Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Segala Penyakit

0
318

Kesehatan adalah suatu keadaan sejahtera, aman, dan nyaman. Baik itu keadaan jiwa maupun raga. Kesehatan sangat berimbas untuk menjalani kehidupan lebih produktif secara sosial maupun ekonomi. Seseorang dikatakan sehat apabila terhindar dari segala jenis penyakit, baik itu penyakit dari fikiran maupun penyakit fisik.

Ada pepatah mengatakan sehat itu mahal harganya. Memang, kita tidak akan pernah tau kapan sakit itu menghampiri kita dan menyembuhkan sakit tidak secepat yang kita mau. Untuk itu kita diharuskan selalu berusaha menjaga kesehatan, agar kita tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa hambatan seperti penyakit yang menyerang.

Sebelum terserang berbagai penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, alangkah baiknya mencegah terlebih dahulu. Salah satunya dengan menjaga pola hidup tetap sehat, sehingga bisa menghindarkan dari berbagai serangan penyakit. Siapa sih yang rela tubuhnya terserang penyakit? Tentu tidak ada. Untuk itu Anda bisa mencoba beberapa tips menjaga kesehatan berikut ini.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Antara Lain

Konsumsi Makanan Sehat

Tubuh manusia memerlukan nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral untuk menjaga organ tubuh tetap sehat seperti otot, tulang, saraf, dan organ lainnya yang sangat berfungsi penting bagi tubuh. Jika komposisi seluruh tubuh manusia telah sehat maka produksi hormon dan bahan kimia yang diperlukan untuk menjaga organ akan tetap berfungsi secara normal.

Vitamin dan mineral adalah zat alami yang diperlukan untuk pertumbuhan, fungsi tubuh dan menjaga sistem metabolisme agar tetap berfungsi normal. Makanan dan minuman cepat saji sebaiknya dihindari karena mengandung bahan-bahan kimia berbahaya sehingga dapat menimbulkan penyakit seperti kanker, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya.

Makan Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu dari makanan sehat karena mengandung banyak vitamin yang mendukung sistem kekebalan tubuh, selain itu sayur juga baik bagi mereka yang ingin melakukan diet seimbang. Ahli kesehatan pernah melakukan percobaan yang dilakukan pada tikus.

Tikus tersebut memakan sayur seperti brokoli, kembang kol, dan kol. Setelah diteliti, sayur tersebut mampu membantu mengirim sinyal kimia ketubuh tikus dan meningkatkan protein pada permukaan sel yang diperlukan agar kekebalan tubuh lebih optimal. Tikus lain yang tidak memakan sayuran hijau mengalami penurunan protein permukaan sel sebanyak 70 hingga 80 persen.

Konsumsi Vitamin D

Vitamin D sangat dibutuhkan bagi tubuh kita, karena kekurangan vitamin D bisa menyebabkan gejala seperti sistem kekebalan tubuh melemah, pertumbuhan tulang buruk, dan masalah jantung. Makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan, jamur, kuning telur, ikan salmon, ikan tuna, dan hati sapi. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin D agar bisa meningkatkan kadar vitamin D.

Minum Teh Hijau

Teh hijau memiliki anti oksidan yang tinggi yang disebut flavonoid sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Meminum teh hijau juga mampu menurunkan tekanan darah  dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Olahraga Teratur

Jangan jadikan waktu yang padat untuk malas berolahraga. Meskipun jadwal keseharian padat setidaknya tetap luangkan waktu sebentar untuk berolahraga. Dengan berolahraga, otot dalam tubuh akan terlatih dan bisa mengurangi kepenatan akibat sibuknya aktivitas. Kegiatan ini juga bisa mengurangi stres dan juga bisa dilakukan oleh semua kalangan.

Anda bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau memutarkan tangan dan kepala. Olahraga teratur bisa membuat tubuh lebih terasa segar dan semangat kembali. Selain itu, penelitian membuktikan bahwa olahraga bisa mencegah peradangan, penyakit kronis, dan mempercepat peredaran darah putih yang digunakan untuk melawan penyakit.

Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan salah satu cara memulihkan tubuh untuk mengembalikan energi dan tenaga setelah melakukan berbagai aktivitas. Istirahat yang cukup menjadi cara sehat yang simpel agar terhindar dari penyakit. Selain itu, istirahat yang cukup dapat membantu menambah daya tahan tubuh dan mengembalikan sel-sel tubuh yang mati.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama 2 minggu menunjukkan tubuh lebih kebal dari serangan virus maupun kuman. Sedangkan orang yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam selama 2 minggu akan lebih mudah 4 kali terkena flu akibat virus.

Hal ini disebabkan karena sitokin yang dilepas oleh tubuh selama tidur yang lama. Sitokin merupakan jenis protein yang dapat membantu tubuh melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menghindari Rokok dan Alkohol

Kandungan senyawa dalam rokok dan minuman beralkohol dapat menjadi racun dalam tubuh kita. Alkohol juga berbahaya bagi kesehatan karena dapat mengakibatkan penyakit seperti jantung, gagal ginjal, dan kanker. Rokok dan alkohol juga dapat memicu timbulnya penyakit lain seperti stroke, serangan jantung, maupun penyakit berbahaya lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa meminum alkohol bisa merusak sel dendritik. Sel dendritik ialah komponen penting dari sistem kekebalan tubuh. Apabila terlalu sering mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan infeksi bakteri dan virus. Journal Clinical and Vaccine Immunologi menerbitkan sebuah penelitian dengan membandingkan sel dendritik dan respon kekebalan tubuh pada tikus.

Tikus tersebut diberi alkohol dan tikus lainnya tidak diberi alkohol. Alkohol mengurangi kekebalan tubuh hingga tingkat yang berbeda-beda. Dokter menegaskan bahwa penelitian ini membantu menjelaskan kenapa vaksin kurang efektif untuk mengatasi orang yang kecanduan alkohol.

Mencukupkan Asupan Cairan Bagi Tubuh

Cairan sangat diperlukan bagi tubuh kita, karena 80 persen isi dari tubuh kita adalah air. Cukupnya cairan dalam tubuh menandakan bahwa tubuh telah terhidrasi dengan baik. Sangat berbahaya apabila tubuh kekurangan cairan, karena dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti dehidrasi, gangguan mood, gangguan kognitif, sembelit, dan gangguan-gangguan lainnya.

Air selain bisa melepas rasa haus juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena dapat menjaga fungsi organ tetap stabil, menghilangkan racun dalam tubuh, terhindar dari obesitas, serta membantu ekskresi melalui keringat. Dokter menganjurkan agar memberi asupan air putih dalam tubuh sebanyak 6 hingga 8 gelas perhari.

Menciptakan Lingkungan Sehat

Memiliki lingkungan yang bersih, sehat, dan rapi akan terasa menyenangkan dan nyaman. Selain itu bisa menjadi salah satu cara agar terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Langkah untuk memulai lingkungan sehat bisa dimulai dengan membiasakan membuang sampah pada tempatnya dan pisahkan antara sampah organik maupun anorganik, menghindari pembakaran sampah di sekitar lingkungan perumahan agar terhindar dari polusi udara, membersihkan debu yang menempel pada perabot rumah tangga, menguras bak air secara rutin, dan menanam berbagai tanaman.

Selain membersihkan lingkungan sekitar, jangan lupakan menjaga kebersihan diri sendiri. Dengan cara mandi setiap hari, cuci tangan sebelum dan setelah makan, mencuci tangan dengan anti septik selama 20 detik, dan menutup mulut maupun hidung ketika batuk atau bersin.

Menghindari Penggunaan AC Maupun Kipas Angin Berlebihan

Saat cuaca terik menyengat, penggunaan AC maupun kipas angin memang terasa lebih baik. Namun jika penggunaannya terlalu lama bisa menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut bisa menimbulkan gangguan pernafasan, sakit kepala, kulit kering, masuk angin, anemia, dan beberapa gangguan kesehatan tubuh lainnya.

