Kulit Anda Berjerawat? Kenali Bedak yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat

0
340

Ingin cantik namun muka Anda sedang berjerawat parah? Tentunya hal tersebut sangat mengganggu bukan? Terlebih lagi jika pekerjaan Anda menuntut untuk menggunakan makeup, maka Anda harus lebih selektif memilih bedak yang cocok agar tidak memperparah kondisi tersebut.

Untuk wanita yang berjenis kulit normal, tentu tidak susah dalam memilih bedak yang sesuai. Jika Anda termasuk yang berjerawat maka di anjurkan untuk berhati-hati dalam memilihnya. Kali ini kami akan membahas merek bedak yang pas untuk kulit berjerawat. Simak artikel berikut ini.

Kenali Cara Memilih Bedak yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat

Bedak Adalah make up yang nggak boleh ketinggalan dimiliki oleh setiap wanita. Bedak sejatinya adalah kosmetik utama untuk mempercantik riasan wajah sehari-hari. Pemakaian bedak yang tepat akan menutrisi kulit dan mencerahkan wajah.

Namun perlu diingat tidak semua bedak yang ada di pasaran cocok untuk kulit Anda. Setiap bedak memiliki komposisi dan efek samping yang berbeda untuk setiap jenis kulit. Anda perlu tahu perbedaannya agar tidak menyesal saat sudah terlanjur beli.

Perhatikan komposisi bedak yang akan dibeli

Memperhatikan komposisi bedak adalah langkah awal yang harus dilakukan. Terkadang orang malas membaca tulisan yang ada di kemasan, padahal itu sangat penting dan patut diketahui. Bedak yang mengandung merkuri, gelatin, chivet, atau hidrokuinon, berdampak negatif bagi kulit.

Pemakaian bedak berbahan kimia tersebut, dalam jangka panjang, bisa menimbulkan kanker kulit pada si pengguna.Untuk cara mudahnya, Anda bisa mengecek label BPOM yang ada di kemasan. Saat ini banyak beredar di pasaran produk bedak ilegal yang belum jelas berasal dari mana.

Apabila Anda tidak temui komposisi di kemasan dan bedak belum terdaftar di BPOM dan Depkes RI, lebih baik jangan Anda beli.

Ingat wajah Anda adalah aset yang harus dijaga dan dirawat. Jangan tergiur dengan harga yang murah dan khasiat cepat seperti yang digembor-gemborkan.

Pilih bedak yang memiliki kandungan SPF

Sinar matahari dapat berbahaya bila terpapar langsung ke kulit wajah secara terus-menerus. Kulit menjadi kasar, cepat berkerut, meningkatkan risiko penyakit kanker, adalah sebagian dari dampak radiasi matahari ke kulit kita. Untuk itu jangan abaikan fungsi SPF dalam kandungan bedak yang kita poles.

SPF (Sun Protection Factor) berguna sebagai tameng kulit dari sinar matahari. SPF mampu menangkal radiasi sinar UVB yang dapat membuat kulit terbakar. Semakin tinggi SPF yang dipakai, semakin lama kulit terlindungi dari sinar matahari.

Untuk kita wanita Asia, yang punya kulit sawo matang, kandungan SPF dengan kadar 15–25 sudah cukup untuk melindungi kulit. Kandungan melanin yang cukup banyak membuat kulit kita tidak mudah terbakar matahari.

Berbeda dengan kulit wanita Eropa atau Kaukasian yang putih cenderung pucat, penggunaan SPF tinggi sebuah keharusan setiap keluar rumah. Sekarang udah gak bingung lagi kan memilih kandungan SPF dalam kosmetik?.

Jangan lupa bersihkan wajahmu sebelum menggunakan bedak

Mencuci wajah adalah rutinitas yang tidak boleh dilupakan setelah selesai beraktivitas. Apalagi untuk kulit berminyak, mencuci wajah dengan facial foam/sabun muka akan mengangkat minyak dan membersihkan pori–pori dari kotoran dan make up yang tertinggal.

Bersihkan make up dengan seksama sampai tidak meninggalkan bekas di wajah. Kulit wajah yang ternutrisi dan bersih akan membuat riasan Anda melekat dengan sempurna dan awet di wajah.

Gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu ya untuk hasil yang optimal. Kulit wajah yang bersih akan mempermudah Anda merias wajah dan menjadikan bedak mudah merata.

Memilih Warna Bedak yang Sesuai dengan Warna Kulit

Saat ini bedak yang beredar di pasaran memiliki spesifikasi untuk berbagai macam jenis kulit. Apakah Anda memiliki jenis kulit normal, kering, atau berminyak? Anda bisa mengetahuinya dengan memperhatikan wajah dengan seksama dan merabanya.

Selain itu variasi warna bedak dapat menjadi referensi untuk memilih bedak yang paling Anda sukai. Warna beige, ivory, atau ocher cocok untuk riasan wajah biasa. Untuk pemilik kulit kuning langsat, Anda bisa gunakan bedak berwarna pink. Sedangkan warna putih cocok untuk pemilik kulit putih.

Pastikan memakai bedak yang sesuai dengan jenis dan warna kulit Anda agar melebur natural dan menghasilkan riasan yang oke.

Marcks bedak beauty powder

Banyak di antara kita yang memakai bedak Marcks saat pertama kali mencoba berdandan. Selain itu banyak dokter perawatan kulit yang merekomendasikan bedak Marcks untuk kulit berjerawat dan berminyak. Formulanya yang halus, sangat ringan, dan tidak ‘berat’ untuk riasan wajah.

Ada 3 variasi warna yang ditawarkan yaitu white, rose, dan creme. Warna putih cocok untuk pemilik kulit putih / cerah, warna rose bisa dipakai untuk pemilik kulit sawo matang, dan warna creme untuk warna kulit kuning.

Sariayu bedak jerawat

Sariayu Bedak Jerawat, seperti namanya bedak ini didesain untuk pemilik kulit berjerawat dan cenderung berminyak. Formula bedak Sariayu berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan kandungan triclosan-nya mampu membasmi bakteri penyebab jerawat. Selain itu bedak ini menjaga kelembapan kulit dengan aromanya yang sangat menyegarkan.

Wardah acne face powder

Wardah adalah merek make up yang tidak asing di telinga para wanita Indonesia. Menyandang logo halal dengan lini kosmetik beragam membuat orang Indonesia, yang notabene muslim, tertarik dan menggunakan Wardah sebagai riasan sehari–hari.

Salah satunya Everyday Luminous Face Powder, bedak yang didesain khusus untuk kulit berminyak.Oil control di dalam bedak ini menyerap kelebihan minyak dan partikel micropowder-nya menyerap langsung sehingga menyatu sempurna dengan wajah.

Ada juga Wardah Acne Face Powder, bedak yang didesain khusus untuk kulit berjerawat. Berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan mengontrol minyak berlebih.

Review La Tulipe acne loose powder

La Tulipe juga memiliki varian bedak tabur untuk kulit berjerawat, yaitu La Tulipe Acne Loose Powder. Memiliki 4 varian warna yaitu rose mauve, natural, rachel, dan suntan, memudahkan Anda untuk memilih warna yang sesuai dengan kulit Anda.

Kandungan bio aktif 4 terpineol, salicylic acid, dan niacinamide berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan membuat kulit halus bersinar.

Skinfood Buckwheat loose powder

Satu lagi skincare dari negeri ginseng Korea Selatan yaitu The Skin Food Buckwheat Loose Powder. Perusahaan Skin Food, produsen barang ini, mengambil ekstrak beras sebagai bahan dasar pembuatan bedak. Efeknya, warna kulit yang merata dan tampak lebih cerah.

Zoya Cosmetics Acne loose powder

Zoya pada awalnya dikenal sebagai merek busana muslim yang sudah dikenal luas di Indonesia. Beberapa tahun ke belakang, Zoya mulai melebarkan sayapnya dengan menciptakan produk kosmetik dan perawatan wajah.

Mengandung salicylic acid dan tea tree oil, Zoya Acne Loose Powder dirancang untuk memenuhi kebutuhan kulit berjerawat. Kandungannya mampu mengontrol minyak di wajah dan menyamarkan noda bekas jerawat di wajah Anda.

