Destinasi Unik Turki yang Wajib Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

0
562

Dunia ini dipenuhi tempat-tempat yang mengagumkan. Banyak tempat yang indah namun juga tidak sedikit spot-spot unik menanti Anda untuk menjelajahinya. Seperti Turki yang menjadi negara multikultur di Timur Tengah. Letaknya yang berada di perbatasan antara Asia dengan Eropa menjadikan Turki kaya akan nilai budaya.

Namun selain terkenal dengan kuliner kebabnya serta tarian rakyat yang khas, di Turki juga ada tempat-tempat tidak terduga yang sangat unik dan menarik. Saking uniknya, bahkan sampai terkesan aneh dan bikin merinding. Jika Anda berwisata ke Turki bakal seru kalau menyempatkan datang ke destinasi unik ini. Di mana saja? 

Tempat-Tempat Wisata Unik dan Mencengangkan di Turki

Pamukkale

Pamukkale
                     Pamukkale

Di Pamukkale Anda akan melihat susunan bebatuan yang amat menakjubkan. Serasa berada di dunia mimpi. Lokasi tepatnya berada di pinggiran kota kuno di provinsi Denizli. Tempat ajaib ini merupakan wisata air panas.

Dengan air hangat yang berasal dari puncak gunung turun ke lereng hingga tercipta kontur nan eksotis. Pamukkale dalam bahasa Turki berarti “istana kapas” atau “benteng kapas.” Karena tersusun dari bebatuan berwarna putih yang lembut layaknya salju ketika diinjak.

Pamukkale berisi air panas dan travertine, yakni mineral karbonat yang mengendap dari aliran air. Karena keindahannya Pamukkale masuk ke dalam Unesco World Heritage Site. Tempat ini cocok sekali didatangi jika Anda ingin menyaksikan keajaiban alam di Turki.

Nemrut Dag

                   Nemrut Dag

Nemrut adalah nama gunung di Turki Tenggara yang letaknya dekat dengan Adiyaman. Tempat di gunung yang unik ini dipenuhi dengan patung-patung dari jaman kuno. Diperkirakan patung-patung batu tersebut adalah patung Raja Antiochus. Dan dibangun pada abad ke-1.

Selain patung berbentuk wajah Raja Antiochus ada juga patung lainnya seperti patung singa, elang dan dewa-dewi Yunani dan Armenia. Tidak diketahui secara pasti tentang sejarah patung-patung tersebut. Dan bagaimana bisa ada di sana.

Jadi sekumpulan patung tersebut menjadi saksi bisu sejarah yang tidak terungkap. Jika ke sini Anda akan merasakan kentalnya nuansa sejarah. Berpadu keindahan panorama alam Gunung Nemrut.

Gunung Ararat

Gunung Ararat, tempat penemuan bahtera nabi nuh

Gunung berapi aktif ini tidak hanya menjadi lanskap menakjubkan di Turki. Karena ketinggiannya 5.137 meter menjadikan gunung ini gunung tertinggi di Turki sekaligus garis perbatasan dengan Iran. Menurut legenda gunung ini diyakini sebagai tempat Nabi Nuh mendirikan bahtera ketika banjir bandang.

Sebuah ekspedisi tahun 2007 menemukan tujuh kompartemen kayu besar ada di dekat puncak gunung. Penemuan tersebut sesuai dengan bahtera yang dibangun, dan penanggalan menunjukkan bahwa kayu tersebut berumur sekitar 4.800 tahun.

Menurut alkitab, banjir bandang tersebut dikirim untuk memusnahkan sebagian besar umat manusia. Lantas Nuh mengajak keluarganya beserta pasangan dari setiap spesies hewan, untuk menyelamatkan mereka dari banjir besar tersebut.

Kuda Troya

The Trojan Horse
            The Trojan Horse

Atau dikenal dengan The Trojan Horse. Banyak yang menganggap bahwa Troy yang terkenal dalam puisi karya Homer, The Odyssey, hanyalah tempat fiktif. Sama seperti Cyclops atau Sirene yang terus mengganggu Odysseus hingga kematiannya. Namun Troy memang ada dan terletak di barat laut Turki.

Sekarang Troy menjadi salah satu situs warisan UNESCO. Menurut penyair kuno  Virgil, setelah mencoba mengepung Troy selama sepuluh tahun, orang-orang Yunani membangun kuda kayu besar lalu meninggalkannya di luar gerbang kota. Orang-orang Troya lantas menarik kuda tersebut ke kota.

