8 Tempat Wisata Terbaik di Semarang yang Tak Boleh Anda Lewatkan

0
632

Sebagai pusat Ibu Kota Provinsi, Kota Semarang memiliki berbagai keindahan dan kekayaan alam yang tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya. Mulai dari pariwisata alam hingga wisata kekinian, semua ada di Semarang. Jika Anda berlibur ke kota ini, Anda dapat merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan, bukan sekedar wisata ke mall saja.

Beberapa tempat wisata di Semarang tentunya lebih diunggulkan karena keindahan dan kemudahan aksesnya. Tempat-tempat ini pun sangat populer, terutama bagi wisatawan di daerah Semarang dan sekitarnya. Bagi Anda yang baru berkunjung ke Semarang, Anda wajib tahu tempat-tempat wisata terbaik di Semarang untuk Anda kunjungi.

Inilah 8 Tempat Wisata Terbaik di Semarang

Ayana

           Ayanaz Gedongsongo

Tempat wisata pertama di Semarang yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Ayana. Berlokasi di Bandungan, Semarang, tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata paling populer saat ini. Pada awalnya, lokasi wisata ini adalah lokasi wisata Candi Gedongsongo. Kemudian, wisata Ayana dibuka tepat di sebelah candi untuk menarik lebih banyak wisatawan milenial.

Harga tiket masuknya sebesar Rp 10.000 untuk turis lokal dan Rp 75.000 untuk turis mancanegara. Tarif ini hanya untuk masuk ke area Candi Gedongsongo, dan apabila ingin masuk ke area Ayana, Anda harus menambah biaya lagi sebesar Rp 20.000. Di hari biasa, Ayana buka dari jam 08.00 sampai jam 17.00. Sementara saat weekend, Ayana tutup jam 18.00.

Untuk tempat wisatanya sendiri, Ayana dan Candi Gedongsongo nampak sangat kontras bersebelahan. Ayana merupakan wisata selfie dengan dekor dan atribut yang serba modern dan minimalis, sementara Candi Gedongsongo kental dengan nuansa tradisional dan kuno. Namun, hal ini justru memberikan keunikan pada tempat wisata ini, karena ada banyak hal yang bisa Anda nikmati.

Taman Bunga Celosia

       Taman Bunga Celosia

Apabila Anda ingin menikmati taman bunga di Semarang, Anda dapat langsung datang ke Taman Bunga Celosia. Disini, Anda akan disajikan hamparan bunga Celosia yang unik dan cantik. Tak hanya itu, berbagai spot selfie pun disediakan, seperti Merlion, Menara Eiffel, Kincir Angin Belanda, hingga Rumah Hobbit.

Di media sosial, Taman Bunga Celosia sudah sangat populer. Dengan pengambilan gambar dan sudut yang pas, foto-foto di Taman Bunga ini bisa menjadi kenangan manis untuk diunggah saat berlibur ke Semarang.

Dari sisi jalan, tempat wisata ini memang nyentrik dan menarik, membuat siapapun tertarik untuk mengunjunginya. Harga tiket masuknya pun cukup murah, yaitu hanya Rp 10.000 saja, dan Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam yang disuguhkan Taman Bunga ini sepuasnya.

Lokasi objek wisata yang berada di atas gunung membuat udara disini menjadi sejuk, meskipun hari sedang panas. Namun, matahari dapat menjadi cukup terik, sehingga tidak ada salahnya Anda membawa payung untuk berjaga-jaga. Kelebihan objek wisata ini, Anda tetap dapat merasa nyaman saat berkunjung karena wilayah Taman Bunga yang luas, sehingga Anda tidak perlu berdesak-desakan saat sedang ramai.

Susan Spa

       Susan Spa & Resort

Daya tarik utama yang ditawarkan oleh Susan Spa adalah keindahan panorama dari atas bukit. Udara yang sejuk dan pemandangan yang indah membuat Susan Spa mengukuhkan diri sebagai salah satu wisata paling populer di kota Semarang. Berlokasi di daerah Bandungan, Susan Spa merupakan resort mewah yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas hiburan.

Begitu sampai di Susan Spa, Anda akan membayar tiket masuk sebesar Rp 50.000 untuk berjalan-jalan. Tiket ini nantinya bisa ditukarkan sebagai voucher makanan di salah satu restoran yang terdapat di Susan Spa, karena terdapat dua restoran yang bisa Anda kunjungi untuk menukarkan voucher.

