Pentingnya Bermain Outdoor untuk Perkembangan Motorik Buah Hati

0
321

Di jaman yang berbasis teknologi sekarang ini anak-anak semakin banyak menghabiskan waktu di depan televisi dan menatap layar gadget. Sehingga sekarang semakin sering anak-anak menghabiskan waktu di dalam rumah. Padahal ini dapat memberikan dampak yang negatif terhadap kesehatan anak.

Menurut penelitian hal tersebut juga berkaitan erat dengan obesitas pada anak. Di sisi lain, bermain di luar ruangan memberikan banyak sekali manfaat kesehatan mental dan fisik. Terutama bagi anak-anak yang sedang tumbuh berkembang.

Pentingnya Anak Bermain di Luar Ruangan untuk Kesehatan

Memiliki Berbagai Manfaat untuk Tumbuh Kembang Anak

Bermain di luar dapat membantu membentuk kepribadian anak, mengenalkan anak lebih dekat dengan alam, membantu mengembangkan kemampuan bersosialisasi, dan mendorong kreativitas serta imajinasi mereka.

Sebagai Sarana untuk Bermain Sekaligus Belajar

Untuk pertumbuhan anak sangat penting baginya bermain di luar ruangan. Ini adalah cara yang baik untuk memelajari berbagai macam hal yang ada lingkungan sekitarnya. Anak-anak juga belajar berlari, melompat, berteriak, serta mengeksplorasi alam lingkungan.

Manfaat Bermain di Luar Ruangan Bagi Anak

Belajar dengan Cara Menyenangkan Bermain di luar ruangan bisa menjadi cara yang brilian untuk meningkatkan kemampuan belajar anak-anak. Dengan bermain di luar maka anak dapat memahami berbagai keterampilan penting untuk kehidupannya sendiri. Ia pun akan mampu belajar untuk menyelesaikan masalah, menjelajahi alam, memperoleh berbagai informasi baru, dan memiliki pemahaman dasar tentang sains. Selain itu, pembelajaran yang dilakukan sambil bermain bisa menjadi aktivitas seru dan menyenangkan.

Perkembangan Fisik yang Sehat

Anak-anak yang bermain di luar ruangan akan lebih aktif bergerak. Aktivitas ini juga membantu meningkatkan stamina fisik serta kebugaran tubuhnya. Selain itu juga memperkuat otot dan tulang, membangun kekebalan, menurunkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes, masalah jantung dan obesitas.

Berada di luar sambil menghirup udara segar dapat memberikan asupan vitamin D yang penting untuk tubuh. Karena terpapar gadget dan elektronik dalam jangka waktu yang lama dapat mengganggu penglihatan anak-anak. Bermain di luar ruangan terbukti membantu meningkatkan daya penglihatan anak.

Meningkatkan Kreativitas

Memanjakan diri dengan melakukan permainan yang menyenangkan di luar ruangan, juga dapat merangsang kreativitas anak-anak. Berada di luar dapat memberikan inspirasi kepada anak-anak sehingga kreativitasnya ikut berkembang.

Berada di lingkungan alam terbuka bisa menstimulasi imajinasi anak. Ketika bermain di luar sambil mendekat dengan alam maka anak dapat mengembangkan ide artistik-nya. Serta meningkatkan kemampuannya dalam menemukan dan menciptakan sesuatu yang baru.

Mengasah Keterampilan Sosial

Anak-anak dapat belajar berinteraksi secara efektif dengan teman-temannya ketika bermain di luar ruangan. Berbeda dengan anak-anak yang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, mereka cenderung lebih merasa terisolasi dan sering menarik diri dari lingkungannya.Ketika anak bermain di luar maka mereka harus bisa menjaga diri sendiri, mendekati anak-anak baru untuk menjalin pertemanan, bermain tanpa diawasi oleh orang dewasa, sehingga mereka bisa memperoleh keterampilan sosial dan kemampuan komunikasi soal tawar-menawar.

Melatih Sikap Positif

Anak-anak yang bermain di luar ruangan cenderung lebih mampu untuk mengembangkan sikap positif. Mereka juga lebih tenang dan lebih bahagia. Selain itu, bermain di luar ruangan dapat memberikan peluang besar untuk menyalurkan energi anak dengan cara yang positif pula.

Mengembangkan Kepribadian

Bermain di luar ruangan dapat membantu secara positif untuk mengembangkan kepribadian seorang anak. Mereka akan belajar untuk lebih mandiri lagi. Anak-anak akan memelajari bagaimana cara menangani situasi mereka sendiri, mengatasi keadaan darurat, menghadapi kondisi yang asing dan tidak terduga.

