Sedang di Arab? Berikut Destinasi Arab Saudi yang Wajib Dikunjungi!

0
188
Sedang di Arab- Berikut 15 Destinasi Arab Saudi yang Wajib Dikunjungi

Saat mendengar negara Arab Saudi, tentunya ada beberapa hal yang muncul di benak seseorang. Yang pertama kali muncul kemungkinan ada dua hal yakni ibadah haji/umroh dan gurun pasir. Hal ini dikarenakan dua hal ini sudah dikenal oleh hampir semua orang di dunia secara umumnya.
Terlebih bagi negara yang mayoritas penduduknya Islam seperti Indonesia. Tentunya pergi ke Arab Saudi sudah menjadi sebuah harapan atau cita-cita yang mulia. Tentu hal pertama yang menjadi tujuan adalah ibadah. Walau di balik tempat suci yang menjadi kiblat ibadah umat muslim di seluruh dunia itu, sebenarnya Arab Saudi juga memiliki banyak wisata menarik.
Tentunya hal ini bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang ingin melakukan wisata luar negeri yang menarik sekaligus menyempurnakan ibadah Anda. Karena negara yang satu ini memiliki warisan alam yang luar biasa indahnya.
Bagi Anda yang ingin tahu apa saja wisata yang bisa didatangi saat berada di Arab Saudi, simak ulasan sebagai berikut ini. Dengan demikian saat Anda melaksanakan ibadah haji atau umroh, Anda tak perlu bingung lagi.

Berbagai Destinasi Wisata Religi di Arab Saudi

Masjidil Haram

masjidil haram

Tempat pertama yang tentu ingin Anda kunjungi adalah Masjidil Haram. Tempat ini selain menjadi lokasi untuk melakukan ibadah haji dan umrah, juga memiliki potensi wisata. Sehingga Masjidil Haram juga merupakan daya tarik yang amat menawan hati para wisatawan dunia.
Masjid yang letaknya berada di Kota Mekkah ini merupakan tempat tersuci bagi umat Islam di seluruh dunia dan tentunya amat berharga bagi umat muslim. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka’bah yang menjadi arah kiblat bagi seluruh umat Islam saat beribadah shalat dan berdoa.
Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa masjid ini merupakan masjid terbesar di dunia. Bahkan saking banyaknya orang yang haji dan umrah, tempat ini tidak pernah sepi. Jutaan umat muslim datang ke masjid ini untuk beribadah setiap tahun dan menurut sebuah hadits, apabila seorang Muslim melakukan satu kali salat di masjid ini, maka pahalanya setara dengan melakukan 100.000 salat di masjid lain.

Masjid Nabawi

Masjid Nabawi

Masjid berharga bagi Arab Saudi dan umat islam di seluruh dunia berikutnya yaitu Masjid Nabawi. Masjid yang letaknya di Kota Madinah ini dibangun oleh Nabi Muhammad dan menjadi masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram.
Menurut hadits, apabila umat Muslim mengerjakan satu kali salat di masjid ini, pahalanya lebih besar dari seribu kali salat di masjid lain sehingga tak heran umat muslim berbondong-bondong beribadah shalat di tempat ini. Salah satu bagian Masjid Nabawi yang terkenal adalah Raudlah atau taman surga yang letaknya di antara mimbar dan makam (dulunya merupakan rumah) Nabi Muhammad.

Kota Al-‘Ula

Kota Al-‘Ula
Kota Al-‘Ula

Tempat wisata yang berikutnya yaitu tempat wisata yang terletak di barat laut Arab Saudi, Kota Al-‘Ula. Kota yang satu ini merupakan sebuah situs kuno yang pernah menjadi pusat perdagangan dan diperkirakan sudah berumur lebih dari 2.000 tahun. Sehingga tentu memiliki nilai sejarah yang tinggi dan sayang untuk Anda lewatkan.

Gua Hira

Gua Hira

Tempat wisata di Arab Saudi berikutnya yaitu Gua Hira. Tempat wisata yang satu ini terletak di Jabal Nur yang jaraknya sekitar dua mil dari Makkah. Tempat ini merupakan tempat di mana Nabi Muhammad SAW pertama menerima wahyu dari Allah melalui Malaikat Jibril sehingga tentu amat berharga bagi umat muslim.

