Memakai Baby Oil Untuk Wajah, Apakah Aman?

0
7409

Baby oil merupakan salah satu produk perawatan bayi dan terbukti memiliki banyak manfaat, di antaranya yaitu untuk melembutkan dan melembabkan, serta mengatasi masalah kulit kering pada bayi. Dengan tekstur dan aromanya yang lembut, sehingga membuat produk ini di sukai banyak orang.

Tidak jarang orang dewasa yang menjadikannya sebagai pengganti produk kecantikan dan menggunakan baby oil untuk wajah. Dan sebagai rutinitas harian kecantikan, sebagai pembersih sisa make up yang membandel, membersihkan maskara, eye shadow, atau lipstik.

Manfaat Baby Oil Untuk Kecantikan Wajah

Pelembab

Kelembutan baby oil yang terbuat dari bahan alami dapat diaplikasikan sebagai pelembab sebelum menggunakan make up. Wajah menjadi lebih terlindungi dari efek buruk sinar matahari langsung. Anda dapat beraktivitas seharian tanpa takut wajah menjadi kering da kusam.

Body lotion

Mengaplikasikan baby oil sebelum menggunakan lotion sangat bagus untuk menambah lembab kulit tubuh. Terbebas dari kulit bersisik dan menambah lembut tekstur kulit dan mengecilkan pori-pori. Jika Anda mau kulit Anda tambah cantik, pakai baby oil sebelum Anda beraktivitas.

Untuk berendam

Teteskan beberapa minyak oil ke dalam bak mandi lalu aduk hingga bercampur, gunakan untuk berendam sekitar lima belas menit lamanya. Badan akan lebih rilex karena sel saraf yang tegang akan mengendur dengan sendirinya.

Massage

Siapa yang tidak pegal ketika bekerja delapan jam seharian, belum lagi ketika jadwal lembur menyeret waktu istrirahatmu, jangan lupa gunakan baby oil untuk massage agar tubuhmu dapat kembali relax.

Membersihkan sisa make up

Baby oil juga dapat digunakan sebagai pengganti pembersih make up khususnya daerah mata dan bibir. Pasalnya baby oil beneran bebas dari alcohol ladies. Jadi jangan khawatir ya untuk merusak kulit atau alergi.

Mencegah bibir kering

Bibir kering membuat kita tidak pede ketika berbicara ataupun ketika bertemu teman-teman. Membubuhkan lipstick tebal akan membuatnya semakin parah. Gunakan baby oil untuk menuntaskan bibir kering Anda menjadi mulus seperti semula

Minyak pencukur

Bila mencukur bagian ketiak atau lainnya sebaiknya lebih dahulu melemaskan bulu-bulu yang ada, gunakan baby oil agar proses mencukur menjadi dua kali lebih cepat dari biasanya dan hasilnya lebih bersih. Baby oil sangat aman digunakan jadi tidak perlu khawatir terjadinya iritasi.

Sebagai manicure dan pedicure alami

Merawat kuku adalah perawatan yang digemari oleh sebagian besar wanita, baby oil dapat menggantikan program pedicure dan manicure Anda menjadi lebih hemat, karena perawatan ini lebih efisien dan menghemat waktu. Lakukan kebiasaan ini dengan cara mengoleskan baby oil pada kuku tangan dan kaki sebelum tidur.

Pijat sedikit untuk melancarkan peredaran darah dan membuat pertumbuhan kuku semakin cepat. Keesokan harinya Anda akan melihat kulit kuku yang halus dan indah.

Melebatkan alis

Baby oil berfungsi juga sebagai perangsang pertumbuhan rambut. Rambut alis yang tipis dan tidak rata akan mengurangi kadar kecantikanmu. Oleskan setiap akan menjelang tidur baby oil ke alis dan ratakan sesuai bentuk alis, itu akan berfungsi sebagai perangsang anak-anak rambut yang akan tumbuh.

Untuk rambut bercahaya

Kandungan oil alami yang terkandung di dalam baby oil cocok untuk mengembalikan kilau rambut yang kusam dan rusak, aplikasikan baby oil lima belas menit sebelum mandi dan pijatlah agar aliran darah di kepala menjadi lancar.

