Perlu Rekomendasi Wisata Indonesia yang Tidak Mengecewakan? Ini Jawabannya!

0
189

Liburan adalah cara paling ampuh untuk melepaskan penat dan stres akibat rutinitas padat dan menumpuk. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri atau menghabiskan uang untuk mengunjungi pusat perbelanjaan mahal, sebab di Indonesia sendiri sudah banyak sekali destinasi wisata yang menarik yang patut Anda jelajahi. Dari mulai wisata pegunungan, laut, danau, hutan, dan masih banyak lagi.

Semua keindahan yang mampu menyegarkan mata bisa Anda temukan di Negeri Zamrud Katulistiwa kita ini. Beberapa lokasi wisata di Indonesia bahkan telah diakui oleh dunia, seperti pulau Raja Ampat di Papua, taman laut Bunaken, tempat wisata di Dieng, dan masih banyak destinasi wisata lainnya yang menarik dan tidak mengecewakan untuk dikunjungi.

Potensi wisata yang ada di seluruh Indonesia tidak hanya dimiliki oleh kawasan yang sudah jelas terkenal, namun banyak sekali wisata tersembunyi yang tidak diketahui keindahannya dan memiliki potensi yang menakjubkan. Dari Sabang sampai Merauke, ada daftar tempat destinasi wisata yang cocok Anda kunjungi dan dijamin tidak mengecewakan. Simak penjelasan berikut ini.

Rekomendasi Wisata Indonesia yang Tidak Mengecewakan

Pantai Sumur Tiga di Sabang

Kita mulai menjelajah dari ujung paling barat di Indonesia, yaitu Sabang. Di Sabang ada tempat wisata menarik dan bisa Anda kunjungi yaitu pantai sumur tiga yang terletak di kota Sabang, provinsi Aceh. Pantai sumur tiga mempunyai pasir putih dan memiliki garis pantai yang panjang, warna air lautnya biru muda dilengkapi dengan pepohonan kelapa tersebar disepanjang pantai.

Banyak yang menyebut pantai sumur tiga ini dengan sebutan Hawai-nya Sabang karena keindahannya tak kalah dengan pantai Hawai yang ada di luar negeri. Selain bisa menikmati dengan berselancar, juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkling. Anda juga bisa menginap di penginapan di sekitar pantai. Menarik sekali bukan?

Danau Toba di Sumatra Utara

Danau Toba terdengar tidak asing lagi di telinga kita bukan? Berawal dari legenda ikan mas yang ditemukan oleh ayah Samosir menjadikan Danau Toba terkenal hingga penjuru negeri. Selain itu, keindahan Danau Toba dengan Pulau Samosir ditengahnya berhasil menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya bahkan hingga wisatawan internasional.

Danau Toba merupakan danau raksasa yang terbentuk akibat meletusnya gung berapi. Danau ini memiliki 100 km panjangnya dan 30 km lebarnya. Danau Toba ini juga disebut danau vulkanik terindah yang ada di Indonesia. Selain wisata danau, pengunjung juga bisa menikmati kawasan hutan pinus di sekitar danau dan menikmati pemandian air hangat bahkan ada air terjun di sekitar hutan pinus.

Di pulau Samosir ternyata ada 2 desa wisata yaitu Tomok dan Tuktuk. Anda bisa mengunjungi museum batak, makam Raja Sidabuntar, dan melihat pertunjukkan boneka sigale-gale. Jika Anda ingin bermalam di pulau Samosir, ada banyak penginapan murah di desa Tuktuk. Lengkap bukan?

Danau We’ekuri di NTT

Danau We’ekuri yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di daerah Sumba Barat masih terbilang surga yang tersembunyi, karena masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Kawasan danau ini terbilang cantik, karena keindahannya memiliki air yang sangat jernih hingga berwarna biru bening. Jika Anda mencoba berkunjung ke danau ini, maka akan terlihat dasar danau yang bersih.

Ngarai Sianok di Bukit Tinggi

Bukit Tinggi merupakan sebuah kota dengan relief alam berbukit-bukit. Kota Bukit Tinggi ini memiliki banyak daerah wisata yang cantik, salah satunya Ngarai Sianok. Ngarai sianok adalah sebuah lembah sempit ditambah dengan bukit-bukit lebih curam disekelilingnya. Di tengah lembah ada aliran sungai kecil yang menjadikan pemandangan lebih menakjubkan.