Yang ternyata di dalam kuda tersebut dipenuhi para prajurit Yunani. Akhirnya para prajurit tersebut menghancurkan kota dan mengakhiri perang. Kini Anda bisa melihat di sekitar reruntuhan kota terdapat replika kuda Troya tersebut. Menjadi simbol sejarah pertempuran yang memusnahkan salah satu kota terpenting dalam sejarah.

Museum Rambut Avanos

Museum Avanos : museum rambut wanita seluruh dunia

Museum ini mungkin akan membuat Anda merinding. Karena nuansanya yang aneh dan bisa dibilang menyeramkan. Museum Avanos adalah museum rambut yang berisikan rambut dari 16.000 wanita dari seluruh dunia.

Menurut pendirinya, Chez Galip, museum ini didirikan untuk menarik pengunjung studio tembikar miliknya. Museum rambut ini terletak di sebuah gua di Cappadocia. Seluruh dinding dan permukaan museum tertutupi oleh rambut dengan berbagai warna. Rambut-rambut ini pun menjuntai dari dinding dan langit-langit.

Rambut yang menjadi koleksi museum adalah sukarela dari pengunjung. Koleksi rambut itu pun dilengkapi dengan secarik kertas berisi pesan dari sang pemiliknya. Setiap dua kali dalam setahun akan dipilih sepuluh rambut. Lalu pemilik rambut tersebut akan diundang berlibur di Turki selama seminggu. Hm, Anda berminat?

Rumah Gua Cappadocia

Rumah Gua Cappadocia

Ada sebuah kota bernama Goreme yang terletak di Cappadocia. Kota ini sangat unik karena dibangun pada bebatuan yang konturnya eksotis. Bentuknya pun menyerupai cerobong karena seperti menjorok ke langit.

Sebagian penduduk Goreme ada yang bertempat tinggal di rumah yang diukir dari batu. Ada juga yang menghuni tempat pada gua besar yang ada di bawah tanah. Tempat ini pun kerap dijadikan destinasi untuk wisata.

Kalau berkunjung ke sini Anda bisa menginap di hotel-hotel yang dibangun dari material batu. Lalu Anda pun bisa jalan-jalan ke gereja-gereja Bizantium yang terletak di bawah tanah. Kesan misterius yang kuat akan terasa di sini. Seperti Anda memasuki dunia khayalan yang tidak ada di planet bumi.

Kota Kapur Mardin

 Kota Kapur Mardin

Mardin adalah sebuah kota tua yang kuno di Turki. Di sini sangat unik karena seluruh bangunan sepenuhnya terbuat dari batu kapur. Pemandangan kota yang mencengangkan akan membuat Anda terkesima. Karena meski bangunannya dari bahan dasar batu kapur namun arsitekturnya sangat indah.

Setiap rumah memang dibangun dengan desain yang berbeda. Namun pada dasarnya keseluruhan rumah yang ada di sini memiliki kemiripan. Sehingga kalau kita melihat pemandangan kota akan terkesan seperti sebuah lokasi syuting film.

Terletak di puncak bukit di wilayah tenggara Turki, Mardin adalah kota yang benar-benar tua. Kota Mardin menurut sejarah sudah berdiri sejak 4.000 tahun yang lalu. Kalau sempat mampir ke sini jangan sampai lupa berfoto-foto, nih.

Kuburan Batu Myra

Kuburan Batu Myra
         Kuburan Batu Myra

Myra juga merupakan sebuah kota tua yang ada di Turki. Pada jaman kuno warga Myra yang merupakan orang-orang kaya dan penting ditempatkan di makam yang diukir di sisi bukit. Dengan cara ini diyakini mereka bisa mengawasi kehidupan yang ada di kota bawah.

Myra adalah bagian dari kekaisaran Lycian di jaman modern Demre, yang terletak di Laut Aegea. Sekarang wisatawan yang berkunjung ke sini bisa melihat dua kelompok makam, yang dirancang agar terlihat menyerupai bagian depan kuil.

Necropoli yang indah ini menjadi monumen keramat yang masih menyimpan kisah dari masa lalu. Layaknya tempat bersemayam untuk mereka yang telah tiada ribuan tahun lalu. Namun masih mengawasi para leluhurnya. 

Biara Sumela

  Biara Sumela

Biara ini dari luar bangunannya saja sudah terkesan seperti memiliki aura yang sakral. Biara Sumela yang sangat besar dan luas di tebing berbatu dibangun lebih dari 1.600 tahun yang lalu. Sekarang menjadi biara Ortodoks Yunani yang didedikasikan untuk Perawan Maria.

