10 Hal yang Membuat Turis Asing Betah Liburan di Indonesia Bahkan Mengunjunginya Lagi

0
282

Negara Indonesia masih menjadi salah satu negara favorit bagi para pelancong dari luar negeri. Tidak tanggung-tanggung ada yang menetap dan bertempat tinggal di negara kita. Hal ini tidak mengherankan, karena Indonesia kaya akan indahnya alam dan penduduknya terkenal ramah-ramah.

Banyaknya turis yang datang berlibur ke Indonesia karena tingkat keingintahuan warga asing terhadap kebudayaan Indonesia terbilang tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan penduduk Indonesia itu sendiri. Hal ini resmi dikatakan oleh Yekti Kusmartono perwakilan dari Indonesia Heritage Society, saat ditemui usai presentasi Mustika Ratu.

Indonesia Heritage Society merupakan organisasi sosial berupa yayasan warisan Indonesia yang menawarkan setiap orang untuk mendalami lebih jauh mengenai kekayaan warisan budaya di Indonesia. Cerol seorang warga New Zaeland mengaku sangat ingin mempelajari dan mengetahui keunikan kebudayaan yang ada diseluruh pelosok Indonesia.

Selain Cerol dari New Zaeland, ada Yasuko Owada Stone warga negara Jepang yang telah mengakui bahwa dia mulai jatuh cinta dengan perawatan di Indonesia yang berbahan tradisional. Warga asing jika sudah bertanya tentang tradisional memang selalu detail. Sehingga tidak heran banyak sekali wisatawan luar negeri yang berlibur ke Indonesia.

Namun ada beberapa alasan unik dari beberapa pelancong luar negeri yang mendasari Indonesia sebagai tujuan berlibur seperti mendapatkan pasangan, tertarik dengan peraturan di Indonesia, dan alasan-alasan unik lainnya. Berikut ini, kita akan membahas mengapa orang luar negeri lebih memilih Indonesia sebagai tempat berlibur dan menjadikannya tempat tinggal.

Indonesia Memiliki Keindahan Alam Alami dan Menakjubkan

Indonesia telah dikenal memiliki berbagai obyek wisata yang indah dan alami bila dibandingkan dengan negara lain. Bahkan dunia telah mengakui keindahan dan kekayaan budayanya. Hal ini menjadi alasan mendasar mengapa turis asing menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata terfavorit.

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan cuaca tropis yang jarang ditemui oleh turis asing di negaranya, sehingga semakin memperkuat keputusan para turis untuk menghabiskan waktu berlibur di Indonesia. Di Indonesia terkenal pantai dengan best diving spot dan best surfing spot.

Ada banyak destinasi wisata yang tersaji di penjuru Indonesia seperti pantai, danau, gunung, gua, sungai, air terjun, hutan, dasar laut yang mengagumkan. Semuanya tersaji di negara Indonesia dan para pelancong sangat menyukai wisata menantang, sehingga memilih Indonesia sebagai tujuan wisatanya. Hampir semua keindahan alam di Indonesia terbentuk secara alami dan kelestariannya masih terjaga.

Bagi para pelancong yang menyukai selancar atau surfing bisa memilih pantai yang mereka sukai, mulai dari pantai Kute, Sanur, dan masih banyak pantai lainnya yang menyajikan surfing. Jika dibandingkan dengan negara Singapura, Indonesia menjadi pilihan utama karena tempat berselancar di Singapura hanya ada di pulau Sentosa itupun dengan ombak buatan sehingga kurang menantang.

Aktifitas Apapun Berjalan Lancar Karena Cuaca Bersahabat

Indonesia memiliki iklim tropis dengan dua musim yaitu musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Sinar matahari masih dapat dinikmati sepanjang tahun meskipun di musim hujan sekalipun.

Hal yang menjadi alasan bagi para pelancong luar negeri memilih negara Indonesia sebagai tempat berwisata, mereka kebanyakan berasal dari negara yang memiliki musim dingin dan ingin mencoba menikmati hidup tanpa melewati musim dingin.