Gunung Uhud

Gunung Uhud

Tempat wisata yang berikutnya yaitu Gunung yang berada di sebelah utara Madinah. Gunung Uhud ini memiliki ketinggian sekitar 1.077 meter dan dulunya merupakan lokasi pertempuran antara kaum Muslim dan pasukan Mekah.
Menurut sejarah, pertempuran yang disebut sebagai Pertempuran Uhud ini terjadi pada tanggal 23 Maret 526 M. Tempat ini tentunya sayang untuk Anda lewatkan karena memiliki sejarah unik yang wajib Anda ketahui. Tempat inilah merupakan saksi peperangan antara pasukan Mekkah dan Muslim yang bisa Anda pelajari hikmahnya.
Terlebih, tempat wisata yang satu ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah. Hal ini dikarenakan Gunung Uhud merupakan gunung yang paling tinggi dan besar di Madinah dan di kaki gunungnya terdapat beberapa makam para syuhada, salah satunya Hamzah bin Abdul-Muththalib.

Masjid Quba

Masjid Quba

Masjid yang bisa Anda datangi saat berwisata ke Arab Saudi berikutnya yaitu Masjid Quba. Masjid yang satu ini merupakan salah satu masjid tertua di dunia dan juga didirikan oleh Nabi Muhammad dan para sahabatnya.
Menurut hadits, dengan melakukan salat sunah dua rakaat di masjid yang terletak di Madinah ini maka pahala yang didapatkan seorang Muslim setara dengan pahala ibadah Umrah sehingga tentu sangat sayang untuk Anda lewatkan.

Madain Shaleh

Madain Shaleh

Tempat wisata berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan ketika melakukan wisata ke Arab Saudi adalah Madain Saleh. Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah kota tua, yang berada di sebelah utara Madinah dan merupakan salah satu World Heritage Site situs warisan dunia.
Tempatnya berada memiliki keindahan dan nilai seni di dalamnya mengandung makna yang sangat berharga yang perlu Anda tahu. Bahkan menurut sejarah, kono ada beberapa batu peninggalan Nabi saleh di tempat ini. Sehingga di lokasi ini selain Anda disuguhkan sebuah bangunan kota tua yang indah juga bisa menyaksikan nilai sejarah yang begitu mendalam.
Madain Shaleh sendiri terletak di sebelah utara Hejaz, sekitar 25 kilometer dari Kota Al-‘Ula dan konon sekitar 3000 tahun sebelum Masehi, kota ini dihuni oleh Kaum Tsamud dan Nabatea yang hidup di antara jaman Nabi Musa dan Nabi Nuh. Sehingga di kota dengan luas 4.010 hektar ini terdapat sebanyak 131 monumen pemakaman dari batu yang merupakan sisa-sisa peradaban Nabatean.

Jabal al-Lawz

Jabal al-Lawz

Tempat wisata berikutnya yang bisa Anda datangi yaitu Jabal al-Lawz. Tempat yang berarti gunung almond ini merupakan sebuah gunung yang ada di barat laut Arab Saudi yang ketinggian 2.580 di atas permukaan laut. Di sini Anda bisa menyaksikan flora dan fauna khas Arab Saudi yang tentunya sangat unik, dan di area tersebut kalau musim dingin terdapat salju yang sangat dingin.

Junnat al-Baqi

Junnat al-Baqi

Tempat wisata yang bisa Anda datangi selanjutnya yaitu Junnat al-Baqi. Tempat ini merupakan sebuah pemakaman yang terletak di Madinah, dan di sini terbaring para kerabat dan sahabat Nabi Muhammad. Tempat ini bisa Anda datangi sekaligus saat Anda berada di Masjid Nabawi.

