Hendak Pelesir ke Jepang? Ini 13 Tempat Wisata yang Tak Boleh Anda Lewatkan

0
462

Negeri Sakura Jepang memanglah negeri dengan sejuta pesona. Ia menawarkan berbagai atraksi alam, kuliner, dan budaya yang mampu membuat siapa pun terpana. Maka tidak heran jika para pelancong dan wisatawan dari seluruh dunia berbondong-bondong menjadikan Jepang sebagai negara tujuan liburan mereka. Apalagi, sebentar lagi Jepang akan menjadi tuan rumah Olympic Games 2020.

Nah, lalu bagaimana dengan Anda? Apakah Anda punya rencana untuk pelesir ke Jepang dalam waktu dekat? Sudah punya gambaran mau bersambang ke tempat wisata mana saja? Karena di Jepang ada setidaknya 47 prefektur dengan ciri khas wisatanya masing-masing, maka Anda harus benar-benar menentukan tempat mana saja yang Anda pilih untuk dikunjungi.

Berikut akan diulas 13 tempat wisata yang paling menjadi idola para turis asing maupun turis domestik di Jepang. Mereka mencakup tempat wisata yang berupa situs budaya, taman hiburan, hingga pusat fashion yang ada di negeri matahari terbit ini. Siapkan diri Anda untuk mencatat tempat mana saja yang menurut Anda cocok dengan gaya liburan Anda.

Pilihan Wisata Menarik di Jepang, Negeri yang Ramah Wisatawan

Hutan Bambu Arashiyama

Arashiyama Genrokuzancho, Ukyō-ku, Kyoto, Prefektur Kyoto 616-0007, Jepang

Bagi Anda yang gemar menikmati tamasya keindahan alam, maka hutan bambu Arashiyama wajib masuk bucket list liburan Anda. Ia terletak di prefektur Kyoto yang konon sempat menjadi ibukota Jepang. Berjalan di hutan bambu ini, Anda akan mendapatkan sensasi kedamaian yang luar biasa.

Sesekali, Anda akan mendapati angin yang datang membelai batang dan daun pohon bambu dengan lembut. Sehingga datanglah alunan musik yang tercipta dari alam dengan segala kesyahduannya.

Anda memerlukan waktu sekitar satu jam untuk bisa mengelilingi hutan ini dengan berjalan kaki. Tapi jika Anda tidak kuat untuk berjalan kaki selama itu, Anda bisa memesan jasa tukang becak yang ditawarkan di area pintu masuk hutan.

Kuil Kannon Asakusa

Kuil Kannon Asakusa, dibangun pada abad ke-7, Asakusa Kannon atau Sensoji adalah salah satu kuil paling kuno di Tokyo

Jika Indonesia punya bangunan candi atau pura yang jadi simbol tempat peribadatan bersejarah, maka Jepang punya yang namanya bangunan kuil. Ada hampir 77 ribu bangunan kuil yang tersebar di seluruh penjuru Jepang. Maka dari itu, Anda pasti juga sudah tidak asing melihat penampakan bangunan kuil di film-film atau anime yang berasal dari negeri sakura.

Salah satu yang paling terkenal adalah kuil Kannon Asakusa atau yang sering disebut juga dengan kuil Senso-ji. Kuil ini bangunannya super megah dengan ciri khas kuil tradisional Jepang yakni dicat merah terang dan dipenuhi barisan lampion indah. Di sini, Anda bisa mengadu keberuntungan dengan mengikuti ramalan di dalam kuil atau membeli jimat yang bisa membuat Anda enteng jodoh!

Tokyo Sky Tree

Tokyo Skytree adalah salah satu landmark tower di Kota Tokyo yang mana memiliki ketinggian 634 meter

Tokyo merupakan salah satu prefektur di Jepang yang jadi primadona di antara para turis. Pasalnya, Tokyo menawarkan banyak sekali atraksi wisata mulai yang bersifat modern hingga yang mempunyai nilai historis tinggi. Kalau bicara soal ikon bangunan yang paling menonjol di Jepang, maka Tokyo Sky Tree jawabannya.

Bangunan ini lho yang menjadi landmark prefektur Tokyo dan menjadi penanda kemajuan teknologi Jepang masa kini. Bagaimana tidak, Tokyo Sky Tree tingginya mencapai 634 meter, yang mana membuatnya dianugerahi gelar bangunan tertinggi kedua di dunia.

