13 Wisata Alami dan Tersembunyi di Indonesia yang Patut Anda Kunjungi

0
401
Wisata Alami dan Tersembunyi di Indonesia yang Patut Anda Kunjungi
Wisata Alami dan Tersembunyi di Indonesia yang Patut Anda Kunjungi

Indonesia merupakan negara yang kaya akan alam dan keindahannya, dan banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang bisa membuat kita kagum. Bahkan ada beberapa tempat wisata tersebut yang sudah diakui dunia diantaranya yaitu Taman Laut Bunaken, Raja Ampat, Wisata Dieng, dan masih banyak lagi lokasi wisata lainnya.

Selain potensi wisata yang telah dimiliki oleh kawasan wisata yang sudah jelas terkenalnya, di Indonesia masih banyak sekali tempat wisata tersembunyi yang memiliki potensi tak kalah indah. Bisa dikatakan bahwa potensi wisata di Indonesia masih sangat besar dan banyak, bahkan masih belum sepenuhnya diketahui oleh banyak orang.

Apabila dikembangkan, tempat wisata tersembunyi yang belum dijamah banyak orang bisa menjadi potensi yang besar. Kementerian pariwisata telah menetapkan beberapa destinasi tempat wisata yang masih tersembunyi, berhak masuk Anugerah Pesona Indonesia. Berikut ini ada beberapa tempat wisata yang masih alami dan belum diketahui banyak orang, dan sayang sekali jika dilewatkan.

Wisata Alami dan Tersembunyi di Indonesia yang Patut di Kunjungi

Air Terjun Sewu di Kabupaten Lumajang

Sangat sayang untuk dilewatkan apabila Anda jalan-jalan ke Jawa Timur, khususnya malang dan sekitarnya tetapi tidak mampir ke Air Terjun Sewu. Memang, untuk mencapai air terjun ini diharuskan melalui trekking yang menantang. Namun jika sudah tiba di lokasi air terjun, perjalanan akan terbayar oleh pesona cantiknya air yang jatuh dari ketinggian tebing.

Kawasan Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan

Kawasan mandeh berbatasan langsung dengan kota Padang. Kini, sudah banyak resort baru yang dikembangkan oleh sejumlah investor. Meskipun masih belum banyak yang tahu, tempat ini memiliki pantai dan air lautnya yang sangat jernih. Sangat cocok jika Anda menginginkan berkunjung ke tempat wisata baru dan tidak mengecewakan. Jarak yang ditempuh kurang lebih 50 km dari padang.

Danau Kaco di Jambi

Danau Kaco merupakan danau milik Jambi yang sangat indah dan cantik dan tentunya bisa kita kunjungi. Kaco dalam bahasa Jambi artinya kaca. Penamaan kaco ini bukan berarti tanpa alasan tetapi karena kebeningan permukaan danau yang memang sangat bening seperti kaca. Bahkan saat bulan purnama pun, bayangan bulan akan dipantulkan dengan cantik oleh Danau Kaco ini.

Untuk bisa mendatangi kawasan Danau Kaco ini kita harus memerlukan beberapa usaha terlebih dahulu, kita harus melakukan trek jalan hutan yang memicu adrenalin. Namun perjalanan ini akan terbayar oleh suasana di sekitar danau yang sangat asri dan tenang.

Jika pengelolaan dan pengawasan di kawasan Danau Kaco dilakukan dengan baik maka tempat ini bisa dijadikan primadona dalam dunia wisata alam di Indonesia. Danau Kaco ini memiliki kelebihan airnya yang berwarna biru bening bahkan kita bisa melihat hingga ke dasar danau tersebut.

Kita bisa menyelam di danau tersebut dan melewati bekas-bekas pohon yang tumbang hingga saling tumpang tindih. Dengan kejernihannya kita bisa menjumpai ikan-ikan kecil yang hidup di dalamnya. Sangat sayang sekali dilewatkan jika Anda berkunjung ke Jambi namun tidak mampir ke Danau Kaco.

Pulau Maratua di Kalimantan Timur

Tempat wisata alam tersembunyi selanjutnya yaitu Pulau Maratua yang masuk ke dalam kawasan daerah Berau, Kalimantan Timur. Jika Anda salah satu penikmat destinasi wisata pantai, maka kawasan satu ini menjadi wajib hukumnya untuk Anda kunjungi. Pulau Maratua memiliki keindahan pesona alam yang tidak mengecewakan.