Selain bisa bersepeda, berjalan-jalan ringan, atau trekking, Anda bisa menikmati keindahan Ngarai Sianok hanya dengan berdiam diri. Dengan ketenangan yang disajikan, ini menjadikan wisata tersebut disebut Lembah Pendiam. Menarik sekali bukan?

Pulau Karampuang di Sulawesi Barat

Sebagai salah satu destinasi wisata bahari, Indonesia memiliki keindahan yang tidak bisa dilewatkan. Pulau Karampuang yang dalam arti bahasa sumatra barat adalah bulan ini memang sangat cantik. Air lautnya pun dikatakan sangat bening dan bersih. Tempat ini juga bisa dijadikan tempat diving karena keindahan dan kebersihannya.

Pulau Karampuang termasuk kedalam kawasan desa Karampuang, Mamuju. Dan untuk menuju lokasi ini mempunyai akses yang mudah. Pulau ini termasuk pulau vulkanik karena lokasinya yang berbukit-bukit. Hal ini yang menjadikan destinasi wisata menyenangkan karena bisa mendaki salah satu bukit yang ada di pulau Karampuang.

Jika Anda berhasil menaiki bukit tersebut akan mendapati keindahan menakjubkan dan tidak mengecewakan. Banyak sekali lokasi untuk menikmati sunset yang indah dari bukit-bukit yang ada di pulau ini.

Sungai Kampar di Riau

Apakah Anda tahu bahwa surfing bisa dilakukan di sungai? Selama ini yang kita tahu, kegiatan surfing atau berselancar hanya dilakukan di pantai dengan ombak yang besar. Namun berbeda jika Anda pergi ke Riau tepatnya sungai Kampar. Di sungai Kampar terkenal ada ombak bono yang bisa mencapai tinggi 6 meter, sehingga bisa dimanfaatkan untuk olahraga selancar.

Sungai ini terletak di Teluk Meranti, kabupaten Palawan, Riau. Banyak peselancar Indonesia maupun mancanegara yang rela jauh-jauh hanya untuk berselancar di sungai Kampar. Bagaimana? Ingin menguji adrenalin di sini?

Pulau Maratua di Kalimantan Timur

Lokasi Pulau Maratua ini tepatnya mask ke dalam daerah Berau. Jika Anda termasuk penikmat pantai, maka tempat ini wajib Anda kunjungi karena memiliki keindahan pesona alam yang memukau. Keindahan alam yang dimiliki pulau ini salah satunya adalah keindahan alam bawah laut dengan banyak terumbu karang yang mempesona.

Perlu Anda ketahui bahwa terumbu karang di pulau Maratua ini memiliki terumbu karang terbaik di Indonesia. Jadi ini tidak akan mengecewakan jika melihat keindahan alamnya. Untuk menuju pulau ini, bisa melalui Pelabuhan Redeb dengan menelusuri sungai kelay atau bisa melewati Tanjung Batu tetapi hanya bisa melayani penumpang dengan jumlah sedikit.

Anambas di Riau

Anambas merupakan destinasi wisata seperti halnya Raja Ampat yang pernah dianugerahi sebagai kepulauan tropis terbaik di Sia versi CNN pada tahun 2013. Anambas menyimpan begitu banyak keindahan yang belum tersentuh oleh manusia. Pasir putih yang lembut dengan laut biru bening ditambah terumbu karang yang cantik dijamin akan menyihir siapa pun yang berkunjung kesini. Hebat bukan?

Candi Muaro Jambi di Jambi

Selain candi Prambanan dan candi Borobudur yang terkenal di Indonesia, ternyata di tanah Jambi ada kompleks candi Hindu-Budha terbesar di Indonesia. Tempat bersejarah ini merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu yang diperkirakan sudah ada sejak abad 11 Masehi. Tempat yang menarik juga kaya akan sejarah telah diresmikan sebagai Kawasan Wisata Sejarah Terpadu (KWST)

Diresmikannya candi Muaro ini dilaksanakan pada tahun 2012 oleh mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tidak hanya dikunjungi wisatawan domestik, beberapa tahun terakhir ini  wisata candi Muaro dikunjungi oleh beberapa turis asing. Turis asing berdatangan karena ingin menyaksikan langsung tempat yang dulu pernah dijadikan pusat peribadahan agama Budha Tantri Mahayana.

