7 Wahana Permainan Paling Ekstrim di Dunia yang Bikin Penasaran

0
486

Sebagian orang mengunjungi taman hiburan atau taman bermain dengan tujuan untuk bersenang-senang bersama sahabat dan keluarga. Aktivitas semacam ini akan memberikan memori yang terindah untuk dikenang di masa depan kelak. Namun, definisi ‘bersenang-senang’ di taman hiburan bisa saja berbeda-beda bagi setiap insan.

Ada yang bersenang-senang di taman hiburan lewat bermain permainan romantis seperti komidi putar atau berfoto di objek-objek unik yang ada di dalam taman hiburan. Namun, ada pula yang menganggap bahwa berkunjung ke taman hiburan itu wajib hukumnya untuk mencoba deretan wahana yang membuat penumpangnya menjerit seperti naik roller coaster.

Nah, bicara soal wahana seperti roller coaster, Anda pasti tahu dong kalau Ia masuk ke dalam daftar wahana permainan ekstrim. Sekalipun begitu, Anda sudah tahu belum deretan wahana roller coaster paling ditakuti?

Berikut akan dibeberkan wahana-wahana permainan roller coaster dan wahana permainan lainnya yang paling ekstrim di dunia. Siapa tahu setelah membaca, Anda akan instan berminat untuk segera menaiki salah satunya.

Berani Mencoba Kumpulan Wahana Paling Ekstrim di Dunia Ini?

Lex Luthor: Drop of Doom

26101 Magic Mountain Pkwy, Valencia, CA 91355, Amerika Serikat

Ketika Anda sedang berwisata ke wilayah California, Amerika Serikat, jangan lupa untuk berkunjung ke sebuah taman hiburan yang bernama Six Flags Magic Mountain. Di sana, nyali Anda akan diuji dengan menaiki sebuah wahana ekstrim yang bertajuk Lex Luthor: Drop of Doom.

Lex Luthor: Drop of Doom letaknya persis berada di samping wahana roller coasterSuperman: Escape from Krypton. Ia pun khusus dibangun untuk para pengunjung pemberani yang tak gentar meski diterjunkan dari ketinggian 415 kaki.

Untuk yang belum tahu, ketinggian 415 kaki ini setara dengan tinggi 126 meter. Padahal, bangunan dengan tinggi lima sampai enam lantai saja rata-rata memiliki tinggi hanya 28 meter. Jadi, bisa dibayangkan kan bagaimana kengerian ketika menaiki wahana ini?

Tak tanggung-tanggung, dari ketinggian yang sangat gila tersebut, Anda dan penumpang wahana lainnya akan diturunkan dari puncak wahana dalam waktu super singkat yakni 95 detik saja. Total kecepatan wahana ini digadang-gadang mencapai angka 85 mil per jam alias hampir 137 kilometer per jam. Wow, tak heran kalau dengan membayangkannya saja sudah bikin mual!

X-Scream

Las Vegas umumnya terkenal dengan hiburan kasino dan hiburan malamnya. Tapi, sudah tahukah Anda kalau Las Vegas juga menjadi rumah dari salah satu wahana paling ekstrim di dunia? Nah, kalau Anda tidak percaya, kunjungi saja Stratosphere Tower dan jajal segera wahana yang bernama X-Scream.

Kalau Lex Luthor: Drop of Doom menawarkan wahana dengan ketinggian mencapai 126 meter, maka Anda akan dibuat jatuh pingsan setelah mengetahui ketinggian wahana X-Scream. Pasalnya, Ia memiliki ketinggian mencapai 866 kaki alias sekitar 263 meter di atas tanah! Tentu saja ini membuat X-Scream menjadi mimpi paling buruk bagi para pengunjung dengan fobia ketinggian ya!

Lantas, seperti apa cara kerja dari wahana super ‘edan’ ini? Para penumpang awalnya akan disuruh untuk duduk pada kursi wahana. Kursi-kursi ini ditata berpasangan dan memanjang ke depan hingga empat baris seperti wahana roller coaster.

Nantinya, kursi-kursi ini akan berada di atas lintasan lurussepanjang 69 kaki. Nah, lintasan inilah yang nantinya akan menaik-turunkan kursi sekaligus mengarahkannya ke depan dan ke belakang.

