Inilah Tips Memilih Produk Kecantikan Untuk Kulit Sensitif

0
667

Kulit sensitif tentunya membutuhkan perhatian yang lebih ekstra, dibandingkan dengan jenis kulit lain. Kulit sensitif juga lebih cepat pada perubahan bahan kima, perubahan cuaca serta kondisi lingkungan. Oleh karena itu pemilihan produk untuk melakukan perawatan kulit sensitif yang harus lebih berhati-hati.

Hal tersebut dilakukan supaya tidak berdampak buruk pada kulit. Apalagi jika Anda sudah pernah mengalami reaksi tidak wajar atau gatal-gatal saat menggunakan produk perawatan kulit. Ada kemungkinan jika memiliki kulit sensitif, maka perlu lebih berhati-hati.

Ada baiknya juga untuk memilih dan menggunakan produk yang memiliki komposisi yang alami. Tapi jika tidak menggunakan produk yang dijual di pasaran dapat membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami dan mudah di temui di pasar. Kulit sensitif sendiri termasuk kulit yang bereaksi secara berlebihan, terutama pada faktor lingkungan.

Reaksi kulit tersebut sudah sering dialami saat sabun, kosmetik, tabir surya atau sampo. Kondisi ini dapat memperburuk kondisi, seperti saat terpapar udara kering dan dingin. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui juga penyebab, cara mengatasi dan memperhatikan dengan baik masalah yang terjadi pada kulit wajah. Dengan begitu kulit tetap terjaga.

Cara Memilih Produk Kecantikan Kulit Sensitif

Produk Kecantikan untuk Kulit Sensitif

Untuk mengatasi dan memilih produk kecantikan khusus kulit sensitif, Anda bisa memilih menggunakan pembersih wajah non-alkohol. Kurangi menggunakan make up secara berlebihan dan pilih produk yang tidak memiliki kandungan zat eksfoliasi.

Pada pembersih wajah non-alkohol ini dianjurkan untuk pemilik kulit sensitif. Karena kandungan alkohol dapat menimbulkan masalah pada kulit Anda. Membuat pori-pori menjadi lebih besar, produksi minyak pada wajah bertambah sampai terjadinya peradangan di kulit wajah.

Selain itu pemilik kulit sensitif juga dianjurkan membatasi penggunaan make up atau produk kecantikan. Karena kulit sensitif juga memiliki batasan tersendiri untuk menyerap kandungan yang ada pada produk tersebut. Kulit tidak bisa menerima lebih dari 3 produk di saat bersamaan. Dengan mengurangi penggunaan produk makeup, maka akan mengurangi dan menghindari risiko terjadinya iritasi kulit.

Tidak hanya perlu menghindari produk dengan kandungan alkohol saja, hindari juga produk yang mengandung zat eksfoliasi. Karena zat tersebut akan menimbulkan masalah pada kulit sensitif. Mulai dari komedo, memperbesar pori-pori sampai jerawat.

Tips Mengatasi Jerawat Pada Kulit Sensitif

Untuk mengatasi jerawat atau mencegah jerawat bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Ada baiknya untuk selalu teratur mencuci muka, mencermati kandungan yang ada di dalam produk yang digunakan, mengkonsumsi makanan yang sehat dan hindari paparan sinar matahari menggunakan tabir surya.

Saat Anda mencuci muka secara teratur atau minimal 2 kali sehari. Terutama saat wajah berminyak atau berkeringat maka akan mengurangi risiko timbulnya jerawat. Tapi untuk pemilik kulit sensitif disarankan memilih sabun wajah yang memiliki kandungan lembut serta tidak iritatif.

Mencermati kandungan dalam produk juga sangat diperlukan. Dengan begitu Anda dapat menghindari penggunaan produk yang memiliki kandungan alkohol, pewangi, antibakteri dan deodoran.

Selain itu dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah, sayuran, protein, biji-bijian dan makanan dengan kandungan vitamin C. Mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan konsumsi makanan sehat yang baik untuk kesehatan kulit. Maka kulit sensitif Anda akan selalu terjaga dengan baik tanpa menimbulkan masalah apapun.

