Cara Memilih Foundation Sesuai Warna & Jenis Kulit

0
659

Masing-masing orang memiliki jenis dan warna kulit dasar yang berbeda. Oleh karena itu setiap orang juga membutuhkan warna dan jenis foundation yang berbeda-beda. Hal tersebut juga harus diperhatikan, karena jika Anda sampai salah memilih warna foundation maka warna kulit wajah menjadi terlihat tidak merata.

Flek hitam menjadi tidak tertutup sempurna justru akan membuat jerawat muncul dan wajah menjadi lebih kusam. Oleh karena itu ada baiknya untuk mengenali jenis kulit, baik kering, normal sampai kulit yang berminyak.

Kemudian perhatikan warna dasar kulit wajah, dengan begitu akan lebih memudahkan dalam memilih foundation yang tepat. Foundation sendiri termasuk benda yang sangat penting dalam riasan wajah. Jadi jika Anda tidak memiliki banyak waktu, menggunakan foundation saja sudah cukup. Sedangkan saat ini tidak semua orang mengetahui warna foundation yang tepat.

Selain mengetahui cara memilih foundation, mengetahui jenis kulit dan jenis foundation. Anda juga perlu mengetahui cara menggunakan atau mengaplikasikan foundation dengan baik dan benar. Maka foundation pada wajah juga akan menghasilkan finish yang lebih baik, ringan dan make up tidak memberatkan atau justru berbeda dari warna kulit dasarnya.

Memilih Foundation Sesuai Jenis & Warna Kulit

Pemilihan Foundation

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk memilih foundation dengan mengetahui jenis kulit terlebih dahulu. Pilih tekstur foundation, kenali warna dasar kulit, pilih warna foundation yang paling mirip dengan warna dasar kulit dan coba langsung pada wajah Anda.

Foundation juga menjadi dasar makeup yang digunakan sebagai salah satu cara untuk menutupi kemerahan, noda dan memberikan hasil yang lebih halus serta warnanya lebih merata.

Dengan mengetahui jenis kulit terlebih dahulu, maka akan lebih memudahkan Anda dalam memilih foundation yang tepat. Baik untuk kulit kering, normal, berminyak dan ada yang memiliki gabungan antara normal cenderung berminyak serta normal cenderung berminyak. Selain itu dalam kemasan produk foundation biasanya sudah terdapat tulisan atau keterangan foundation mana yang cocok digunakan sesuai jenis kulit.

Sedangkan untuk pemilihan tekstur foundation sendiri terdiri dari foundation padat, gel, cair, cream dan foundation powder. Masing-masing tekstur foundation dan fungsi yang berbeda-beda. Selain itu Anda juga perlu mengetahui warna dasar kulit, karena hal tersebut dapat mempengaruhi warna foundation yang digunakan.

Kemudian pilih foundation yang memiliki warna dasar kulit paling mirip dengan Anda. Jangan pilih foundation yang warnanya lebih gelap 1 tingkat atau lebih cerah dari warna kulit. Untuk mengetahuinya Anda dapat mencobanya langsung saat ke counter make up, toko kosmetik atau mall. Bisa letakkan tester pada bagian kulit wajah secara langsung supaya lebih efektif.

Tipe-tipe Kulit Wajah

Kulit wajah yang memiliki peran utama dalam melindungi tubuh dari luar. Ternyata dapat beradaptasi, berevolusi dan berbuah sepanjang hidup. Oleh karena itu mengenali tipe kulit wajah termasuk hal yang sangat penting supaya Anda dapat melakukan perawatan yang tepat.

Tapi masing-masing orang juga memiliki kondisi kulit yang berbeda. Biasanya tergantung dari kandungan air pada kulit, faktor genetik dan pertambahan usia.

Pada tipe kulit normal tingkat hidrasi dan sebum yang dimiliki cukup seimbang. Memiliki kapasitas memperbaharui sendiri, akan terlihat bersinar secara alami, halus dan kenyal. Untuk merawat kulit normal hanya perlu dengan membersihkan wajah menggunakan bahan lembut dan jangan menggosoknya secara kasar. Tambahkan juga pelembab atau tabir surya.