Pulau Maratua memiliki keindahan alam bawah lautnya yang sangat mempesona. Jika Anda menyukai olahraga diving, Anda bisa mencobanya di pulau ini. Pulau Maratua merupakan salah satu pulau yang memiliki terumbu karang terbaik se-Indonesia. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan memperoleh pemandangan yang mengecewakan.

Untuk bisa sampai ke dalam pulau ini, kita bisa melalui dua jalur pintu masuk. Kita bisa melewati Pelabuhan Redeb dengan menelusuri sungai Kelay, atau jalur yang kedua melewati Tanjung Batu yang hanya melayani skala jumlah kecil untuk penumpang.

Meskipun pulau ini terbilang tersembunyi, namun di dalam Pulau Maratua memiliki beberapa penginapan yang pastinya tidak mengecewakan pengunjung. Jadi jika kalian bosan dengan lokasi wisata yang sudah sering dikunjungi, pulau ini layak untuk kalian coba kunjungi.

Wanawisata Budaya Mataram di Bantul

Di Bantul ternyata memiliki wisata yang belum lama ini dibangun, kampung wisata Mangunan, Mataram, dan Dlingo. Di tempat-tempat tersebut kini dipasang beberapa aksesori penunjang artistik, sehingga sangat instagramable dan menarik bagi wisatawan yang menyukai foto. Tidak ada salahnya Anda mengunjungi tempat ini jika penasaran dengan tempat wisata-wisata baru.

Desa Wisata Bantaragung

Selain di Bali yang memiliki lokasi persawahan yang indah, ternyata di Majalengka juga memiliki tempat tersebut. Persawahan yang disusun berderet dengan sistem terasiring yang sangat rapih sekali sehingga sangat menarik untuk di kunjungi. Instagramable sekali bukan? Terlebih jika Anda berniat berfoto di tempat tersebut maka akan memperoleh hasil yang sempurna.

Pemandangan yang menyegarkan mata ditambah dengan suasana tenang karena asrinya lokasi tersebut. Sangat menarik sekali untuk dikunjungi atau sekedar melepas penat.

Pulau Nikoi di Bintan

Jangan Cuma pergi ke Lagoi kalau pergi ke Bintan, cobalah sekali-kali pergi ke Pulau Nikoi. Pulau ini terletak di perbatasan langsung dengan Singapura. Jika Anda berkunjung ke pulau ini, maka akan merasa seperti pulau milik sendiri karena ketenangan dan pengunjungnya masih sedikit.

Di dalam pulau ini, Anda akan menjumpai keindahan yang sangat menakjubkan di tambah dengan kenyamanan yang tersaji. Dengan pasir putihnya yang lembut, pemandangan air laut yang jernih dan luas, ditambah dengan pulau kecil yang terlihat tidak jauh dari Pulau Nikoi. Sangat menakjubkan!

Pulau Kodingareng di Kota Makasar

Selain Pulau Nikoi yang Indah, di Kota Makasar juga memiliki pulau yang tak kalah indahnya. Pulau tersebut yaitu Pulau Kodingareng yang memiliki keindahan bahari dan tidak layak untuk diabaikan. Pulau ini memiliki air yang sangat jernih dengan warna kebiruan, karang-karangnya hidup sehat, dan ikan-ikan cantik yang bebas berenang.

Sangat disayangkan jika Anda mengunjungi Kota Makasar namun tidak mencoba diving di Pulau Kadingareng dan menikmati indahnya pulau tersebut, dimulai dari keindahan pantainya hingga keindahan surga bawah laut. Siapkan diri Anda berkenalan dengan air laut di Pulau Kodingareng!

Pulau Saponda di Kabupaten Konawe

Pulau Saponda yang berada di kawasan Kabupaten Konawe pernah tertutup karena kurang terurusnya wilayah tersebut. Sempat ditemukan beberapa sampah mengelilingi Pulau Saponda, namun itu dulu. Sekarang, pulau tersebut sangat bersih dan siap untuk Anda kunjungi. Bahkan pulau ini digadang-gadang akan menjadi destinasi unggulan Indonesia di bagian Timur.