Para turis asing beralasan bahwa musim dingin sangat membatasi aktivitas mereka dan merepotkan memilih pakaian sesuka hati mereka. Jika di Indonesia, turis asing bebas memilih pakaian tanpa takut adanya cuaca musim dingin. Di negara asalnya, turis asing kesulitan mendapatkan sinar matahari yang terus bersinar. Berbeda dengan Indonesia, matahari setiap hari muncul bahkan di musim penghujan.

Keramahan Orang Indonesia

Penduduk di Indonesia sangat terkenal dengan keramahannya dan murah senyum. Hal ini yang menjadikan alasan selanjutnya para turis asing senang dan betah mengunjungi Indonesia. Sifat keramahtamahan orang Indonesia memang telah diwariskan secara turun temurun dimulai dari jaman nenek moyang kita dahulu.

Para turis asing yang berlibur ke Indonesia merasa lebih dihargai dengan keramahtamahan dan murah senyumnya orang Indonesia. Berbeda dengan negara lain yang masyarakatnya cenderung lebih cuek, jika kehadiran wisatawan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa, sejutek-juteknya orang Indonesia tetap masih bisa menyapa dan tersenyum hingga bersalaman setiap bertemu orang lain.

Selain itu, penduduk Indonesia akan membantu dengan senang hati jika dimintai bantuan turis asing yang kadang tersesat atau untuk mengantarkan hingga ke tempat tujuan.

Keragaman Kuliner yang Diburu Penikmat Kuliner

Alasan selanjutnya yang membuat para turis senang berlibur ke Indonesia adalah makanan atau kuliner. Indonesia sangat kaya akan wisata kuliner, berbagai daerah bahkan hingga pelosok negeri pasti memiliki makanan khas masing-masing, dan tentunya semuanya sangat menggugah selera bagi para penikmatnya.

Banyak para turis asing yang terlanjur sangat menyukai masakan Indonesia hingga akhirnya menetap dalam waktu yang lama karena beragamnya citra rasa makanan yang ada. Mulai dari gudeg, rendang, ayam betutu, soto ayam, nasi goreng, bakso, hingga kue putu ayu menjadi makanan favorit para turis asing yang berada di Indonesia.

Tinggi Toleransi Terhadap Perbedaan

Indonesia telah dikenal sebagai negara yang penuh toleransi terhadap perbedaan. Banyak negara lain yang masih meributkan masalah rasis, ras, agama, maupun kasta, di Indonesia tidak akan ditemui kondisi seperti itu. Meski negara Indonesia terdiri dari bermacam suku dan budaya, masyarakat Indonesia telah terikat dengan persatuan.

Hal tersebutlah yang menjadi daya tarik turis asing untuk mengunjungi Indonesia, mereka menganggap hal ini terlihat eksotik. Dibalik banyak perbedaan, bangsa Indonesia saling melengkapi dan memperkaya keunikan Indonesia. Sehingga akan membuat ciri khas bagi bangsa Indonesia.

Biaya Hidup yang Terjangkau

Para turis asing ada yang menganggap biaya hidup di Indonesia lebih murah dibandingkan negara lain di Asia Tenggara. Meski dapat dikatakan biaya wisata di Indonesia lebih mahal dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, maupun Thailand. Namun negara Indonesia memiliki biaya hidup lebih murah bagi para turis, sehingga Indonesia masih menjadi destinasi favorit untuk dikunjungi.

Harga makanan, pakaian, barang-barang, hingga kebutuhan lain seperti sewa kendaraan, bahkan tempat tinggal seperti hotel masih dianggap murah dari negara lain di Asia Tenggara. Ditambah lagi dengan nilai tukar rupiah yang rendah dibandingkan dollar sehingga para turis asing senang dan betah berada di Indonesia.

Berlibur dan Mencari Pasangan Lebih Muda

Selain tujuan berlibur menikmati wisata alam di Indonesia, turis asing juga ada yang mempunyai tujuan lain. Mencari jodoh atau pasangan adalah salah satu contoh tujuan turis asing, memang terdengar konyol namun memang ini yang terjadi. Seperti yang kita ketahui bahwa pada umumnya negara-negara di Eropa dan Amerika, masyarakatnya kurang memperhatikan dalam urusan rumah tangga.