Taman Nasional Way Kambas di Lampung

Selain terkenal dengan kopinya yang harum, Lampung memiliki penangkaran gajah di Taman Nasional Way Kambas. Taman ini terletak di kecamatan Labuhan Timur, Lampung. Taman wisata yang dikelola oleh kementerian perhutananini telah dibangun pada tahun 1985 dan menjadi sekolah gajah pertama di Indonesia.

Selain menjadi tempat pelatihan gajah dan konservasi, di Taman Nasional Way Kambas ini juga terdapat International Rhino Foudation yang berfungsi untuk tempat penangkaran badak dari kepunahan. Unik bukan?

Pulau Peucang di Banten

Di penghujung Pulau Jawa, terdapat sebuah wisata menarik yang wajib dikunjungi. Pulau Peucang terletak persis di sebelah timur dari Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau Peucang memiliki keindahan yang sangat memesona dan menjadi situs warisan budaya UNESCO. Di pulau ini Anda bisa menjumpai aneka flora dan fauna ciri khas Banten seperti banteng Jawa, rusa, merak hijau, lutung, dan sebagainya.

Kawah Putih di Bandung

Di Bandung ada banyak sekali tempat wisata dengan pemandangan memesona yang wajib dikunjungi, salah satunya yaitu kawah putih. Kawah ini terletak di Ciwidey, Bandung. Objek wisata ini merupakan sebuah danau vulkanis yang dihasilkan oleh letusan Gunung Patuha. Tanah di kawasan destinasi wisata ini seluruhnya berwarna putih karena tercampur dengan unsur belerang.

Warna danau ini juga bisa berubah akibat perubahan kadar belerang, suhu, serta iklim. Danau ini berada pada ketinggian 2.400 dpl, sehingga cuacanya terbilang cukup dingin. Jika akan mengunjungi tempat ini disarankan memakai jaket tebal agar dapat menikmati keindahan dengan aman.

Kepulauan Karimun Jawa di Jepara

Pulau Karimun Jawa terletak di kabupaten Jepara, provinsi Jawa Tengah tepatnya dibagian utara pulau Jawa. Tempat wisata ini memiliki 90 jenis karang lau dan 240 lebih spesies ikan yang sangat cantik. Selain itu, ada hutan mangrove dan ada satwa khas yaitu kera, rusa, penyu, beragam spesies burung, dan masih ada banyak satwa lainnya.

Pulau Karimun Jawa ini dijuluki Pulau Karibia-nya Jawa karena memiliki beragam satwa dan dibalut dengan pemandangan indah. Pengunjung wisata ini juga beragam, ada pengunjung lokal, luar jawa, bahkan mancanegara.

Pantai Siung di Yogyakarta

Selain terkenal akan sejarah, budaya, dan kulinernya, Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata yang cantik tak kalah dengan keindahan di luar negeri. Salah satunya Pantai Siung yang terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini memiliki keindahan yang memesona dan sangat memikat. Tidak hanya pasir putih dan laut yang indah, suasananya juga sangat tenang.

Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran. Perjalanan yang ditempuh memakan waktu 2 jam dari pusat kota Jogja, melewati perbukitan. Namun perjalanan yang melelahkan akan dibayar lunas dengan pemandangan yang memesona.

Nusa Dua di Bali

Pulau Bali sudah sangat terkenal keindahannya dengan sebutan Pulau Seribu Dewa. Pesonanya yang luar biasa indah mampu menarik wisatawan Indonesia maupun luar negeri ikut berbondong-bong menikmati keindahan yang cantik. Salah satu destinasi wisatanya yaitu Nusa Dua, dengan pasir putih yang lembut dan air lautnya yang berwarna biru jernih.

Selain bisa berselancar juga tersedia fasilitas seperti penginapan, resort kelas internasional, restoran, pusat perbelanjaan, dan fasilitas-fasilitas lain yang menarik. Anda tertarik?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here