10 Destinasi Taman Bunga Instagramable Bikin Serasa di Luar Negeri

0
619
10 Destinasi Taman Bunga Instagramable Bikin Serasa di Luar Negeri

Kini semakin ngetren destinasi wisata yang menyajikan panorama apik untuk berfoto. Karena kalangan milenial sangat gemar berbagi aktivitas yang dilakukan melalui media sosial. Seperti salah satu spot wisata taman bunga. Tempat yang indah ini bisa menjadi surga bagi Anda yang hobi berfoto-foto.

Taman bunga menyajikan hamparan bunga yang tersusun indah dan rapi. Dengan deretan warnanya yang sangat berwarna-warni. Tidak hanya memanjakan mata saja. Namun dengan melihat bunga-bungaan juga membuat hati Anda serasa damai.

Memang taman bunga menjadi tempat yang lebih identik disukai wanita. Namun keindahannya jelas mempesona siapapun yang datang berkunjung. Termasuk juga para pria. Oh, dan, tempat ini juga cocok buat yang ingin menghabiskan waktu untuk kencan. Karena nuansanya yang romantis penuh bunga.

Kalau di Indonesia mana sajakah taman bunga terbaik yang menyajikan pemandangan indah mempesona? Yuk, simak daftarnya.

Taman Bunga Indah di Indonesia dengan Pemandangan Menawan

Kebun Bunga Sidomulyo Malang

Kota Malang terkenal dengan buah apelnya serta oleh-oleh kripik tempe. Namun di sini juga tersedia tempat-tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Taman Bunga Sidomulyo. Di sini kita bisa menikmati keindahan hamparan bunga yang penuh warna.

Dalam bahasa Jawa kata ‘sidomulyo’ sendiri berarti ‘menjadi mulia’. Letak kota Malang yang berada di daerah pegunungan menjadikannya tempat sempurna untuk bunga-bunga cantik tumbuh dan bermekaran. Tidak terkecuali di Taman Bunga Sidomulyo.

Taman Bunga Sakura, Cibodas

Wah, ternyata menikmati bunga sakura tidak hanya bisa dilakukan di Jepang saja. Di Indonesia kita juga dapat melihat keindahan sakura yang ada di Cibodas, Jawa Barat. Sebenarnya banyak yang pesimis tentang bunga sakura yang di taman di Indonesia tersebut. Apakah sakura bisa tumbuh dengan baik di Indonesia.

Karena mempertimbangkan iklim dan kontur tanah yang jelas berbeda di Jepang dengan di Indonesia. Akan tetapi akhirnya pesimisme itu terbantahkan. Karena sakura di kebun Cibodas dapat hidup subur. Bahkan mekar dengan sempurna layaknya di Jepang. Sudah pernahkah Anda berkunjung ke sini?

Taman Bunga Cihideung Bandung

Kota Bandung memang terkenal dengan julukannya sebagai Kota Kembang. Karena identitas kota di Jawa Barat tersebut sebagai kota kembang, maka tidak heran dengan kehadiran taman bunga di sini. Seperti bunga-bungaan yang ada di Taman Bunga Cihideung. Di sini kita disuguhi tatanan bunga sedemikian rupa yang cantik.

Karena kota Bandung merupakan kota kembang, maka tidak heran jika wisata bunga di sini selalu menjadi daya tarik tersendiri. Taman Bunga Cihideung juga menjadi salah satu primadona wisata bagi wisatawan lokal maupun turis dari mancanegara. Di tempat ini Anda pun bisa berfoto bersama bunga-bungaan cantik.

Taman Bunga Dataran Tinggi Dieng

Kita dapat menilai taman bunga ini sebagai salah satu yang paling eksotis di tanah air. Apalagi bunga-bunga yang tumbuh dengan subur di sana terawat secara alami oleh alam. Taman Bunga dataran tinggi Dieng ini berada di puncak Gunung Prau. Sementara Gunung Prau adalah puncak tertinggi di Pegunungan Dieng.

Tingginya sekitar 2.500 mdpl dan memiliki pesona keindahan yang sangat memukau. Sebenarnya belum banyak yang tahu tentang tempat ini. Karena aksesnya memang sulit haruslah mendaki gunung. Tetapi rasa lelah mendakinya sangat sepadan dengan keindahan hamparan bunga yang begitu luas di sana.