Memasuki wilayah wisata, Anda akan sampai di halaman luas yang memiliki berbagai jenis binatang unik, seperti burung merak dan ayam berjambul. Tak hanya itu, di halaman ini pun Anda dapat menemukan berbagi jenis kelinci yang bisa Anda belai dan sentuh. Beberapa spot foto cantik pun dapat ditemukan disini.

Selanjutnya, Anda akan diarahkan menuju Kapel La Kana yang indah dan menawan. Kapel ini biasa digunakan untuk acara pernikahan. Karena keindahannya, kapel ini pun dapat menjadi background foto yang bagus dan Instagrammable. Dari sisi belakang kapel sendiri, disediakan beranda yang luas untuk menikmati pemandangan alam dari atas bukit.

Sam Poo Kong

Sam Poo Kong

Sam Poo Kong adalah tempat wisata dengan nilai sejarah yang tinggi. Klenteng ini dibangun oleh Laksamana Cheng Ho di masa lalu, dan diperbaiki oleh penduduk sekitar di tahun 1700an. Di dalamnya, Anda dapat menemukan mural tentang perjalanan sejarah Laksamana Cheng Ho dan bagaimana ia membangun Sam Poo Kong.

Berlokasi di kota, Sam Poo Kong merupakan tempat wisata di Semarang yang sangat mudah untuk dijangkau. Tarif tiket masuknya pun cukup murah, Anda tinggal membayar Rp 8000 untuk sampai ke halaman kuil dan Rp 20.000 untuk masuk ke tempat sembahyang.

Setelah melewati pintu tiket, Anda akan diarahkan menuju halaman klenteng Sam Poo Kong. Disini, Anda akan menemui patung raksasa Laksamana Cheng Ho yang menarik untuk difoto. Bangunan panggung klenteng pun bisa Anda akses dari halaman, namun apabila Anda ingin memasuki wilayah sembahyang, Anda akan membutuhkan tiket masuk  seharga Rp 20.000 tadi, atau membeli tiket terusan.

Keseruan lain yang bisa Anda nikmati di Sam Poo Kong adalah dengan menyewa pakaian tradisional Cina cukup dengan membayar Rp 100.000 saja. Biaya ini sudah termasuk foto di dalam area sembahyang, lengkap dengan cetak fotonya. Dengan pakaian tradisional ini, Anda dapat merasakan sensasi menjadi putri dan pangeran Cina sehari.

DMZ (Dream Museum Zone)

Dream Museum Zone

Dream Museum Zone merupakan tempat wisata terbaru di Semarang yang berlokasi di Kota Lama. Objek wisata ini merupakan cabang dari DMZ yang pertama kali dibuka di Bali. Harga tiket masuk ke dalam DMZ sendiri sebesar Rp 100.000. Dengan tiket tersebut, Anda sudah dapat menikmati pengalaman unik berfoto dengan latar belakang 3D di dalam 12 ruangan yang berbeda.

Pada DMZ, berbagai tema diusung di dalam setiap ruangan, mulai dari Safari Zone, Seaworld Zone, Komodo Zone, Animation Zone, Upside Down Zone, Sloping House Zone, hingga Winter Zone. Setiap ruangan mengusung tema petualangan yang seru dan memberikan sensasi tersendiri.

Lukisan di dalam DMZ mencapai 125 buah, yang artinya terdapat 125 spot foto yang bisa Anda sambangi. Jumlah ini tentu lebih besar jika dibandingkan dengan museum 3D pada umumnya. Jenis lukisan pada DMZ pun unik dan tidak pasaran, karena berasal dari tim pelukis Korea Selatan.

Apabila Anda khawatir tidak dapat menghasilkan selfie yang bagus, tenang saja, karena para petugas di DMZ siap membantu Anda menghasilkan foto yang sempurna. Mereka pun tidak akan sungkan memberikan masukan untuk pose dan angle terbaik yang bisa Anda coba dan menghasilkan selfie terbaik.

Brown Canyon

            Brown Canyon

Kawasan wisata alam yang satu ini memang sudah cukup populer di sosial media, terutama Instagram. Selain sering dijadikan tempat untuk prewedding, Brown Canyon pun sudah wara-wiri di stasiun TV nasional seperti pada program My Trip My Adventure.