Inez Translucent acne care face powder

Satu lagi merek lokal dari Indonesia yaitu Inez Cosmetic. Inez Translucent Acne Care Face Powder adalah bedak tabur khusus untuk pemilik kulit berjerawat. Bedak ini mampu mengurangi minyak berlebih dan mengeringkan jerawat karena kandungan asam salisilat dan ekstrak cinnamon di dalamnya.

Jika Anda belum menemukan bedak yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat, Anda bisa coba menggunakan bedak dari Inez ini. Selain formulanya yang lengkap dan mutakhir.

Bless acne face powder

Bless Acne Face Powder berjenis bedak tabur yang mampu merawat dan memperbaiki kulit berjerawat. Bedak ini tidak menyumbat pori–pori dan sangat mudah diratakan pada wajah, mengingat teksturnya yang sangat halus. Direkomendasikan untuk kulit berminyak dan cenderung berjerawat karena oil control-nya sangat juara.

The Face shop oil control water cushion

The Face Shop Oil Control Water Cushion adalah cushion yang didesain untuk kulit berminyak dan kombinasi. Bertindak sebagai foundation, olesan Oil Control Water Cushion dari The Face Shop ini mampu meminimalkan produksi minyak pada wajah dan menghasilkan riasan yang matte.

Siapa sih yang senang ketika jerawat muncul? Jerawat pada wajah dapat menimbulkan rasa tidak nyaman sekaligus mengganggu penampilan.

Nyatanya jerawat dapat muncul karena beberapa kebiasaan sehari-hari tanpa kita sadari. Mengetahui dan menghindari kebiasaan itu, diharapkan dapat membuat wajah bebas jerawat.

Beberapa Kebiasaan Pemicu Jerawat

Terlalu sering mencuci muka

Wajah yang kotor seringkali dianggap sebagai penyebab jerawat, padahal belum tentu juga. Justru mencuci muka terlalu berlebihan dapat membuat wajah kehilangan minyak alami kulit, mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Hal itu kemudian hanya akan memicu jerawat.

Mencuci muka cukup hanya dua kali. Gunakan air hangat dan sabun pembersih muka yang ringan. Hindari menggunakan kain waslap saat mencuci muka, cukup gunakan jari untuk membantu meratakan sabun pembersih.

Memencet jerawat 

Tindakan ini hanya akan menyebabkan masalah lebih lanjut. Memencet jerawat hanya akan menekan sumbatan pori ke bagian kulit yang lebih dalam, sehingga menyebabkan bekas jerawat. Memencet jerawat hanya akan membuat proses penyembuhan berlangsung lebih lama.

Gunakan obat jerawat langsung pada lokasi jerawat yang akan menghentikan jerawat hingga akhirnya akan semakin mengecil. Tangan sebaiknya seminimal mungkin menyentuh wajah yang berjerawat, sebab minyak dari tangan dapat menyumbat pori-pori yang hanya akan memperparah jerawat.

Menggunakan ponsel yang kotor

Ponsel yang baru selesai dipakai menelepon akan terkena minyak dan keringat. Apalagi jika tekanan pada pipi kemudian memicu jerawat pecah. Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan sebelum digunakan kembali, maka akan kembali ke kulit wajah beserta bakteri yang sudah berkembang.

Jangan malas membersihkan layar ponsel. Sebagai alternatif, gunakan ear phone atau fasilitas lain yang memungkinkan wajah tidak menempel pada ponsel.

Produk rambut yang menetes pada wajah

Jauhkan minyak rambut, gel atau produk rambut lain dari dahi atau bagian wajah lainnya, karena dapat memicu timbulnya jerawat. Sebab, produk-produk tersebut dapat menyumbat pori-pori. Hindari produk rambut yang mengandung banyak minyak dan cuci rambut dengan teratur.

Menggunakan make-up berlebihan

Jangan pakai make-up secara berlebihan. Obat jerawat sebaiknya digunakan sebelum menggunakan make-up, kemudian dibersihkan menjelang tidur.Untuk kulit berjerawat, pilih make-up dengan label bebas minyak dan tidak menyebabkan komedo (non-comedogenic). Ada pula jenis make up yang membantu menyembunyikan jerawat.

Jadi sudah tahu kan kebiasaan apa yang dapat memicu jerawat? Yuk hindari semua itu untuk wajah mulus dan bersih yang didambakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here