Butuh waktu setidaknya empat tahun untuk menyelesaikan bangunan ini. Jika Anda hendak melihat seluruh pemandangan Tokyo dan mengagumi keindahannya, maka naiklah ke puncak Tokyo Sky Tree. Tapi Ia tidak disarankan untuk Anda yang fobia ketinggian ya.

Disneyland Jepang di Prefektur Chiba

Yang namanya pelesir ke Jepang tak akan lengkap bila tak menjajal wisata ke Disneyland Jepang! Jangan sampai Anda melewatkan petualangan taman hiburan wisata penuh mimpi dan hingar bingar yang tak pernah sepi pengunjung ini. Disneyland Jepang akan memanjakan Anda dengan aneka wahana permainan yang terinspirasi dari film-film besutan Walt Disney.

Resmi dibuka pada tahun 1983, Disneyland Jepang dibagi ke dalam tujuh area utama yakni Fantasyland, Tommorowland, Toontown, World Bazaar, Critter Country, Adventureland, dan Westernland. Untuk memesan tiketnya, Anda bahkan bisa memesannya secara online untuk mendapatkan diskon yang lumayan.

Taman Bermain Fuji-Q Highland

Bosan dengan taman bermain Disneyland, Anda bisa menyambangi taman bermain Fuji-Q Highland sebagai alternatifnya. Di sini tersedia wahana-wahana menantang seperti wahana roller coaster dengan kecepatan yang termasuk paling cepat di dunia. Lokasi taman bermain ini pun berada di kaki gunung Fujiyama. Alhasil, udara yang segar akan Anda dapatkan seraya menikmati aneka wahana permainan.

Selain mendapatkan kebebasan menghirup udara yang segar, Anda juga bisa dengan leluasa bermain ice-skating di taman bermain Fuji-Q Highland. Paling pas kalau Anda mengajak keluarga dan sahabat untuk menghabiskan waktu asyik bersama-sama di taman bermain yang satu ini.

Kastil Himeji

Siapa bilang wisata kastil cuma bisa dinikmati di negara-negara Eropa saja? faktanya, Jepang juga punya kastil bersejarah yaitu Kastil Himeji di prefektur Hyogo. Kastil ini didominasi dengan eksterior bangunan yang mencerminkan periode feodal. Sedangkan dari segi warna, Ia nampak gagah nan megah berdiri dengan cat bangunan yang berwarna putih tulang.

Saking menawannya pesona dari kastil ini, Ia sempat dijadikan tempat syuting film-film kenamaan dunia lho. Salah satunya ialah pada film James Bond “You Only Live Twice” yang tayang pada tahun 1960an. Keren banget, kan?

Wisata Alam Biei

wisata alam di jepang

Wisata alam di Biei yang menarik minat para wisatawan adalah bukit bunga dengan aneka warna yang tertata rapi baris demi baris. Sebab, sudah bukan rahasia lagi kalau orang Jepang sangat memuja yang namanya keteraturan. Hal ini pun dipadukan dengan unsur keindahan alam yang terdiri atas bermacam vegetasi bunga seperti bunga matahari, bunga cosmos, Hydrange, dan Lavender.

Biei sendiri merupakan sebuah kota kecil yang terletak di prefektur Hokkaido. Selesai dari sini, Anda pun bisa berwisata kuliner guna mencicipi aneka makanan khas Hokkaido seperti mie ramen dan takoyaki.

Harajuku

pusat perbelanjaan Jalan Takeshita, department store Laforet, dan Gimnasium Nasional Yoyogi

Ini nih tempat wisata yang menjadi surga bagi para penggila fashion! Harajuku merupakan sebuah tempat di Jepang di mana toko-toko pakaian dan fashion berjajar rapi memanggil kedatangan Anda. Tak ayal, toko pakaian yang tersedia di sini dimulai dari yang bersifat lokal hingga mancanegara alias international brand seperti X-Large dan Supreme.

Yang tak kalah asyik ketika berkunjung ke Harajuku adalah Anda akan menemukan segenap orang dengan gaya berpakaian nyentrik di sana. Pasalnya, di Harajuku Anda tak akan mendapatkan kritikan atau cemoohan dari orang sekitar bahkan meski Anda tampil dengan gaya fashion yang anti-mainstream.

Chureito Pagoda

Pemandangan menakjubkan, sekitar 1,5 jam dengan kereta dari Stasiun Tokyo Shinjuku.