Sedangkan pada kulit sensitif biasanya mereka akan merasakan sensasi yang tidak menyenangkan di bagian wajah. Ada yang mengalami perubahan kemerahan dan ada yang tidak. Gejalanya sendiri dapat berupa sensasi panas rasa menusuk, kencang, rasa terbakar dan terasa gatal.

Untuk kulit kering termasuk tipe yang tidak nyaman, baik pada bagian wajah atau tubuh. Terutama setelah Anda selesai mandi dan hal ini terjadi akibat produksi sebum serta pertahanan kulit lemah. Kulit akan terasa agak kencang, pecah-pecah, bersisik dan yang lainnya

Tapi untuk kulit dehidrasi termasuk tipe kulit antara kering, berminyak dan kombinasi. Dimana kulit kekurangan kadar air pada lapisan epidermis dan terjadi efek yang akan terlihat cukup jelas. Kekurangan air ini pada wajah ini akan membuatnya kusam dan tidak merata.

Selain itu ada juga tipe kulit kombinasi antara kulit berminyak & jerawat. Mereka yang memiliki masalah wajah ini biasanya ada pada kualitas dan kuantitas sebum. Kulit cenderung lebih banyak moda atau kerawat. Jerawat sendiri juga dapat berdampak pada orang dewasa, pria, wanita dan anak-anak remaja. Oleh karena itu perawatan juga sangat penting dilakukan.

Jenis-jenis Foundation Wajah

Biasanya bagi mereka yang memiliki kulit kurang bagus, maka dapat menggunakan foundation sebagai salah satu caranya. Tapi foundation sendiri terdiri dari berbagai jenis dan manfaatnya masing-masing. Mulai dari BB Cream sampai ada juga yang berupa foundation busa.

Jadi ada baiknya Anda untuk mengetahui lebih dalam bentuk, tekstur dan manfaat foundation itu sendiri. BB Cream atau CC Cream ini merupakan pelembab dengan warna. Bermanfaat sebagai tabir surya, pencerah kulit dan menutup noda pada wajah.

Jenis mousse foundation ini berbentuk busa yang ideal dan cocok untuk Anda yang ingin kulitnya lebih mulus tapi tetap terlihat alami. Apalagi mereka yang tidak ingin menggunakan produk yang terasa berat.

Selain itu cara pemakaiannya juga sangat praktis. Anda hanya perlu menggosokkan foundation pada bagian kulit wajah menggunakan jari. Anda akan mendapatkan hasil matte tapi tetap terlihat halus dan tidak terlihat kering.

Compact foundation ini teksturnya seperti bedak, rasanya lebih ringan saat digunakan pada kulit. Bisa juga diaplikasikan beberapa kali supaya hasilnya lebih mulus dan Anda bisa memilih menggunakan kuas kering atau spons lembab. Mampu menyerap minyak sangat baik dan dapat bertahan lebih lama.

Sedangkan pada Tinted Moisturizer ini termasuk pelembab yang memiliki kandungan pigmen dengan warna yang ringan. Termasuk dalam cikal bakal jenis CC Cream dan BB Cream. Hanya saja Tinted Moisturizer memiliki kadar SPF yang tidak tinggi seperti BB Cream. Tidak menyerap minyak dan dilengkapi antioksidan seperti pada BB Cream.

Ada juga Liquid Foundation berupa foundation cair. Bisa diaplikasikan pada jenis kulit supaya terlihat natural, mulus dan matte. Tapi hal tersebut biasanya tergantung cara aplikasi dan teksturnya. Jika Anda menggunakan spons lembab maka hasil yang didapatkan lebih tipis alami. Tapi saat menggunakan spons kering hasilnya sangat mulus dan mampu menutup noda dengan sempurna.

Foundation krim ini ratu dari segala foundation. Mampu menutupi semua noda secara menyeluruh dan mampu menutupi tato. Memiliki persentase pigmen warna yang lebih tinggi dan teksturnya pekat. Mampu membuat kulit terlihat sangat mulus, biasanya foundation ini digunakan saat acara resmi atau sebagai rias pengantin.

