Mudahnya Menumbuhkan Hobi Membaca pada Anak Lewat Trik Ini

0
554

Tips Mengajarkan Cara Membaca Pada Anak

Kebutuhan dan kemampuan setiap anak pastinya berbeda-beda, tak terkecuali dalam hal membaca. Meski sebelumnya telah disebutkan bahwa usia ideal untuk anak mulai belajar membaca adalah enam tahun, Anda wajib untuk tak memaksakan anak. Setidaknya, usahakan terlebih dahulu untuk menumbuhkan inisiatif dalam diri anak agar punya kemauan untuk belajar membaca.

Semisal anak Anda sudah diajari hingga bertahun-tahun tapi masih kesulitan untuk membaca dengan lancar, bisa jadi anak Anda menderita disleksia. Anak dengan disleksia akan sangat kesulitan untuk membaca, menulis, dan mengeja karena Ia punya kepekaan fonologi yang rendah.

Bila ada gejala-gejala seperti ini, Anda bisa mengkonsultasikan permasalahan anak Anda pada spesialis. Seandainya memang anak Anda ter-diagnosa disleksia, maka anak Anda harus diajari membaca dengan metode khusus seperti lewat metode Orton Gillingham.

Namun jika tak ada masalah pada proses belajar membaca anak Anda, Anda bisa mengaplikasikan metode Fonetis atau metode Glen Doman. Metode Fonetis terlebih dahulu mengandalkan pengenalan bentuk, bunyi, dan kombinasi huruf alfabet pada anak. Sedangkan metode Glen Doman justru mendahulukan pengenalan macam-macam kata pada anak.

Di sekolah-sekolah, metode Fonetis tentunya menjadi metode yang utama dan kerap diajarkan pada para murid. Nah, maka Anda sebagai orang tua bisa mengajarkan metode Glen Doman pada buah hati Anda di rumah. Gunanya agar anak bisa cepat mengerti macam-macam huruf dan kata dalam suatu bahasa.

Tapi kembali lagi pada poin terpenting yakni jangan memaksakan anak untuk terus-terusan belajar membaca. Jika anak sudah mulai lelah dan mulai meminta untuk berhenti sejenak, maka turutilah. Ini agar aktivitas mengenal huruf dan kata alias belajar membaca tak menjadi momok yang menakutkan bagi anak Anda.

Trik Agar Anak Betah Membaca

Sudah bukan sebuah rahasia lagi kalau sifat dasar anak-anak adalah tidak bisa diam alias selalu aktif. Maka tidak mengejutkan kalau anak-anak sulit sekali diajak untuk membaca dalam waktu yang berlarut-larut. Kemungkinan besar anak hanya akan betah membaca atau bahkan dibacakan buku selama beberapa menit saja. lebih dari itu, bisa-bisa anak malah merengek untuk melakukan hal lain saja.

Jadi, bagaimana agar anak tidak gampang bosan ketika disuruh membaca? Apakah ada trik khusus agar anak tidak mudah rewel dan membenci kegiatan membaca? Ternyata ada kok! Trik khusus ini pun tidak memerlukan keahlian tersendiri untuk bisa dieksekusi oleh para orang tua.

Yang pertama, berikan contoh pada anak agar kerap giat membaca. Jangan hanya menyuruh anak untuk membaca melainkan damping pula anak saat Ia tengah membaca. Aktivitas membaca bersama dipastikan akan membuat anak senang dan tak merasa ‘sendirian’ kala membaca buku, terutama ketika Ia masih belum bisa membaca dengan lancar.

Akan semakin baik bila buku yang dibaca bersama adalah buku yang disertai ilustrasi gambar anak-anak. Hal ini untuk membantu anak mendapatkan gambaran mengenai cerita yang ia baca.

Ketika membacakan buku, Anda juga bisa membaca tiap bagian dengan ekspresi dan suara tertentu agar anak terhibur serta belajar mengenai berbagai jenis suara baru. Contohnya, ketika di dalam cerita ada karakter seekor monyet, maka berusahalah untuk menirukan ekspresi, gaya, dan suara yang dihasilkan oleh seekor monyet.

Selesai membaca, Anda bisa berkomunikasi dengan anak lewat memberi pertanyaan seputar cerita yang telah dibaca tadi. Hal ini untuk merangsang daya fokus dan daya pemahaman anak terhadap cerita.

Anda dapat bertanya pula soal opini anak terhadap cerita tersebut. Barangkali Ia merasa ada bagian cerita yang janggal atau ada bagian tertentu yang paling Ia sukai di antara bagian cerita yang lainnya. Dengan begini, kegiatan membaca tidak hanya menjadi kegiatan yang bersifat satu arah namun menjadi kegiatan interaktif yang menyenangkan antara anak dan orang tua.  Artikel Selanjutnya  tab 1/2/3/4 dibawah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here