Mengintip Wisata dari Timur Indonesia yang Banyak Menarik Wisatawan

0
192
indonesia timur

Indonesia merupakan negara yang mempunyai tempat wisatawan beragam. Dari wisata air, pegunungan dan bahkan wisata-wisata modern yang tentu saja banyak menarik wisatawan. Bukan hanya para wisatawan lokal, banyak sekali wisatawan asing yang datang ke Indonesia setiap tahunnya untuk menikmati keindahan wisata Indonesia yang sudah terkenal hingga ke pelosok dunia.

Bagi Anda yang gemar berwisata, akan rugi sekali kalau Anda belum mencoba wisata-wisata menarik di Indonesia yang tak kalah dengan wisata luar negeri. Namun sebagian besar banyak yang memilih berwisata ke luar negeri ketimbang menikmati keindahan alam di negeri sendiri. Mungkin karena gengsi bisa berlibur di negara orang menjadi salah satu alasannya.

Anda bisa mencoba beberapa kunjungan wisata ke provinsi-provinsi di timur Indonesia. Banyak sekali wisata di timur negara kita yang belum terekspos secara luas. Namun keindahannya sudah tidak usah diragukan lagi. Indonesia tidak akan pernah bisa disamakan dengan negara lain. Alam yang kita miliki membuat banyak negara menginginkan Indonesia menjadi milik mereka.

Provinsi Timur Indonesia yang Mempunyai Wisata Menakjubkan

Ambon

Kota terbesar di Maluku ini telah berhasil membius banyak wisatawan dengan keindahan alamnya. Kota Ambon mempunyai tempat wisata yang sangat lengkap, dari situs budaya, situs sejarah dan banyak sekali tempat indah lainnya yang belum terekspos ke dunia luar. Ambon saat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tergolong baru di Indonesia.

Di Ambon Anda bisa menikmati keindahan pantai yang sangat menarik. Ambon mempunyai pantai-pantai dengan pasir putih dan juga air yang sangat jernih. Tanpa menggunakan alat bantu menyelam, Anda sudah bisa melihat hewan-hewan laut dengan sangat mudah dan jelas di kota ini.

Pantai-pantai yang harus Anda kunjungi saat berada di Ambon antara lain adalah :

  • Nusa Pombo, pulau yang tidak berpenghuni ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Sangat cocok bagi Anda yang gemar menyelam. Pulau ini bisa ditempuh dengan speedboat dari pelabuhan Ambon dengan waktu perjalanan kurang lebih satu jam.
  • Pantai Liang, pantai ini merupakan salah satu pantai Indonesia yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai pantai paling indah oleh PBB pada tahun 1991. Pantai ini disebut juga dengan pantai Hanimua. Pasir putih dan deburan ombak yang syahdu ditemani air yang sangat jernih membuat pantai ini terlihat sangat cantik dan ramah.
  • Pantai Natsepa, merupakan salah satu pantai yang masih satu kecamatan dengan pantai Liang. Pantai ini juga sangat indah dan menyenangkan untuk menjadi tujuan wisata Anda.
  • Pantai Pintu Kota, pantai ini sangat terkenal dan menjadi ikon dari kota Ambon Maluku. Pantai ini berbeda dengan kebanyakan pantai yang ada di kota Ambon. Pantai ini tidak mempunyai pasir putih seperti pada umumnya pantai di sana.

Yang menjadi khas dari pantai ini adalah karangnya yang tinggi dan menjorok ke laut. Di tengah karang terdapat lubang yang mirip dengan pintu hingga dinamai pantai Pintu Kota.