Durasi menaiki X-Scream pun tak lama, yakni hanya sekitar satu menitan saja. Namun pada akhirnya, Anda akan merasakan sensasi yang sama bak bermain jungkat-jungkit dari ketinggian yang membuat penumpangnya komat-kamit merapalkan aneka doa.

Insanity

Masih di lokasi yang sama yakni di Stratosphere Tower, Anda bisa mencoba sebuah wahana permainan spektakuler yang disebut dengan julukan Insanity. Wahana ini dijamin akan membuat Anda langsung ‘gila’ karena Anda disuruh untuk duduk dan diputar-putar di udara pada tinggi 275 meter.

Tak cukup sampai disitu, Anda tak akan hanya sembarangan diputar-putar lho. Anda masih harus mengalami penderitaan diangkat hingga membentuk sudut sebesar 70 derajat. Yang jelas, wahana ini akan memberikan sensasi bak orang yang mendapat serangan vertigo pada setiap penumpang yang menaikinya.

Bentuk wahana ini pun dinilai cukup unik. Sebab, setiap kursi dudukannya menyerupai bentuk crane dan berisi sepasang tempat duduk dengan pengaman dan pegangan di tengahnya. Ketika naik Insanity, Anda harus pasrah menghadapi cobaan pemutaran dan pengangkatan dengan sudut miring tersebut selama setidaknya tiga menit lamanya.

Nothing’ But Net

Zero Gravity Thrill Amusement Park

Anda penggemar aktivitas Bungee Jumping? Kalau iya, maka Anda akan sangat penasaran dengan wahana ekstrim yang satu ini. Namanya adalah Nothing’ But Net. Ia merupakan salah satu wahana yang tersedia di Zero Gravity Thrill Amusement Park, Texas, Amerika Serikat.

Ditilik dari namanya, Anda tidak salah baca. Memang konsep dari wahana ini hanyalah melemparkan Anda ke jaring dari ketinggian tertentu tanpa ada pengaman apa-apa. Jadi, walau Anda hobi bermain Bungee Jumping, belum tentu lho Anda otomatis berani mencoba wahana Nothing’ But Net ini.

Walau ketinggiannya tak separah wahana Lex Luthor: Drop of Doom dan X-Scream, namun Ia tetap akan membuat siapapun bergidik karena Ia akan dilempar begitu saja dari ketinggian 100 kaki. Apalagi, Anda hanya bisa dibuat pasrah tanpa ada jaminan pengaman sedikit pun ketika Anda jatuh.

Tapi tenang, jaring yang menjadi landasan Anda ketika jatuh dibuat dari bahan yang super aman dan super kuat. Buktinya, wahana ini sudah menjadi langganan para pecinta adrenalin sejak tahun 1992 lho. Bagaimana? Semakin tertarik untuk mencoba kan?

Colossus

Tahta wahana ekstrim tingkat dunia faktanya tak melulu dimiliki oleh wahana yang berasal dari Amerika Serikat lho. Tak mau kalah, di Inggris juga ada wahana roller coaster dengan lintasan yang bakal membuat nyali siapapun ciut setelah melihatnya.

Adalah wahana Colossus, wahana andalan dari Thorpe Park di Surrey, Inggris yang telah dioperasikan sejak tahun 2002. Ialah yang menyabet gelar sebagai salah satu wahana roller coaster paling horor di Inggris sekaligus di seluruh dunia.

Jika sudah mengumpulkan niat untuk mencobanya, Anda sambangi saja area Lost City di Thorpe Park. Sebab, wahana ini memang mengangkat tema ala peradaban Atlantis yang hilang.

Colossus akan membawa Anda pada petualangan naik roller coaster setinggi 30 meter pada lintasan yang terdiri atas model vertical loop, heartline roll, corkscrew, dan cobra roll. Anda pun akan merasakan naik wahana dengan kecepatan menakjubkan yakni 72 kilometer per jam. Tapi ingat ya, tinggi minimal penumpang agar lolos untuk naik wahana ini adalah 140 cm ke atas.

Tower of Terror II

The Tower of Terror II is a steel shuttle roller coaster located at the Dreamworld amusement park on the Gold Coast, Queensland, Australia

Ternyata di negeri tetangga Australia, ada juga wahana paling ekstrim sedunia yang berdiri di Dreamworld Gold Coast, Australia. Wahana tersebut dikenal dengan nama Tower of Terror II.