Pemilihan Produk yang Aman

Jika Anda memilih menggunakan sebuah produk, ada baiknya untuk memilih produk yang aman bagi kulit sensitif. Ada beberapa produk yang memiliki kriteria khusus untuk kulit sensitif, seperti Hypoallergenic, tidak ada kandungan asam berlebihan dan tidak mengandung bahan aktif yang banyak.

Saat produk memiliki kandungan bahan tersebut, maka dapat dijadikan pilihan yang baik. Karena Hypoallergenic ini termasuk pelembab yang risiko alerginya lebih rendah dibandingkan produk lainnya dan bagus digunakan pada kulit sensitif.

Sedangkan tidak adanya kandungan asam berlebihan ini akan membantu mengatasi masalah jerawat. Pada produk dengan bahan aktif yang sedikit atau tidak lebih dari 10 bahan baku, maka potensi efek samping yang ditimbulkan juga akan semakin sedikit. Baik untuk Anda yang sedang merawat kulit sensitif dan pilih yang kaya antioksidan.

Ciri-ciri Kulit Sensitif

Untuk ciri-ciri kulit sensitif sendiri bisa diamati dengan adanya rutinitas perawatan masing-masing. Seperti bagaimana cara merawat kulit sampai dengan memperhatikan barang-barang yang bersentuhan dengan kulit. Seperti penggunaan produk perawatan rambu, detergen yang menggunakan wewangian dan yang lainnya.

Karena saat benda tersebut bersentuhan secara langsung dengan kulit, maka dapat mempengaruhi kondisi kulit. Jadi ada baiknya untuk menggunakan produk lembut supaya dapat menjaga kelembapan kulit. Untuk ciri-cirinya mulai dari adanya ruam atau bercak dengan mudah. Kulit tidak menyerap wewangian dengan baik, alergi dan produk yang digunakan membuat wajah sakit menyengat atau merah.

Bisa juga membuat kulit Anda mengelupas, menjadi memerah dan kulit terasa gatal. Pada produk yang dapat membuat wajah menjadi sakit menyengat ini biasanya ciri dari kulit sensitif yang diakibatkan ada reaksi alergi. Terutama pada bahan kimia yang ada di dalam produk kecantikan.

Menurut dokter Elizabeth Tanzi yang merupakan Wakil Direktur Washington Institute of Dermatologic Laser. Pemilik kulit sensitif lebih baik untuk menggunakan produk kulit yang tidak menggunakan bahan aktif kuat dan tanpa wewangian. Baik retinoid atau asam glukonat yang dapat mencegah gejala yang timbul menjadi kambuh lagi.

Sedangkan dari ciri-ciri alergi ini berkaitan dengan kulit sensitif. Tapi ada baiknya untuk jangan terburu-buru mengganti produk supaya wajah yang masih teritiasi tidak menjadi lebih parah. Hentikan pemakaian dalam beberapa minggu dan jika masih merah konsultasikan dengan dokter kulit supaya memastikan tanda reaksi alergi yang ada.

Penyebab Jerawat Pada Kulit Sensitif

Ada sebagian orang yang sering mengalami masalah jerawat dan kondisi tersebut sering terjadi pada pemilik kulit sensitif. Untuk Anda yang memiliki kondisi tersebut, sebaiknya mengetahui perawatan yang baik terlebih dahulu untuk mencegah masalah lebih berlanjut atau jerawat bertambah parah.

Jerawat sendiri termasuk masalah yang paling umum terjadi. Jerawat dapat terbentuk saat pori-pori kulit tersumbat sel kulit mati, kuman atau minyak alami kulit. Saat hal tersebut terjadi, maka pori-pori akan mengalami peradangan dan kondisi ini akan menimbulkan jerawat.

Sedangkan faktor atau penyebabnya sendiri karena adanya perubahan hormon, stres, komedo dan faktor keturunan atau genetik. Pemilik kulit sensitif juga lebih rentan terkena jerawat. Dengan tanda-tanda munculnya kemerahan, gatal dan perih pada wajah setelah terpapar zat tertentu. Terutama saat suhu panas, dingin, terkena sinar matahari, debu, sabun sampai stres.

Kulit sensitif sendiri dapat muncul saat usia dewasa dengan risiko yang meningkat jika usia mulai bertambah. Oleh karena itu jerawat tidak selalu muncul saat usianya lebih tua.