Mengkonsumsi Suplemen Kesehatan

Saat ini banyak berbagai produk suplemen kesehatan yang mengandung berbagai macam vitamin, nutrisi, dan mineral. Menggunakan produk ini bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai serangan penyakit. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, mengkonsumsi suplemen juga bisa meningkatkan daya nafsu makan.

Suplemen merupakan obat instan, sehingga kita harus tetap berhati-hati dan selektif jika ingin meminumnya. Tidak semua orang membutuhkan suplemen dan tidak semua suplemen aman bagi kesehatan kita. Meskipun penting, namun memperhatikan asupan nutrisi dan pola makan juga diiringi olahraga teratur serta pikiran yang tenang merupakan langkah terbaik untuk hidup sehat.

Kelola Stres

Stres sudah terbukti dapat mengganggu kesehatan dan kekebalan tubuh sehingga orang gampang terkena penyakit. Pelepasan hormon kortisol pada orang yang mengalami stres kronis dapat mengurangi kemampuan hormon tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan tubuh terkena penyakit peradangan dan rentan terhadap penyakit. Hormon kortisol sangat membantu melawan peradangan dan penyakit.

Salah satu menjaga kesehatan tubuh dengan mengelola pikiran agar tidak stres sangatlah penting karena terlalu banyak pikiran pun bisa menyebabkan penyakit. Anda bisa mencoba melakukan yoga atau meditasi untuk menghilangkan stres.

Bersosialisasi dengan Orang Sekitar

Menurut dokter, rasa kesepian bisa menjadi pemicu timbulnya beberapa penyakit. Penelitian terhadap hubungan sosial diterbitkan oleh American Psychological Association yang menunjukkan bahwa hubungan sosial yang tidak stabil maupun rasa kesepian dapat meningkatkan stres, hal ini dapat memperlambat respon kekebalan tubuh dan kemampuan menyembuhkan secara cepat.

Bagi orang yang sedang sakit, dianjurkan agar jangan meninggalkannya sendirian. Hal ini dilakukan agar si pasien tidak merasa kesepian dan mengalami stres. Sehingga fikiran pasien merasa tenang dan membantu pemulihan dengan cepat.

Refreshing atau Berlibur

Meskipun kegiatan Anda sangat padat setidaknya luangkan waktu libur Anda untuk berlibur bersama keluarga untuk melepas penat dan menghilangkan stres akibat berhari-hari melakukan aktivitas padat. Berlibur sangat berimbas pada kualitas tidur menjadi lebih baik, pikiran menjadi lebih tenang, dan tubuh terasa lebih segar untuk kembali melakukan aktivitas.

Menghindari Penggunaan Obat-obatan Terlarang

Seringkali terjadi penyalahgunaan berbagai jenis obat terlarang yang dapat menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan. Pada era sekarang yang semakin maju, penggunaan obat-obatan terlarang semakin marak digunakan, seperti contohnya narkoba. Bahkan bagi sebagian orang yang terlanjur terjerumus dengan dunia narkoba menjadikannya gaya hidup yang trendy.

Pecandu narkoba sangat berpotensi tinggi terkena penyakit berbahaya seperti paru-paru, jantung, gangguan pencernaan, gangguan mental, dan berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya. Selain menimbulkan penyakit, juga menciptakan pencitraan negatif di kehidupan sosial sekitarnya. Bisa jadi dikucilkan dan dianggap sebagai contoh buruk.

Alangkah baiknya mencegah penyakit sebelum penyakit berhasil merajai tubuh Anda. Jika sudah terkena penyakit segeralah mencari obat agar penyakit tersebut tidak menjadi lebih parah dan berakibat fatal. Jangan pernah menyerah jika telah terserang penyakit, kunci kesehatan ada dalam diri kita masing-masing.

Demikian beberapa tips agar terhindar dari segala penyakit yang telah dijelaskan,  Semoga artikel ini bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here