Foundation Terbaik Versi Beauty Vlogger Indonesia

Daftar makeup terbaik dan terfavorit memang ada cukup banyak. Baik dari Indonesia atau produk luar negeri yang sudah sangat laris di pasaran. Banyak cara yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan produk mereka.

Saat ini banyak beauty vlogger yang mulai menggunggah daftar produk make favorit melalui YouTube Channel mereka. Bisa dibuat sebagai akumulasi dan memiliki kualitas memuaskan. Ada juga beberapa konsep video yang dapat menjadi sumber inspirasi banyak orang dengan menentukan produk make up yang akan digunakan.

Oleh karena itu ada beberapa beauty blogger yang sudah merekomendasikan produk terbaik pada foundation. Mulai dari Hourglass Vanish Seamless Foundation Stick, Make Up For Ever Ultra HD Stick Foundation, The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation, L’Oreal Paris Infallible Pro-Matte Foundation dan Maybelline Fit Me Foundation.

Foundation terbaik pertama merupakan dari Hourglass Vanish Seamless Foundation Stick. Memiliki kemasan super mewah elegan dan sangat mudah di blend meskipun digunakan pada kulit kering. Meskipun bentuknya berupa stick, tapi teksturnya tetap creamy dan masuk dalam kategori high-end.

Foundation kedua Make Up For Ever Ultra HD Stick Foundation ini sangat bagus dan dapat membuat wajah terlihat lebih flawless. Mudah dibaurkan dengan hasil satin finish dan cocok digunakan berbagai jenis kulit.

Sedangkan foundation ketiga The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation cukup banyak mencuri perhatian. Harganya cukup terjangkau dengan formula ringan dan cocok jika digunakan sehari-hari. Hasilnya matte, mampu mengontrol minyak dengan baik dan disarankan untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak.

Selain itu untuk L’Oreal Paris Infallible Pro-Matte Foundation ini bisa diandalkan saat membuat make up. Supaya tahan lama dan tidak akan membuat kulit menjadi berminyak. Teksturnya ringan dan tidak cakey untuk di-build sampai daya tutup yang diinginkan. Kemasannya juga menggunakan material ringan serta tergolong praktis jika dibawa bepergian.

Untuk Maybelline Fit Me Foundation ini tersedia dalam 2 jenis. Mampu menghasilkan tekstur yang matte, dewy dan memberikan hasil yang lebih natural saat digunakan pada wajah. Cocok digunakan untuk pemakaian sehari-hari dengan kemasan kaca, ta pa pump dan pastikan kemasan tertutup supaya tidak tumpah.

Cara Mengaplikasikan Foundation

Cara pertama yang dapat dilakukan dengan menyesuaikan warna kulit. Karena jika warna foundation tidak serasi dengan warna asli maka dapat membuatnya terlihat tidak tepat. Pulaskan pada sedikit di area rahang dan ratakan.

Kemudian pilih alat pendukung lainnya yang lebih efektif, meskipun ada banyak cara dalam memakai foundation meskipun biasanya banyak orang yang memilih spons dan kuas. Ada juga yang menggunakan jari tangan tapi tetap harus dilakukan dengan cermat.

Meskipun Anda menggunakan foundation sebaiknya tetap menggunakan pelembab. Karena pelembab sendiri memiliki peran yang sangat penting dan dapat menjadi kunci utama supaya berfungsi secara maksimal, bersih dan lembab. Tapi ada baiknya untuk memilih pelembab dengan formulanya ringan supaya dapat menyatu dengan kulit.

Ketahui juga pemakaian yang benar supaya lebih maksimal. Tunggu sampai 5 menit sebelum mengaplikasikan foundation jika ingin menggunakan pelembab supaya fungsinya bekerja dengan baik. Bisa juga menggunakan concealer jika noda masih terlihat jelas setelah Anda menggunakan foundation.

Tambahkan bedak tabur yang memiliki tekstur ringan, dengan begitu kulit wajah menjadi lebih bersinar dan lebih mulus. Caranya dengan memulaskan bedak menggunakan powder brush pada seluruh bagian kulit wajah yang sudah diaplikasikan foundation.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here