Terdapat angka romawi II karena wahana ini memang sempat diperbaharui pada September 2010 silam. Alasan pembaharuan tersebut tak lain dan tak bukan adalah untuk membuat wahana roller coaster ini lebih cepat dan lebih menakutkan dari sebelumnya. Memangnya, sedahsyat apa sih sensasi ‘teror’ yang ditawarkan oleh si Tower of Terror II ini?

Singkatnya, sebagai permulaan Anda diajak untuk melintasi terowongan sepanjang  206 meter dalam posisi mundur. Wahana akan terus mundur dengan kecepatan mencapai 160 kilometer per jam dalam waktu tujuh detik saja.

Proses mundur pada wahana ini akan membawa Anda dan penumpang lainnya untuk naik ke lintasan utama. Sesampainya di puncak, baru Anda akan dihempaskan dalam kekuatan penuh ke depan hingga Anda kembali ke terowongan awal.

Yang terburuk sebenarnya bukanlah bagian saat wahana ini bergerak mundur melainkan saat Ia terjun ke bawah. Karena, sudut yang terbentuk antara lintasan lurus dan lintasan utama yang menjulang ke atas hampir membentuk sudut 90 derajat sempurna.

Tapi dari perkara segi keamanannya, Anda tak usah khawatir. Tower of Terror II adalah wahana steel shuttle roller coaster yang punya tingkat keselamatan tinggi karena bahannya yang sangat kuat. Sampai detik ini pun, Tower of Terror II masih menjadi destinasi wahana nomor wahid di Dreamworld Goald Coast, Australia.

Kingda Ka

Kingda Ka adalah roller coaster akselerator baja yang terletak di Six Flags Great Adventure di Jackson, New Jersey. Ini adalah roller coaster tertinggi di dunia

Kalau Anda jalan-jalan ke New Jersey, Amerika Serikat, biasanya apa yang Anda cari? Umumnya, para turis akan terpikat dengan pesona pantai New Jersey yang elok atau mengagumi skyline yang dibingkai oleh tingginya gedung-gedung pencakar langit New Jersey. Tapi, bagi para wisatawan yang haus adrenalin, kegiatan semacam ini pasti terasa amat ‘garing’ ya?

Nah, jangan terburu-buru membatalkan perjalanan Anda ke New Jersey hanya karena asumsi bahwa New Jersey itu membosankan! Usut punya usut, New Jersey justru menyimpan sebuah atraksi wahana ekstrim bertajuk Kingda Ka. Kingda Ka sendiri adalah sebuah wahana roller coaster di taman bermain Six Flags Great Adventure, Jackson.

Yang membuat wahana ini sangat istimewa adalah Ia merupakan pemegang rekor puncak wahana roller coaster tertinggi di dunia! Bila Anda sudah mencapai puncak wahana ini, kabarnya Anda akan berada di ketinggian fantastis mencapai 140 meter. Sebagai gambaran, bentuk wahana roller coaster ini diklaim mirip banget dengan wahana ‘Pukulan Berapi Menyakitkan’ yang ada di kartun Spongebob Squarepants!

Jadi pertama-tama, para penumpang akan dibawa perlahan dalam lintasan awal sebelum menuju lintasan utama yang berbentuk huruf ‘u’ terbalik. Roller coaster pun pelan-pelan naik dan akan berhenti sejenak di puncak lintasan utama.

Tak lama kemudian, Anda pun akan ‘diterjunkan’ ke bawah hanya dalam waktu 3,5 detik saja! Saat memutuskan untuk naik wahana ini, pastikan Anda sudah benar-benar siap secara fisik dan mental ya.

Itu tadi tujuh wahana permainan paling ekstrim di dunia yang banyak membuat pengunjung penasaran. Beruntung ketujuh wahana di atas masih beroperasi dengan baik hingga sekarang dan tidak pernah dikabarkan memakan korban.

Untuk sekedar saran, sebelum menaiki sebuah wahana permainan ekstrim pastikan Anda tidak dalam keadaan habis melahap suatu makanan atau minuman. Ini untuk mengantisipasi agar Anda tidak muntah berat setelah turun dari wahana tersebut. Jadi, bagaimana? Masih punya nyali untuk menjajal salah satu wahana di atas?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here