Mudahnya Menumbuhkan Hobi Membaca pada Anak Lewat Trik Ini

0
554

Usia yang Tepat untuk Belajar Membaca

Sejatinya, ada dua pendapat berbeda mengenai hal ini. Pendapat yang pertama diungkapkan oleh seorang profesor pendidikan literasi bernama Bev Brenna. Profesor dari University of Saskatchewan, Kanada ini percaya bahwa tak ada batasan usia yang spesifik dalam mengajarkan anak untuk membaca.

Hanya saja, orang tua harus tetap mengatur jenjang program kapan anak harus belajar membaca secara matang. Sebab, Brenna menekankan bahwa belajar membaca prosesnya tidak terprogram secara alami seperti berbicara dan mendengarkan.

Sebagai lawan dari pendapat pertama, pendapat kedua yang disampaikan oleh Carol Leroy justru menegaskan bahwa anak harusnya mulai belajar membaca sejak usia enam tahun. Pendapat yang dilontarkan oleh direktur Reading and Language Center dari University of Alberta ini didasarkan atas fakta bahwa proses belajar membaca bersifat gradual alias pelan-pelan.

Ya, belajar membaca tidak bisa dipraktikkan secara tergesa-gesa. Prosesnya bahkan dimulai dari saat anak masih bayi lewat aktivitas mendongeng yang dilakukan oleh orang tua. Baru lambat laun, sedikit demi sedikit, anak mulai diajari membaca secara formal dengan metode yang disesuaikan dengan kemampuannya.

Leroy pun menambahkan bahwa jika anak tidak belajar membaca mulai usia enam tahun, dikhawatirkan anak akan minder ketika berada di kelas bersama teman-teman sebayanya. Pada usia enam tahun, rata-rata anak sudah bisa membaca, terutama di Indonesia. Sebab, anak usia enam tahun umumnya sudah hendak menginjak bangku kelas satu SD, di mana anak dituntut untuk sudah bisa membaca. Artikel Selanjutnya  tab 1/2/3/4 dibawah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here