  • Pemandian air panas Negeri Tulehu, bukan hanya terkenal dengan pantainya, Ambon juga mempunyai tempat wisata pemandian air panas yang terkenal manjur menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Air panas ini terletak di daerah perbukitan dengan suhu airnya antara 57 hingga 70 derajat celcius.
  • Benteng Ferangi, menjadi daerah yang kaya akan rempah-rempah dan hasil bumi tentu membuat kota Ambon menjadi kota yang paling sering dijajah oleh negara lain. Benteng ini mejadi bukti sejarah bahwa Portugis pernah membangunnya sebagai pusat kota untuk menyimpan rempah-rempah pada zaman penjajahan dulu. Kini situs sejarah ini laris dikunjungi oleh wisatawan.
  • Benteng Amsterdam. Bukti sejarah lainnya tentang kehidupan di masa alu bagaimana Ambon menjadi salah satu kota paling diincar oleh para penjajah. Benteng ini di bangun pada tahun 1512.
  • Masjid Wapauwe. Merupakan masjid tua yang mempunyai keunikan sendiri. Masjid berukuran 10×10 meter itu tidak menggunakan paku pada bangunannya. Masjid ini terbuat dari pelepah sagu. Menariknya lagi menurut cerita masyarkat sekitar, masjid ini bisa berpindah tempat dengan sendiri.

Maumere

Kota dari negeri timur Indonesia ini mempunyai destinasi wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Maumere merupakan satu kota yang terletak di Nusa Tenggara Timur atau NTT. Maumere sendiri menjadi viral dan terkenal setelah menjadi latar tempat sebuah film berjudul “3 Dara Remake“. Setelah film itu rilis banyak sekali wisatawan yang berbondong-bondong mengunjungi kota kecil tersebut.

Berikut beberapa destinasi wisata di Maumere :

  • Gereja Tua Sikka. Gereja yang mempunyai tinggi kubah 10 meter dan di sangga oleh kayu jati tersebut merupakan rancangan dari arsitektur yang juga merancang gereja katedral di Jakarta. Gereja ini dibangun pada tahun 1983.

Walaupun sudah tua gereja ini masih berdiri  tegak. Gaya bangunannya adalah perpaduan antara bangunan Eropa dan juga Sikka. Gereja ini dalamnya dihiasi oleh tenun khas dari kota Maumere sehingga menjadi sangat unik saat di pandang.

  • Pulau Pangabatang. Pulau ini masih sangat sepi. Hanya terdapat puluhan penduduk di sekitar pulau tersebut. Sehingga Anda bisa menikmati pulau ini seperti pulau pribadi saat Anda mengunjunginya.

Pasir putih, deburan ombak yang bersahabat dan indahnya air laut yang masih sangat jernih melengkapi keindahan pulau yang sangat sepi ini. Cocok bagi Anda yang ingin menghilangkan kepenatan beraktivitas.

  • Bukit Nilo. Merupakan salah satu tempat wisata rohani. Tempat ini terdapat patung bunda Maria yang tinggi nya mencapai 28 meter, patung ini berdiri sejak tahun 2004 yang lalu.

Saat Anda berkunjung kesini, Anda bisa menikmati keindahan kota Maumere dari ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut.

  • Gunung Rokatenda. Bagi Anda yang menyukai pendakian Anda harus mencoba mendaki gunung Rokatenda saat mengunjungi Maumere. Gunung ini memberikan Anda pemandangan yang sangat menakjubkan. Dari puncak Rokatenda, Anda akan diperlihatkan hamparan lautan Flores yang membentang dan sangat indah.

Kupang

Kota ini merupakan ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Kupang mempunyai banyak tempat wisata yang sangat menarik. Namun sayangnya ada beberapa tempat wisata yang belum terurus dengan baik. Berikut daftar tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Kupang, Nusa Tenggara Timur :

  • Pulau Komodo. Tempat wisata di NTT yang paling terkenal ini wajib Anda kunjungi saat berada di Kupang. Bukan hanya wisatawan lokal, banyak wisatawan asing yang tertarik magnet untuk mengunjungi tempat ini untuk bisa melihat langsung hewan komodo yang merupakan hewan endemik Nusa Tenggara Timur.

Pulau ini juga sudah di tetapkan oleh PBB sebagai cagar alam dunia dan warisan dunia yang harus di jaga. Di tempat ini pengunjung dapat berinteraksi dengan komodo secara dekat namun tentu saja diawasi oleh petugas lapangan yang menjaga keselamatan Anda.

Selain bisa melihat komodo secara dekat, Anda juga akan dimanjakan oleh pantai berpasir merah muda dengan air laut yang sangat jernih dan keindahan bawah laut yang menakjubkan.