Memudarkan strech mark

Untuk ibu-ibu yang baru saja melahirkan, stretch mark tercipta saat kehamilan. Garis halus pada bagian perut bisa mengganggu penampilan di depan suami termasuk dapat mengurangi kecantikan tubuh. Tentu ibu-ibu tidak mau hal itu terjadi, oleskan baby oil pada bagian perut yang terdapat stretch mark sebelum tidur untuk memudarkan garis garis halus tersebut.

Membersihkan kotoran telinga

Kotoran telinga yang jarang dibersihkan akan mengeras dan susah untuk dibersihkan. Kandungan baby oil yang alami akan membantu melunakkan kotoran telinga dan lebih cepat untuk dibersihkan. Caranya Teteskan baby oil pada cutton bud dan bersihkan telinga seperti biasanya.

Sebagai sun block

Baby oil sangat baik jika penggunaannya berdampingan dengan sun block. Kegiatan berenang di kolam ataupun di pantai sangat menyenangkan, tapi ingat bahwa sun block memiliki peran penting sebagai pelindung wajah dari sinar UV A dan UV B, jika penggunaannya di sertai dengan baby oil, itu akan jauh lebih bermanfaat. Aplikasikan baby oil sebelum menggunakan sun block.

Pendamping masker

Masker buah pada siang hari di hari libur begitu memanjakan kulit wajah. Agar lebih maksimal berikan sentuhan baby oil sebelum melulurkan masker pada wajah untuk mengangkat kotoran wajah supaya masker dapat bekerja lebih optimal dengan baik.

Sebagai anti aging

Baby oil berfungsi meremajakan kulit wajah orang dewasa sehingga manfaatnya pun dapat sebagai pencegah penuaan dini. Efek buruk make up jika tidak digunakan dengan cara yang tepat dapat membuat kulit menjadi keriput.

Sebagai penghilang bekas jerawat

Jerawat akan timbul jika debu menempel di kulit wajah, tentu wajah harus dibersihkan secara berkala agar tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan kulit wajah, tuangkan beberapa tetes baby oil ke sebuah kapas dan bersihkan merata pada wajah. Wajah akan menjadi lebih bersih seketika.

Sebagai Emollient 

Emollient juga merupakan nama lain dari pelembab. Sehingga wajar jika kemudian banyak yang menggunakan produk ini untuk mendapatkan kelembaban pada area sekitar wajah dan mata, terutama malam hari sebelum tidur.Sayangnya, tidak banyak yang tahu bahwa pemakaian baby oil sebagai produk kecantikan wajah orang dewasa ternyata tidak disarankan.

Bukan saja karena kecenderungan kulit wajah orang dewasa yang seringkali memiliki masalah seperti kulit kering dan berminyak, lebih jauh lagi, terlalu sering memakai baby oil yang berbasis mineral oil dan mengandung lanonin rentan menimbulkan efek samping negatif bagi kulit wajah.

Buat Anda yang gemar memakai baby oil untuk wajah sebagai pengganti produk kecantikan wajah, sebaiknya berpikir ulang. Beberapa efek negatif di bawah ini menjadi alasan penting mengapa Anda harus segera menghentikan kebiasaan tersebut.

Sebagai facial

Sebelum membersihkan jerawat dengan jarum khusus facial, lebih utamakan melembabkan wajah dengan baby oil sebagai pelumas pengangkatan isi jerawat agar jerawat tidak terlalu keras saat pengangkatannya. Dengan begitu Anda lebih leluasa dalam membersihkan jerawat serta lebih menghemat banyak waktu

Nah, sekarang jauh lebih tahu kan jika baby oil memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah wanita. Cantik itu tidak perlu mahal, hanya gunakan bahan alami sebagai pelengkap riasan wajah Anda. Tunggu apalagi, cobalah secepatnya kebaikan dari baby oil ini

Meski demikian, baby oil tetap bisa digunakan untuk membersihkan make up, terutama make up berat karena baby oil mengandung lebih banyak minyak sehingga pengangkatan make up dibutuhkan minyak agar lebih bersih secara sempurna. Tetapi pembersihan wajah dengan baby oil saja tidak cukup, harus diikuti dengan rangkaian pembersihan wajah secara lengkap.