Jabal Magnet

Jabal Magnet

Wisata berikutnya yang terkenal dari Arab Saudi yaitu Jabal Magnet. Tempat ini sangat terkenal lantaran adanya “atraksi pariwisata” atau fenomena langka yakni “pertentangan gravitasi”. Dengan adanya hal tersebut maka tak heran para wisatawan sangat menyukai tempat ini.
Bahkan tempat ini juga sangat bebas karena terletak di luar daerah haram, sehingga bebas untuk dikunjungi warga non muslim sekalipun. Kawasan perbukitan yang ada di sini konon memiliki daya dorong sehingga saat Anda mengunjungi tempat ini dengan membawa mobil dan membuat persneling mobil Anda dalam keadaan netral maka mobil akan tertarik atau bergerak sendiri.
Bahkan konon mobil akan berjalan sendirinya dan semakin lama akan melaju semakin cepat. Bahkan ada yang berkata bahwa mobil bisa melaju melebihi 120 kilometer per jam, sehingga Anda harus hati-hati.

Pasar Bab Mekkah

Pasar Bab Mekkah

Tempat wisata berikutnya yang bisa Anda kunjungi yaitu Pasar Bab Mekkah. Di tempat ini Anda bisa membeli suvenir atau sekadar barang khas Arab Saudiuntuk dibawa pulang. Pas Bab Mekah adalah salah satu pasar tradisional yang bisa Anda kunjungi dan terletak di Suhaifa.
Pasar ini dibuka setiap pagi kemudian tutup saat menjelang Dzuhur dan merupakan salah satu lokasi favorit para wisatawan karena barang-barang yang dijual lengkap dan terbilang murah apabila dibandingkan dengan pasar atau pusat perbelanjaan di tempat lain.

Pasar Kurma Madinah

Pasar Kurma Madinah

Tempat wisata belanja yang bisa Anda datangi berikutnya yaitu Pasar Kurma Madinah. Konon di pasar ini memiliki produk yang terbilang mahal, tetapi memiliki koleksi kurma yang sangat lengkap.
Jadi bagi Anda yang mencari kurma sebagai olah-olah, tak ada salahnya datang ke Pasar Kurma Madinah. Pasar ini menjual berbagai jenis kurma yang harganya juga bervariasi, mulai dari 30 Riyal hingga 90 Riyal dan bahkan ada juga berbagai macam biskuit yang terbuat dari bahan dasar kurma.
Pasar yang menjual buah yang sudah menjadi ciri khas Arab Saudi ini dibuka sejak pukul 07.00 dan tutup pada pukul 23.00 pada musim haji. Sehingga Anda tak perlu bingung lagi untuk mencari kurma terbaik sebagai buah tangan. Anda bisa menjumpai beragam jenis kurma dengan rasa yang bervariasi dan bahkan bisa menikmati kurma secara langsung atau membungkusnya.

Pasar Zakfariah

Pasar Zakfariah

Pasar selanjutnya atau lokasi wisata belanja selanjutnya yaitu Pasar Zakarifah. Pasar yang satu ini sangat menarik sehingga cocok untuk dijadikan lokasi wisata di Arab Saudi karena hanya berjarak satu kilometer saja dari Masjidil Haram.
Pasar ini juga sangat berbeda dengan pasar lain di Arab saudi. Misal, jika pasar sebelumnya menjualkan beragam kurma, dan olahan makanan berbahan dasar kurma maka di pasar yang satu ini Anda akan disuguhkan dengan berbagai barang-barang elektronik, perhiasan emas, dan keperluan ibadah sederhana yang tentu sayang untuk dilewatkan.
Bahkan yang lebih unik lagi, di pasar yang satu banyak pedagang yang bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Sehingga bagi Anda wisatawan Indonesia yang tidak fasih berbahasa Arab bisa berkomunikasi dengan masyarakat setempat dengan mudah untuk melakukan transaksi dan tawar-menawar.

Jembatan Jamarat

Jembatan Jamarat

Lokasi wisata berikutnya yang tak kalah menarik untuk didatangi saat berada di Arab Saudi yaitu Jembatan Jamarat. Tempat ini tidak berada dalam wilayah Haram sehingga hanya diperbolehkan bagi mereka yang beragam non Muslim.
Jembatan Jamarat merupakan jembatan yang memiliki hubungan dengan pusat pelemparan jumrah dan didirikan dengan tujuan supaya jemaah haji bisa keluar dan masuk tempat pelemparan jumrah dengan mudah karena mampu menampung banyak orang. Bahkan konon katanya bisa menampung hingga lima juta orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here