Orchid Gardens Bali

Dikenal sebagai destinasi wisata populer kelas dunia, Bali juga memiliki taman bunga yang indah. Tempat wisata ini memang sangat menarik dan biasa dikunjungi turis baik domestik dan mancanegara. Di Orchid Gardens menyajikan tanaman anggrek yang sangat khas cantiknya.

Taman bunga ini sendiri lebih terkenal dengan nama singkatan BOG atau Bali Orchid Gardens. Di Singapura juga terdapat taman bunga dengan nama demikian. Lokasi BOG berada di Jalan Bypass Ngurah Rai, Denpasar, dari arah Sanur menuju ke utara di Ubud.  BOG berdiri sejak 1998 dan kini sudah eksis selama 20 tahun.

Kota Bunga Tomohon Sulawesi Utara

Di utara Indonesia juga ada taman bunga yang sama-sama indah menawan dengan yang ada di tanah Jawa. Tepatnya taman bunga di kota Tomohon, Sulawesi Utara. Taman bunga cantik ini bernama Kota Bunga Tomohon. Lokasinya berada 22 kilometer di timur Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara.

Untuk menuju ke Tomohon kita bisa berangkat dari Manado dengan naik motor. Lamanya perjalanan ke Tomohon adalah sekitar satu jam. Namun jika mengendarai mobil waktu perjalanan bisa lebih lama. Sesampainya di Kota Bunga Tomohon Anda akan dimanjakan dengan pemandangan bunga dataran tinggi yang aman memukau.

Taman Bunga Selecta Malang

Satu lagi taman bunga yang ada di kota Malang. Masih satu famili dengan saudaranya Bandung. Malang juga dikenal dengan julukan Kota Bunga. Dan, Selecta adalah taman bunga yang sudah terkenal namanya di Indonesia.

Suburnya tanah pegunungan di area kota Malang membuat beragam bunga indah tumbuh subur di Selecta. Untuk tiket masuk taman bunga ini pun cukup terjangkau yakni Rp 25.000. Selain menikmati keindahan bunga Anda juga bisa mencoba naik wahana mengasyikkan di sini atau berenang di kolam renang yang disediakan.

Taman Bunga Nusantara Cianjur

Satu lagi taman bunga yang ada di Jawa Barat. Provinsi ini memang terkenal akan keindahan alamnya terutama bunga-bungaan di taman. Lokasi taman bunga ini berada di Jalan Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat. Di sini Anda bisa melihat bunga-bunga yang ditata sangat cantik.

Bahkan dengan pola tertentu yang sangat unik. Di tempat ini pun tersedia fasilitas yang akan membuat kunjungan Anda makin mengasyikkan. Anda bisa berkeliling menggunakan dott trains dengan harga tiketnya sekitar Rp 40.000. Kalau ke sini jangan lupa juga untuk berfoto-foto biar bisa di-share di sosmed Anda.

Kebun Raya Eka Karya Bedugul Bali

Tidak hanya pantai saja yang menjadi ikon wisata Bali. Namun di Pulau Dewata juga terdapat taman bunga yang indah yakni Kebun Raya Eka Karya yang ada di Bedugul, Bali. Sebenarnya di sini adalah tempat penelitian botani yang berada di bawah naungan Kebun Raya Bogor di Jawa Barat.

Lokasi Kebun Raya Eka Karya sendiri cukup unik di tengah pulau Bali tepatnya di kaldera bekas dari gunung berapi. Untuk ke sini Anda bisa menempuh satu setengah jam perjalanan darat dari Denpasar. Atau kurang lebih 80 kilometer ke utara Denpasar menuju ke Singaraja. Jika dari Singaraja maka perjalanannya 40 kilometer ke selatan menuju Denpasar.

Taman Bukit Bougenville Singkawang

Di Kalimantan Barat juga ada taman bunga yang menyuguhkan keindahan bunga-bungaan warna-warni. Yakni Taman Bukit Bougenville yang lokasinya berada di kota Singkawang. Tepatnya terletak di Gunung Pasi, Desa Sijangkung, dari kota Singkawang berjarak 6 kilometer saja.