Tanpa adanya pengawasan orang dewasa, anak-anak akan belajar melakukan hal-hal tersebut. Sehingga semakin menumbuhkan kepercayaan dirinya. Dan mereka pun jadi semakin mampu untuk mengatasi berbagai situasi kehidupan kelak di kemudian hari. Juga belajar untuk disiplin, bersikap sportif dan memiliki semangat.

Meningkatkan Kemampuan Fokus

Bermain di luar ruangan membantu meningkatkan kemampuan anak-anak dari segi mentalnya. Ini turut memperluas rentang perhatian dan fokus mereka, meningkatkan konsentrasi, menumbuhkan kemampuan observasi dan penalaran anak.

Oleh karena itu jelaslah bermain di luar ruangan lebih banyak manfaatnya, jika dibandingkan dengan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah atau ruangan. Karena cara mengembangkan daya konsentrasi anak tidak hanya melalui belajar. Namun juga dengan belajar sambil bermain.

Mengembangkan Motorik

Melakukan aktivitas permainan di luar ruangan dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motoriknya. Baik itu motorik kasar dan motorik halus. Karena ketika beraktivitas di luar ruangan anak-anak banyak bergerak sembari bermain.

Dengan melakukan aktivitas bermain di luar maka mereka melatih kelincahan gerak tubuh, mengembangkan kemampuan koordinasi, serta mampu meningkatkan keseimbangan dengan lebih baik, daripada jika hanya berada di dalam ruangan.

Lebih Dekat dengan Alam

Anak-anak yang menghabiskan banyak waktu di luar ruangan atau di luar rumah cenderung memiliki ikatan yang lebih dekat dengan alam. Karena sejak dini ia sudah mengenal lingkungan alam di sekitarnya. Hal tersebut juga akan memengaruhinya ketika dewasa kelak.

Mereka akan lebih sadar mengenai masalah lingkungan seperti pemanasan global, penggundulan hutan, konservasi hewan hingga pencemaran dan polusi. Dengan begitu mereka pun sigap dalam mengambil langkah-langkah untuk dapat melestarikan alam.

Menjalankan Gaya Hidup Lebih Sehat

Jika anak-anak lebih sering menghabiskan waktu untuk bermain di luar ruangan, mereka lebih cenderung menjalankan gaya hidup yang seimbang dan sehat kelak ketika dewasa. Aktif bergerak sangat membantu menumbuhkan kesadaran anak untuk mengikuti gaya hidup yang disiplin.

Mereka pun belajar untuk menantang diri sendiri. Serta mendorong kemampuan diri mereka hingga mencapai batas. Dengan begitu mereka tumbuh menjadi anak yang mampu menilai baik dan buruknya keputusan yang diambil. Jadi tidak hanya sehat dari segi fisik. Namun anak-anak juga mampu menjaga kesehatan mentalnya kelak.

Hal yang Harus Diperhatikan Jika Anak Bermain di Luar

Jadi Lupa Waktu karena Bermain

Kadang-kadang ada kalanya anak-anak jadi mengabaikan pelajaran dan sekolah karena terlalu asyik bermain. Begitulah jika bermain dengan berlebihan juga tidak baik untuk anak. Jadi penting bagi Anda untuk mengingatkan anak agar tetap memerhatikan akademisnya juga. Agar semuanya dapat terjaga dengan seimbang.

Hati-Hati Masalah Kesehatan

Di usianya yang sedang aktif bergerak dan bermain ini anak-anak sangat mungkin bermain tiada henti. Kadang ia pun tidak memerhatikan cuaca seperti tetap bermain sambil hujan-hujanan. Atau tidak menyempatkan makan lebih dulu walau lapar. Jika tidak Anda jaga betul kesehatannya bisa saja anak sakit karena kelelahan fisiknya.

Berisiko Tanpa Pengawasan Orang Tua

Saat anak bermain di luar akan lebih sulit untuk mengawasinya. Karena itu sebagian besar waktu anak-anak ketika bermain di luar ruangan tidak disertai dengan pengawasan dari orang tua. Tidak menutup kemungkinan akan risiko keselamatan anak. Seperti misalnya ia mengalami cedera saat bermain karena jatuh.