Tidak bisa dipungkiri, keindahan Brown Canyon patut diacungi jempol. Pada awalnya, Brown Canyon bukanlah tempat wisata, namun bekas tempat galian. Hanya saja, karena tempatnya yang indah, para wisatawan pun tertarik untuk mengunjunginya, sampai akhirnya menjadi viral dan terkenal.

Di berbagai portal media, Brown Canyon ini kerap dibandingkan dengan Grand Canyon di Amerika karena kemiripannya. Hal itulah yang menjadi daya tarik sendiri bagi Brown Canyon karena jarang ditemui tempat serupa di Indonesia. Sayangnya, Brown Canyon ini cukup berdebu, sehingga ada baiknya Anda membawa masker saat berkunjung.

Apabila Anda beruntung, Anda pun dapat menikmati sunset saat berkunjung ke wilayah Brown Canyon ini. Tak hanya itu, di musim hujan, air dapat menggenangi danau kecil di daerah ini sehingga memberikan nilai tambah keindahan panorama alam. Saat Anda berlibur ke Semarang, Brown Canyon ini wajib masuk ke dalam bucket list Anda.

Kampung Pelangi

          Kampung Pelangi

Ketika Anda melewati Pasar Bunga Kalisari di Semarang, mungkin perhatian Anda akan langsung tertarik dengan rumah-rumah yang dicat warna-warni di belakangnya. Pasalnya, menarik perhatian wisatawan seperti Anda adalah tujuan utama direnovasinya Kampung Kumuh Gunung Brintik atau yang saat ini dikenal sebagai Kampung Pelangi.

Dulunya, kampung ini merupakan kawasan kumuh yang dipenuhi dengan rumah-rumah reot. Namun, pemerintah kota Semarang tidak tinggal diam dan mewujudkan renovasi kampung ini agar menjadi indah dengan cat warna warni yang memukau. Tidak hanya masalah penampilan, perubahan ini pun dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup warga Kampung Gunung Brintik.

Benar saja, sejak saat itu, Kampung Pelangi pun menjadi tempat wisata wajib bagi para wisatawan lokal. Keindahan background warna warni menjadikan kampung ini banyak dikunjungi para wisatawan yang berburu selfie unik. Bahkan, kemunculan para pedagang di daerah Kampung Pelangi betul-betul meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Di awal kemunculannya dulu, Kampung Pelangi ini berhasil menarik perhatian media-media Internasional. Berbagai pemberitaan mengenai Kampung Pelangi semarang muncul di berbagai portal berita luar negeri. Kini, Kampung Pelangi masih eksis dengan keunikan dan keindahannya, menunggu untuk Anda kunjungi.

Lawang Sewu

             Lawang Sewu

Di antara tempat wisata yang masuk ke dalam list ini, Lawang Sewu merupakan tempat wisata yang lebih dulu populer. Lokasinya yang persis di dekat Tugu Muda sangat mudah ditemui dan diakses oleh orang-orang yang bahkan baru pertama kali datang ke Semarang.

Lawang Sewu memiliki arti seribu pintu, meskipun pada kenyataannya objek wisata ini hanya memiliki 342 pintu. Namun, jika Anda berkunjung, pintu-pintu yang ada memang sangat banyak sehingga tidak heran jika para penduduk menyebutnya sebagai Lawang sewu. Harga tiket masuknya sendiri sangat murah, yaitu Rp 10.000 saja untuk berkeliling di area wisata.

Kental dengan sejarah mistis, nyatanya Lawang Sewu tampil sebagai tempat wisata yang edukatif. Di dalamnya, terdapat banyak memorabilia jaman perang yang dapat menambah wawasan Anda. Selain itu, gaya bangunannya yang unik dan khas Eropa menjadikan Lawang Sewu tempat wisata selfie yang seru dan atraktif.

Dulunya, terdapat ruang bawah tanah yang dibuka untuk umum. Namun, saat ini, ruangan tersebut sudah ditutup karena alasan keamanan. Hal ini tentunya tidak mengurangi keindahan dan pesona yang dimiliki oleh Lawang Sewu. Masih banyak sudut yang bisa Anda eksplore untuk menikmati keindahan bangunan peninggalan Belanda ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here