Meski baby oil bisa sebagai pembersihan kulit setelah ber-make up dan bisa benar-benar bersih, tapi karena baby oil dikreasikan untuk kulit bayi, maka sebaiknya pembersihan wajah dengan baby oil pada orang dewasa tidak dilakukan secara rutin setiap hari.

Sebab, baby oil merupakan produk untuk kulit bayi yang aman untuk kulit dewasa, tetapi penggunaan baby oil bukan untuk di kulit wajah.Menurut dr. Vanessa jika baby oil digunakan secara terus-menerus maka bisa membuat kulit menjadi tebal dan teksturnya menjadi kasar.

Pasalnya, kandungan minyak dalam baby oil hampir 100 persen, sehingga dapat menyumbat pori-pori yang akan menimbulkan komedo dan jerawat. Waspada.

Efek Pemakaian Baby Oil Untuk Wajah

Baby oil menyumbat pori-pori kulit

Baby oil yang berbasis minyak mineral seringkali dianggap sebagai produk comedogenic yang berarti dapat menyumbat pori-pori. Bahkan, kadar mineralnya yang tinggi akan melapisi dan menyegel kulit sehingga dapat menjebak serta memperlambat kemampuan kulit untuk membuang kotoran dan racun di dalam pori-pori.

Alih-alih membersihkan kulit, penggunaan pada wajah justru akan berpotensi menimbulkan jerawat, komedo, dan terjadinya pigmentasi pada kulit wajah.

Menyebabkan kulit menjadi tebal dan kasar

Baby oil terbukti aman bagi kulit bayi dan secara ampuh dapat digunakan untuk membersihkan sisa kosmetik yang membandel. Tetapi sebenarnya kandungan mineral yang ada di dalamnya tidak sesuai untuk wajah orang dewasa. Hal ini dapat menyebabkan tekstur kulit menjadi tebal dan kasar.

Mengurangi kelembaban alami kulit

Bagi mereka yang tinggal di daerah beriklim dingin, menggunakan baby oil yang mengandung mineral mungkin dapat menambah kelembaban kulit. Namun, pada orang-orang yang tinggal di daerah tropis, penggunaan rutin di bagian wajah terutama di area sekitar mata justru akan mengurangi kelembaban kulit.

Selain itu, meski memiliki fungsi melembabkan kulit, baby oil dikategorikan sebagai pelembab oklusi yang memiliki kecenderungan tekstur yang lengket dan dapat menyebabkan timbulnya rasa panas pada kulit sehingga sangat tidak cocok untuk digunakan pada kulit wajah.

Memicu terjadinya iritasi kulit

Pada umumnya, baby oil yang beredar di pasaran mengandung pewangi buatan meski tergolong aman dan aromanya cenderung lembut. Pada kulit wajah yang sensitif, penggunaan secara terus-menerus terutama pada area mata dapat mendorong terjadinya iritasi.

Ditandai dengan kemudian munculnya rasa gatal, rona kemerahan, timbulnya rasa panas pada kulit, dan menyebabkan terjadinya pigmentasi atau perubahan warna kulit. Jadi demi masa depan kulitmu, mulai saat ini hindari pemakaian baby oil untuk wajah.

Lebih baik gunakan produk kecantikan yang memang sesuai dengan fungsinya masing-masing agar  tidak menimbulkan masalah baru pada kulit.Jika ditelaah lebih banyak, baby oil diciptakan untuk segala macam kebutuhan tubuh, mulai dari keluhan ringan hingga keluhan berat.

Seperti pelembab, body lotion, berendam, massage, membersihkan sisa make up, mencegah bibir kering, minyak pencukur, sebagai manicure dan pedicure, melebatkan alis, untuk rambut lebih bercahaya, memudarkan stretch mark.

Itulah segudang manfaat baby oil yang bisa Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya untuk wanita sebagai pelengkap produk kecantikan. Sekaligus beberapa efek samping yang bisa saja timbul dan perlu Anda waspadai.

Oleh karena itu perlu di ingat jika penggunaan berlebih baby oil pada wajah tidak baik, karena akan menimbulkan resiko seperti munculnya komedo.Sehingga jangan mengaplikasikannya untuk wajah, sebaiknya untuk bagian tubuh yang lain saja. Itulah informasi dari kami, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here