Orang Tua Ikut Aktif Mengenalkan Permainan

Karena anak-anak pada umumnya masih belum mengenal begitu banyak jenis permainan, orang tualah yang berperan untuk mengenalkan berbagai macam aktivitas permainan tersebut. Seperti contohnya petak umpet, lompat tali, permainan engklek dan lain sebagainya.

Cara Memotivasi Anak untuk Bermain di Luar

Membiarkannya Memilih Permainan yang Disukai

Permainan di luar ruangan yang menyenangkan bisa memotivasi anak untuk semakin aktif bermain. Untuk langkah awalnya Anda bisa membawa mainan kesukaan anak seperti playdough, mobil-mobilan, bola atau lainnya. Lalu mengajak anak untuk memainkannya di luar. Lambat laun anak jadi terbiasa bermain di luar.

Memberikan Contoh Aktivitas kepada Anak

Cara terbaik untuk memotivasi anak bermain di luar bisa dengan memberikannya contoh. Anda dapat mulai dengan aktivitas yang menarik seperti membuat kandang burung dari kayu, atau mengecat pagar. Ketika melihat Anda melakukan aktivitas yang menyenangkan tersebut akan membuat anak ingin bergabung dengan Anda.

Mengajak Anak Berjalan Kaki Bersama

Jika Anda hendak pergi mengunjungi tempat-tempat di dekat rumah maka bisa memilih berjalan kaki saja, daripada naik kendaraan. Ajak anak Anda untuk membuatnya semakin mengenal lingkungan alam sekitarnya. Beritahu ia segala informasi mengenai tempat-tempat dan berbagai hal yang dilihatnya. Aktivitas ini akan menumbuhkan wawasan dan pengetahuannya.

Mengajak Anak Pergi Berwisata Alam

Kenalkan anak pada lingkungan alam di sekitarnya dengan mengajaknya melakukan kegiatan tamasya. Seperti hiking atau mendaki, memancing, berkemah. Anda bisa merencanakan perjalanan wisata ke pantai, kebun raya atau agrowisata untuk membangkitkan minat anak terhadap alam.

Tidak Menjadikan Aktivitas Terlalu Serius

Mungkin Anda bermaksud menjadikan aktivitas di luar ruangan tersebut untuk bermain sambil belajar. Namun jangan sampai terlalu serius dan menganggap aktivitas tersebut untuk ‘mendidik’ anak dengan keras. Pastikan anak Anda bersenang-senang dan menikmati waktunya di luar rumah.

Jika memang ingin mendidiknya Anda bisa menemaninya pergi ke taman. Lalu, di sana biarkan ia menjelajah sendiri namun tetap awasilah ia. Jadi Anda tetap berada di dekat anak. Namun tanpa mengganggunya dan mengendalikan anak saat mencoba berbagai hal baru. Berikan bantuan kepadanya hanya ketika diminta saja.

Lebih Banyak Kelebihan daripada Kekurangannya

Kita sudah membahas tentang berbagai aktivitas dan permainan luar ruangan yang dilakukan oleh anak-anak. Serta berbagai manfaatnya untuk tumbuh kembang anak. Tidak hanya dari segi motorik saja. Namun juga dari berbagai aspek perkembangan sang buah hati.

Dan kita bisa melihat bahwa lebih banyak manfaat yang didapat dari bermain di luar ruangan ketimbang ruginya. Anda sebagai orang tua bisa mencoba menciptakan lingkungan bermain yang kondusif serta dapat mendorong anak-anak untuk bermain di luar.

Bermain di Luar Sangat Baik untuk Anak-Anak

Dengan melakukan berbagai permainan di luar ruangan dapat memberikan kesempatan kepada anak-anak, untuk mengenal lingkungan sekitar mereka. Anak-anak pun dapat menggunakan seluruh indranya untuk mengeksplorasi berbagai hal baru yang ia jumpai.

Biarkan anak-anak berlari, melompat, memanjat, berlomba dengan kawannya, berayun, bermain kotor di tanah. Sehingga mereka dapat mengembangkan kebiasaan yang sehat nantinya seiring tumbuh dan berkembang.

Jika sejak dini anak-anak sudah mengenal lingkungan dengan cara bermain, ia akan berkembang dan tumbuh menjadi orang yang mengerti pentingnya menjalankan gaya hidup sehat. Mulai dari menjaga kebersihan, pentingnya olahraga dan beraktivitas fisik untuk menjaga kebugaran, hingga menjaga kebiasaan makannya.

Demikianlah informasi tentang manfaat bermain outdoor bagi perkembangan anak secara motorik dan keseluruhan aspek kesehatannya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here