Anda pun bisa menikmati lebih dari 1.000 spesies ikan, ratusan terumbu karang dan isi bawah laut lainnya.

  • Pantai Lasiana. Pantai ini terletak 12 km dari pusat kota Kupang. Anda bisa menikmati indahnya pasir putih dan juga birunya air laut saat Anda mengunjungi pantai tersebut.
  • Goa Kristal. Yakni salah satu destinasi wisata yang masih sangat terjaga. Goa ini merupakan gua di bawah air, saat Anda menyelam seolah-olah Anda melihat kristal yang sebenarnya adalah air yang sangat jernih. Goa ini terletak di balik semak-semak sehingga Anda harus berjalan kaki saat ingin mengunjunginya.
  • Air terjun Oenesu. Bukan hanya pantai yang terkenal dari kota Kupang, 13 Km dari pusat kota ada air terjun yang sangat cantik. Air terjun ini memiliki batuan yang apabila di perhatikan bentuknya menyerupai mulut singa dan gorila.

Raja Ampat

Keindahan dari Raja Ampat sudah tidak bisa lagi di utarakan. Tempat ini merupakan surganya wisata di Indonesia. Raja Ampat memiliki wisata bawah laut yang keberagaman hayatinya merupakan paling lengkap di dunia, tak heran tempat ini selalu ramai didatangi oleh para penyelam.

Raja Ampat merupakan kabupaten dari provinsi Papua Barat yang memiliki kurang lebih 610 pulau, namun hanya sekitar 35 pulau yang dihuni oleh manusia. Tak cukup rasanya kalau Anda hanya mengunjungi Raja Ampat hanya beberapa hari.

Kota ini mempunyai banyak sekali pulau yang sangat bagus untuk dijadikan spot foto. Bukan hanya itu perpaduan antara lautan dan pegunungan membuat siapa pun yang mengunjungi pulau-pulau di sana akan terkesima.

Semakin banyaknya orang yang tertarik dengan pulau yang berada di timur Indonesia ini membuat pulau ini semakin ramai, untuk pergi ke sana pun tidak usah repot lagi. Banyak paket perjalanan yang ditawarkan.

Bagi seorang traveller Indonesia akan kurang lengkap saat Anda tidak mengunjungi tempat ini. Kekayaan Indonesia yang membuat banyak negara iri dengan keindahannya.

Ada beberapa pulau dari banyaknya pulau yang paling terkenal dari Raja Ampat, antara lain, Pulau Wayag, Kepulauan Pianemo, Pulau Misool, dan Pulau Salawati yang menjadi ikon dari Raja Ampat.

Kota di provinsi Papua Barat ini juga telah berbenah diri, semakin banyaknya wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang tertarik dengan pulau-pulau di sana membuat pemerintah dan warga sekitar membuka fasilitas-fasilitas bagi para wisatawan dan juga mengelola tempat wisata tersebut.

Namun mereka sangat mengawasi para wisatawan karena tidak mau kekayaan mereka ternodai oleh tangan nakal.

Tana Toraja

Saat Anda ingin berwisata mengenai budaya dan adat, Tana Toraja lah pilihan paling tepat. Berada di provinsi Sulawesi Selatan ini, mempunyai masyarakat yang masih sangat kuat memegang teguh tradisi dan juga sangat kental dengan adat mereka. Adat dan juga tradisi serta budaya mereka telah terkenal hingga di seluruh dunia.

Menurut mitos yang masih mereka percayai hingga sekarang, nenek moyang mereka adalah makhluk dari surga yang turun ke dunia dengan menggunakan tangga. Nenek moyang mereka berkomunikasi dengan Tuhan mereka yang dikenal dengan sebutan Puang Matua dengan menggunakan tangga tersebut.

Banyak sekali tradisi yang ada di Tana Toraja. Anda merasa tertarik Anda bisa mengunjungi Tana Toraja dan menikmati kelezatan kopinya yang sudah terkenal di seluruh penjuru dunia dan merupakan salah satu kopi terbaik di dunia.

Selamat berlibur, Indonesia itu kaya, tidak perlu ke luar negeri hanya untuk menuruti gengsi kalau Indonesia saja punya yang sangat unik dan menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here