Merawat Kulit Sensitif dengan Bahan Alami

Saat Anda berada di bawah sinar matahari kulit mengelupas, saat menggunakan bedak bermerk wajah jadi jerawatan maka hal tersebut membuktikan bahwa Anda memiliki kulit yang sensitif. Karena perawatan wajah sensitif sendiri perawatannya susah gampang. Tapi tidak boleh salah pilih dalam produk kosmetik yang digunakan dan jenis perawatan yang dilakukan supaya tidak menimbulkan masalah kulit lainnya.

Karena memiliki kulit yang mulus dan bersih sendiri tentunya semua orang menginginkan hal tersebut. Oleh karena itu perawatan kulit sensitif dengan jenis kulit lain berbeda dan harus ditaati dengan baik. Sedangkan Anda yang ingin menggunakan produk atau bahan-bahan alami bisa menggunakan minyak kelapa, gula pasir, vitamin C, madu, kentang, mentimun dan kopi.

Minyak kelapa sendiri dapat melembabkan wajah dan melembutkan. Anda bisa menggunakannya sebelum tidur supaya kulit wajah menjadi lembut esok harinya. Selain itu minyak kelapa juga mudah menyerap dalam kulit, jadi tidak perlu menggunakan pelembab lainnya.

Pada bahan alami seperti gula pasir, Anda dapat menggunakannya sebagai scrub. Gula pasir ini bisa dijadikan sebagai alternatif untuk Anda yang memiliki kulit sensitif tapi tidak bisa melakukan facial wajah. Saat wajah tidak dibersihkan maka sel kulit mati juga akan menumpuk dan wajah menjadi kusam. Oleh karena itu bisa menggunakan gula pasir yang dicampur dengan minyak zaitun.

Tapi untuk bubuk kopi Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Tidak hanya dapat menahan kantuk, tapi kopi juga dapat sangat bermanfaat bagi kulit sensitif Anda. Campurkan bubuk kopi dengan madu sebagai bahan dasar masker. Setelah merata, tambahkan sedikit minyak kelapa dan susu. Pastikan juga Anda membilasnya dengan air hangat.

Bisa juga menggunakan air mawar sebagai toner, supaya dapat membersihkan sisa make up dengan mencucinya sampai bersih. Disarankan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif dan kering tidak menggunakan sembarangan toner.

Mengatasi Kulit Wajah yang Sudah Terlanjur Parah

Untuk Anda yang sudah terlanjur mengalami masalah dan berjerawat parah. Maka pastikan untuk menyembuhkan masalahnya terlebih dahulu dan lakukan beberapa tahapan untuk kulit sensitif yang sudah dipenuhi jerawat.

Mulai dari menjaga pola makan,karena jerawat sendiri biasanya terjadi akibat serangan hormon. Maka atur pola makan dan jauhi makanan yang akan memperbanyak produksi minyak pada wajah serta mengundang jerawat baru muncul di wajah. Hindari makanan berminyak, kacang-kacangan dan makanan pedas yang dapat, menimbulkan jerawat.

Perbanyak mengkonsumsi air putih, oatmeal, sayuran hijau, buah dan daging yang lemaknya sudah dipisah. Kemudian pilih pengobatan secara alami seperti menggunakan lidah buaya atau es bau. Minum jus lemon yang dengan 1 gelas air setiap pagi hari. Jus lemon ini dapat mengurangi minyak yang ada pada kulit wajah.

Bisa juga menggunakan minyak esensial dari campuran jojoba oil dan campuran minyak pohon teh. Ganti juga handuk muka dan sarung bantal supaya kotoran tidak mudah menempel di wajah Anda

Tapi jika kulit sensitif dan berjerawat menjadi lebih sulit teratasi. Disarankan untuk konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kulit. Biasanya beberapa dokter juga akan memberikan atau menyarankan perawatan khusus sebagai rekomendasi. Bisa berupa obat atau produk perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulit.

Tapi ada baiknya juga jika Anda menggunakan produk atau bahan-bahan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah tanpa adanya campuran kimia lainnya. Sehingga tidak akan menimbulkan efek samping atau memperparah kondisi kulit tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here