Masyarakat di Eropa dan Amerika disibukkan dengan pekerjaan dan mengejar karier bahkan hingga lupa bahwa mereka semakin tua dan belum memiliki keturunan. Tidak heran jika disana lebih banyak penduduk usia tua dibanding penduduk usia produktif. Berbeda dengan kondisi di Indonesia, yang masih memiliki banyak jiwa muda aktif dan energik.

Hal tersebut yang menjadikan beberapa turis asing berumur tua, berlibur ke Indonesia dengan tujuan mencari pasangan yang lebih muda, dan tak jarang banyak warga Indonesia yang mau menjadi pasangan para turis tersebut.

Tidak Teraturnya Indonesia

Ketidakteraturan di Indonesia justru menjadi daya tarik para turis asing mengunjungi Indonesia. Di negara asal mereka, para turis sudah terbiasa dengan serba teratur, disiplin, dan ketat. Mulai dari pemberangkatan bus, nonton konser, nonton bola, rapat, dilarang membuang sampah, maupun kegiatan lainnya yang selalu teratur dan tepat waktu. Berbeda dengan Indonesia, yang belum terbiasa dengan keteraturan dan kedisiplinan.

Para turis mengunjungi Indonesia karena ingin melepas penat setelah kegiatan mereka, dengan semua keteraturan yang membuat mereka bosan dan terbelenggu. Sehingga mencoba hal baru tanpa harus terikat peraturan menjadi salah satu yang daya tarik para turis.

Kekonyolan yang ada di Indonesia

Para turis luar negeri sangat menyukai hal-hal aneh dan konyol yang berada di Indonesia. Meski menurut kita hal tersebut biasa namun berbeda dengan tanggapan turis asing yang menganggap beberapa kegiatan konyol dan aneh.

Hal konyol tersebut seperti naik motor berboncengan lebih dari 2 orang, adanya pengemis, topeng monyet, sering mati lampu, tukang ojek, sering mati lampu, hingga jadwal penerbangan yang tiba-tiba delay. Para turis asing menganggap kejadian itu semua kekonyolan yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Mereka menyukainya karena membuat hidup mereka tidak monoton.

Pelayanan Lebih Efisien Dibanding Negara Lain

Para turis asing senang berlibur ke Indonesia karena pelayanan umum disini bisa lebih efisien dibanding negara lain. Dengan sedikit membayar lebih maka urusan menjadi lebih cepat selesai. Tidak tahu apakah ini pujian bagi negara kita ataukah sindiran bagi birokrasi kita.

Padahal mengurus sebuah dokumen di negara lain bisa membutuhkan waktu lama, karena harus mengantri dan harus mengikuti proses yang telah ditetapkan. Berbeda dengan Indonesia, dengan membayar lebih maka pengurusan dokumen bisa lebih cepat selesai. Memang ini yang sering terjadi di Indonesia, bagi yang memiliki uang lebih, bisa lebih cepat menang dan selesai.

Hal tersebut yang menjadi daya tarik turis asing karena tidak perlu repot dengan keteraturan, dengan uang dan membayar lebih maka semuanya akan segera selesai. Berbeda sekali dengan peraturan di negara asal mereka.

Berbagai alasan diatas yang menjadikan para turis asing memilih Indonesia sebagai destinasi wisata dan tak jarang mereka memutuskan untuk bertempat tinggal di Indonesia. Dengan semua hal yang ada, kita harus bersyukur dan berbangga karena Indonesia merupakan negara yang kaya dan Indah. Dengan banyak keberagaman tapi selalu bersatu dengan satu tujuan.

Demikian penjelasan mengenai 10 hal yang membuat turis asing betah mengunjungi negara Indonesia sebagai destinasi wisata. Ketertarikan turis asing, hingga menjadi betah dan mengunjunginya lagi bahkan memutuskan bertempat tinggal di Indonesia. Ambillah manfaat yang ada dan apabila menemui hal negatif hendaknya kita berusaha memperbaiki bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here