Chureito Pagoda adalah destinasi impian para fotografer karena Ia langsung menghadap ke arah puncak Gunung Fuji. Bangunannya pun lumayan tinggi sehingga untuk sampai ke puncaknya, Anda wajib terlebih dahulu menaiki anak tangga yang ratusan jumlahnya.

Yang menjadi ciri khas lain dari Chureito Pagoda adalah Ia dikelilingi oleh pohon sakura yang rimbun nan asri. Hasilnya, dengan mengunjungi pagoda ini Anda tak hanya mendapatkan wisata bangunan bersejarah namun juga wisata alam dengan keindahan yang menyejukkan mata.

Ueno Park

Walau di Chureito Pagoda Anda sudah bisa menikmati wisata alam pohon sakura, tapi ada satu tempat wisata di Jepang yang khusus ditujukan untuk kegiatan tersebut. Ia adalah Ueno Park yang berada di prefektur Tokyo. Kalau Anda benar-benar ingin merasakan eloknya rindang pohon sakura yang tengah bermekaran, datanglah pada bulan Maret hingga bulan Mei.

Pada momen-momen itulah, Ueno Park akan dipenuhi oleh wisatawan mancanegara dan domestik yang merayakan hanami, alias piknik di bawah pohon sakura bersama yang terkasih. Maka dari itu, Ueno Park juga ramai dijadikan tempat rekreasi bagi pasangan kekasih karena Ia menyuguhkan atmosfir yang romantis.

Shin-Yokohama Raumen Museum

Museum atau lebih tepatnya, food court, dikhususkan untuk sup mie ramen Jepang dan menampilkan rekreasi kecil di Tokyo pada tahun 1958

Ramen merupakan hidangan mie khas Jepang yang menjadi favorit para pecinta kuliner di seluruh dunia. Citarasa mie nya yang lembut dipadukan dengan kuah shoyu yang asin gurih pasti akan membuat siapa pun tergoda untuk mencobanya lagi dan lagi. Kalau Anda merupakan seorang pecinta ramen sejati, maka sempatkan mampir ke Shin-Yokohama Raumen Museum.

Di tempat ini Anda akan kewalahan memilih deretan kedai mie ramen yang semuanya ramai diserbu para pembeli. Selain itu, di tempat ini Anda akan dikenalkan dengan sejarah aneka varian ramen beserta cara pembuatannya. Wah, membayangkannya saja sudah bikin lapar banget ya?

Museum Fujiko F. Fujio

Masih dalam nuansa wisata museum, sekarang saatnya Anda beralih pada wisata Jepang yang akan membuat Anda bernostalgia dengan dunia masa kecil Anda. Langkahkan kaki Anda untuk memasuki Fujiko F. Fujio Museum yang menjadi rumah dari petualangan Doraemon dan Nobita.

Di dalamnya, Anda akan mendapati berbagai patung, koleksi, dan diorama yang erat hubungannya dengan anime tahun 90an ini. Sebagai contoh, Anda bisa berpose di dalam kamar Nobita hingga lapangan bermain dengan tumpukan tiga pipa beton besar yang kerap menjadi titik temu Nobita dan para sahabatnya. Museum ini lokasinya ada di prefektur Kanagawa. Yuk segera meluncur ke sana!

Zoorasia

merupakan kebun binatang terbesar yang ada di negeri sakura

Tempat wisata terakhir di Jepang yang tak boleh Anda lewatkan adalah Zoorasia. Zoorasia merupakan kebun binatang terbesar yang ada di negeri sakura ini lho. Ia mempunyai koleksi hewan lengkap dari seluruh belahan benua seperti Asia hingga Afrika.

Oleh sebab itu, area-area utama di Zoorasia dibagi ke beberapa zona seperti Surbatic Forest, Asian Tropical Forest, Japanese Countryside, hingga Amazon Jungle.

Paling cocok kalau Anda kemari bersama buah hati Anda yang tengah belajar untuk mengenali aneka jenis binatang. Satwa yang paling disukai di kebun binatang ini adalah satwa-satwa dengan perawakan besar seperti beruang kutub, gajah, dan beruang hitam. Zoorasia bertempat di prefektur Yokohama, jadi Ia masih satu lokasi dengan Shin-Yokohama Raumen Museum.

Namun bila Anda mendadak lapar saat berjalan-jalan melihat satwa di Zoorasia, tak usah Anda repot-repot melipir ke Shin-Yokohama Raumen Museum terlebih dahulu. Pasalnya, di Zoorasia sudah ada restoran dengan varian menu lezat yang akan mengenyangkan perut sekaligus menggoyang lidah Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here