaat bagi orang yang memakan buah apel juga bisa menjadi cantik karena vitamin dan zat yang terkandung di dalamnya yaitu asam malat yang berguna untuk membantu kulit tetap awet muda dan kencang.

Mengkonsumsi Pisang

Sebagian orang mengkonsumsi pisang biasanya untuk membantu pencernaan yang terganggu menjadi lancar, namun ternyata pisang juga bisa dikonsumsi untuk kecantikan. Pisang mengandung zat potasium yang membantu melembabkan dan menghidrasi kulit sehingga akan terhindar dari kulit kering.

Mengkonsumsi Edamame

Edamame adalah sayuran yang kaya akan isoflavon dan antioksidan. Zat isoflavon pada edamame bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi kolagen, produksi kolagen dalam tubuh manusia biasanya akan melambat sekitar umur 20 tahun. Sehingga diperlukan mengkonsumsi edamame untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh

Selain zat isoflavon, zat antioksidan pada sayur edamame juga penting untuk menangkal radikal bebas akibat sinar UV yang terpancar dari radiasi matahari. Mengkonsumsi satu porsi sayur edamame sangat menguntungkan karena bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Mengkonsumsi Paprika Merah

Mengkonsumsi paprika merah ukuran sedang dapat memenuhi 200 persen kebutuhan vitamin C selama satu hari. Mengkonsumsi banyak vitamin C dalam tubuh akan membantu melindungi sel kulit dari kerusakan, akibat terkena paparan sinar matahari. Peneliti telah menjelaskan bahwa vitamin C dapat membantu memperbaiki DNA yang rusak akibat terkena sinar UV.

Mengkonsumsi Labu

Labu mengandung zat beta karoten yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar radiasi UV. Selain itu, zat beta karoten juga dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A agar bisa menjaga kesehatan mata, sistem imun dan tulang.

Mengkonsumsi Bayam

Sayur bayam mengandung kadar lutein yang tinggi, kadar lutein ini berfungsi melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Ketika akan membeli bayam, disarankan memilih bayam yang berada di tumpukan paling atas, yang paling banyak terkena paparan sinar matahari.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan bahwa bayam yang disimpan di bawah cahaya matahari langsung selama kurang lebih 3 hari maka akan menunjukkan kadar vitamin C, K, dan E, asam folat karotenoid lutein, serta zat zeaxanthin.

Mengkonsumsi Kopi

Selain buah dan sayur yang telah dijelaskan diatas, ternyata kopi juga berguna untuk kecantikan kulit. Menurut penelitian yang telah diterbitkan oleh The Europian Journal of Cancer Prevention, meminum satu cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit. Penelitian ini dilakukan kepada lebih dari 93 ribu wanita, dan hasilnya menunjukkan 10 persen mengurangi risiko kanker kulit.

Mengkonsumsi Tahu

Tahu seringkali disepelekan sebagian orang, padahal tahu mempunyai manfaat besar bahkan untuk kecantikan. Mengkonsumsi tahu dapat membantu meningkatkan produksi kolagen untuk melembutkan kulit, ini disebabkan karena tahu kaya akan isoflavone. The Journal of The American College of Nutrition telah melakukan penelitian manfaat tahu.

Penelitian tersebut memanfaatkan seekor tikus untuk uji coba, hasilnya tikus yang diberikan isoflavone kemudian dikenai paparan sinar UV terlihat memiliki sedikit kerutan dan kulit lebih halus dari pada tikus lain yang tidak diberikan isoflavone kemudian terpapar sinar UV. Para peneliti percaya bahwa isoflavone dapat membantu mencegah kekurangan produksi kolagen dalam tubuh.

Selain isoflavone, tahu juga mengandung phyto esterogen. Phyto esterogen adalah bahan kimia alami yang ditemukan dalam makanan nabati, zat tersebut menjaga hormon alami kita agar tetap seimbang.

Mengkonsumsi Jagung

Jagung selain menjadi makanan pengganti nasi karena mengandung banyak serat, juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Dengan mengkonsumsi jagung, maka kulit akan terlindungi dari kerusakan akibat matahari. Hal ini disebabkan karena jagung merupakan sumber terbaik dari adanya zat lutein atau sejenis zat carotenoid.

Mengkonsumsi Wortel

Mengkonsumsi sayur wortel sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Wortel ini kaya akan beta karoten yang baik untuk kulit. Untuk mendapatkan manfaat sayur wortel bisa dengan berbagai cara, yaitu mengkonsumsinya secara langsung, dibuat jus terlebih dahulu, atau bisa diaplikasikan langsung pada wajah sebagai masker.

Sayur wortel bermanfaat baik untuk kulit yaitu menunda keriput pada wajah, membuat kulit terlihat lebih merona, dan memperlambat penuaan dini pada kulit. Jadi alangkah baiknya memasukkan sayur wortel sebagai tambahan menu makan setiap harinya.

Buah dan sayuran mengandung antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit dari kerusakan sel yang disebabkan oleh efek radikal bebas. Radikal bebas seperti polusi, asap rokok atau merokok, dan sinar matahari yang menyebabkan bintik-bintik hitam dan lebih cepat munculnya keriput. Makanlah berbagai macam buah-buahan dan sayuran hijau dan targetkan hingga 5 porsi sehari.

Vitamin C merupakan contoh dari antioksidan tinggi. Vitamin C terkandung dalam buah jeruk, jambu biji, stroberi, buah kiwi, brokoli, blackcurrant, blueberry, dan ubi jalar. Vitamin C diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, menjadikan kulit bercahaya, mengurangi timbulnya jerawat, dan memproduksi kolagen untuk memperkuat kapiler yang membantu mengencangkan kulit.

Demikian sedikit info tentang berbagai macam buah dan sayur yang berkhasiat menambah kecantikan dari dalam. Dari sedikit info ini, semoga kita bisa mengambil manfaatnya dan menerapkan agar terlihat lebih cantik dan segar dari dalam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here