Di taman bunga ini yang menjadi primadona tidak lain adalah bunga kertas atau biasa kita kenal dengan bougenville. Namun taman bunga ini juga menghadirkan aneka ragam bunga-bungaan lainnya yang bisa Anda nikmati keindahannya. Bahkan ada lebih dari ratusan spesies bougenville di sini untuk memanjakan mata.

Tips Seru Jalan-Jalan Menikmati Taman Bunga

Menentukan Waktu Berkunjung

Sebelum Anda datang ke taman bunga tersebut sebaiknya perhatikan dulu jam operasional atau jam bukanya. Dengan begitu Anda bisa menentukan hari apa dan jam berapa untuk berkunjung ke sana. Waktu paling baik untuk menikmati taman bunga adalah pagi dan sore hari.

Pagi hari sebelum pukul 10.00 dan sore hari selepas pukul 15.00 adalah waktu yang sangat pas. Selain belum ramai ketika pagi di jam tersebut, sinar matahari juga belum terlalu terik. Sama halnya dengan jam berkunjung sore hari tersebut. Saat itu cuacanya sudah tidak panas seperti ketika siang hari.

Memerhatikan Peraturan dengan Saksama

Di setiap taman bunga tentu sudah dibuatkan peraturan bagi pengunjung. Seperti misalnya yang paling umum adalah tidak boleh memetik atau menginjak bunga. Sebagai wisatawan yang budiman maka sudah sewajarnya Anda mematuhi peraturan yang ada di sana.

Sebisa mungkin jangan melanggarnya karena biasanya akan dikenakan denda sejumlah tertentu. Selain itu, perlulah kita menyadari pentingnya menjaga keindahan bunga di taman tersebut. Siapa yang akan menjaga kelestarian bunga serta alam sekitarnya jika bukan kita?

Mengenakan Baju Warna Cerah

Tentu saja, bukankah Anda juga ingin berfoto bersama bunga-bunga? Sebaiknya kenakanlah baju yang berwarna cerah. Atau boleh juga Anda mengenakan baju yang berwarna putih. Tujuannya agar outfit Anda terlihat kontras dengan komposisi yang pas. Terutama ketika Anda berfoto di antara bunga-bungaan.

Sebaiknya hindari baju warna hijau karena bisa memberikan kesan menyatu dengan dedaunan dan tangkai bunga. Juga lebih baik tidak mengenakan baju warna terlalu gelap seperti hitam misalnya. Nanti jadinya akan kurang seru dan cerah karena tema kali ini adalah warna-warni seperti bunga.

Memilih Spot Foto yang Sepi

Bila ingin mendapatkan hasil foto yang maksimal maka sebaiknya Anda pilih spot yang sepi. Carilah tempat yang menyajikan pemandangan apik dan unik namun tidak banyak orang yang berkumpul di sana.

Dengan begitu hasil foto Anda lebih clear dengan latar belakang bunga yang terlihat cantik. Serta di kanan dan kiri Anda terlihat jelas hamparan bunga dengan warna-warninya yang indah menawan. Pasti akan menarik perhatian siapapun yang melihat foto Anda.

Membawa Uang Tunai

Kebanyakan taman bunga menerima pembayaran uang secara tunai. Mungkin ada saja yang sudah dilengkapi dengan penerimaan pembayaran non tunai. Namun sangat disarankan Anda membawa saja uang tunai.

Tujuannya agar lebih mudah ketika melakukan pembayaran mulai dari tiket masuk hingga fasilitas di taman bunga. Selain itu sebelum mengunjungi taman bunga ada baiknya memperkirakan dahulu berapa biaya yang akan dibutuhkan di sana nanti. Membuat bujet akan memudahkan Anda dalam mengelola pengeluaran.

Berpose dengan Bebas dan Ekspresif

Kini waktunya selfie! Karena tidak setiap hari Anda berkunjung ke taman bunga. Maka ketika mampir kali ini berfotolah sepuasnya dengan pose maksimal. Karena keindahan taman bunga akan sayang bila dilewatkan begitu saja.

Bergayalah sesuka hati dan berfotolah bersama orang-orang terdekat Anda. Yang penting ingatlah untuk senantiasa tertib dan mematuhi aturan. Jangan sampai merusak fasilitas atau membuang sampah sembarangan, ya. Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here