Namun identitas biara ini telah mengalami perubahan beberapa kali selama masa berdirinya. Karena mengikuti era kesuksesan dari berbagai kaisar dan pemerintahan. Biara Sumela terletak di Lembah Altindere di Laut Hitam, pada tebing curam dengan ketinggian yang menjulang 1.200 meter.

Kalau Anda takut ketinggian sangat tidak disarankan untuk melihat ke bawah. Ngeri! Sekarang tempat ini juga dijadikan sebagai destinasi wisata utama di Turki. Namun masih sering diadakan upacara keagamaan sewaktu-waktu di sini.

Pulau Gemiler

Pulau Gemiler

Kalau dilihat sekilas nampaknya tidak ada yang istimewa dengan pulau ini. Pulau ini tidak berpenghuni yang berada di lepas pantai Mediterania Fethiye. Menurut para arkeolog modern pulau ini memiliki keistimewaan. Bahwa Pulau Gemiler menjadi tempat peristirahatan terakhir santa pemberi hadiah, St. Nicholas, yang tersohor.

Nama tradisional pulau ini sendiri adalah Gemiler Adasi, atau Pulau Perahu. Di mana St. Nicholas menjadi santo pelindung laut. Diyakini di gereja yang rusak di pulau tersebut terdapat makam santo di sana. Semula santo dimakamkan di sana setelah wafatnya pada tahun 326 Masehi.

Namun sekitar tahun 650 Masehi sisa-sisa makamnya dipindahkan ke Demre. Akan tetapi peziarah masih mengunjungi Gemiler untuk memberikan penghormatan kepada orang suci yang mengilhami Santa Klaus modern tersebut. Sembari mengunjungi reruntuhan gereja kuno di Gemiler.

Taman Nasional Saklıkent

Taman Nasional Saklıkent

Merupakan taman nasional yang terletak di barat daya Turki. Taman nasional ini didirikan pada 6 Juni 1996. Keunikan taman nasional ini adalah tempatnya berupa ngarai yang sangat indah menakjubkan. Lokasinya membentang sepanjang 20 km. Menjadikannya taman nasional terbesar kedua di Eropa.

Ketika musim dingin Anda bisa menjelajah seluruh area dengan berjalan kaki karena air ceruk yang membeku. Namun saat musim panas Anda hanya dapat menjelajah dengan jalan kaki di daerah kering sekitar 4 km karena salju telah meleleh. Sehingga air ceruk kembali mengalir. Tetapi keindahan alam di sini memang sangat memukau.

Bisa kita lihat dari tebing-tebing tinggi yang ada di sana. Dan sepanjang dinding tebing telah disediakan jembatan kayu untuk menapak. Kalau ingin basah-basahan Anda juga bisa menyeberang air atau berenang di beberapa spot yang airnya setinggi pinggang. 

Sekilas Tips untuk Perjalanan ke Luar Negeri Pertama Kali

Mempersiapkan Paspor

Jika Anda baru pertama kali ke luar negeri tentu harus mempersiapkan barang bawaan secara lengkap. Pertama-tama Anda perlu mempersiapkan paspor terlebih dulu. Sebaiknya siapkan paspor yang masa berlakunya enam bulan agar aman.

Membawa Uang Tunai dan Kartu Kredit

Saat pergi bawalah uang tunai dan kartu kredit. Walau bisa ke ATM namun kadang ada pengeluaran tidak terduga yang mengharuskan Anda membayar segera dengan uang tunai. Sementara kartu kredit akan efektif untuk transaksi di tempat belanja, yang biasanya sudah menyediakan fasilitas pembayaran untuk kartu kredit.

Membawa Obat-obatan

Selalu bawa obat-obatan sendiri di tas atau kantong kecil bersama Anda. Siapa tahu Anda tidak tahan dengan AC di pesawat karena berjam-jam perjalanan. Atau udara dingin di tempat tujuan memicu reaksi alergi Anda. Memang bisa beli obat di sana, namun akan lebih hemat dan nyaman jika Anda sudah membawa obat sendiri.

Selebihnya siapkan perlengkapan seperti ponsel untuk komunikasi, Google Maps sebagai penunjuk jalan. Serta atur ponsel Anda supaya tidak terkena biaya roaming data internasional ketika mengakses internet, melakukan panggilan atau berkirim pesan. Selamat jalan-jalan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here