Tidak ada salahnya Anda mengunjungi pulau yang dijamin tidak mengecewakan, persiapkan diri Anda untuk menikmati keindahan alam Indonesia di Pulau Saponda. Anda tidak akan menemui sampah lagi disana, karena pulau ini telah disulap menjadi pulau yang bersih dan siap untuk dikunjungi.

Air Terjun Riam Merasap di Kabupaten Bengkayang

Selain Cuncawulang di Flores, air terjun bernama Riam  Merasap ini juga tak kalah indahnya. Air terjun ini memiliki debit air yang cukup banyak bahkan di musim kemarau pun airnya akan terus mengalir. Air terjun Riam Merasap ini memiliki pemandangan yang sangat indah sekali sehingga sangat cocok bagi Anda yang instagramable dan mengambil foto-foto disini. Menarik bukan?

Pulau Karampuang di Sulawesi Barat

Destinasi wisata alam tersembunyi lainnya yaitu Pulau Karampuang. Pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata bahari Indonesia, tempat ini memiliki keindahan yang tidak bisa dilewatkan. Pulau Karampuang dalam bahasa Sulawesi Barat artinya bulan ini memang sangat cantik. Pulau ini memiliki air yang sangat jernih dan bersih sehingga cocok dan menarik bagi Anda yang menyukai diving.

Pulau Karampuang termasuk ke dalam kawasan desa Karampuang, Mamuju. Untuk menuju lokasi ini tidak terlalu sulit sehingga mudah untuk dikunjungi. Ada satu hal lagi yang menarik di dalam Pulau Karampuang ini, yaitu pulau yang pada dasarnya termasuk dalam pulau vulkanik. Hal ini yang menjadikan lokasinya berbukit-bukit. Tapi justru lokasi perbukitan menjadikan pulaunya terlihat makin indah.

Selain itu, Anda bisa mendaki di salah satu bukit tersebut. Anda bisa menikmati keindahan sunrise yang melewati perbukitan setiap pagi, dan keindahan alam yang tentunya tidak akan pernah mengecewakan.

Teluk Saleh di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa memang sudah terkenal dengan destinasi wisata yang banyak sekali dan tidak akan habis jika di eksplorasi satu per satu. Setelah Kenawa yang indah, kini ada Teluk Saleh yang masih sedikit dikenal oleh masyarakat.

Padahal pulau Teluk Saleh ini mempunyai pemandangan yang sangat indah, dengan pantainya yang jernih dan bersih di tambah dengan gundukan pulau seberang yang menambah keelokan.

Selain keindahan yang tidak akan mengecewakan, pulau Teluk Saleh ini masih, asri, alami, dan tentunya sangat menyenangkan. Persiapkan diri Anda jika berencana mengunjungi pulau yang masih jarang dikunjungi ini, dapatkan ketenangan yang mampu menghipnotis Anda.

Danau We’ekuri di Nusa Tenggara Timur

Tempat wisata alam tersembunyi selanjutnya yaitu Danau We’ekuri yang terletak di daerah Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Lokasi danau ini masih banyak diketahui oleh banyak orang. Kebanyakan yang mengetahui tempat ini hanyalah penduduk sekitar. Kawasan Danau We’ekuri ini bisa dideskripsikan dengan kata cantik karena keindahan yang tersaji.

Penduduk Indonesia dan wisatawan mancanegara yang berkunjung di Indonesia mungkin hanya mengenal beberapa danau yang memang terkenal seperti Danau Toba, Danau Kelimutu, Danau Tiga Warna, dan danau-danau lainnya yang sudah terkenal. Meskipun Danau We’ekuri belum terkenal, keindahan yang tersaji tidak boleh diremehkan.

Danau We’ekuri memiliki air yang sangat-sangat jernih hingga berwarna biru bening. Jika Anda datang berkunjung, maka Anda akan melihat keindahan dasar danau yang sangat bersih dibalut dengan bebatuan yang mengitari. Menarik bukan?

Itulah beberapa contoh destinasi wisata alami dan tersembunyi yang belum diketahui oleh banyak orang. Sangat cocok bagi Anda yang ingin berkunjung ke wisata yang masih alami dan menikmati keasriannya. Jangan lupa bagikan dengan teman tercinta Anda agar bisa berkunjung bersama menikmati indahnya alam Indonesia yang masih asri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here