21 Tempat Wisata Asyik di Kawasan Bandung yang Sayang Untuk Dilewatkan 

0
283
21 Tempat Wisata Asyik di Kawasan Bandung yang Sayang Untuk Dilewatkan

Bandung yang merupakan Ibukota provinsi Jawa Barat ini memang merupakan kota ini selalu menarik minat wisatawan baik domestik maupun internasional. Dengan beragam wisata kuliner, wisata belanja, dan wisata alamnya tempat ini tak pernah membosankan.

Tempat wisata di Bandung yang beragam sekali membuat para wisatawan tak akan kehabisan ide untuk datang ke beragam tempat. Karena itu tidak heran jika kota ini jadi salah satu tujuan wisata utama di jawa barat saat liburan. Terlebih dengan posisinya yang terletak di dekat kota Jakarta membuatnya menjadi tempat wisata favorit warga ibukota.

Karena dekatnya itu, maka tidak heran jika transport menuju kota Bandung juga tidak sedikit. Wisatawan bisa menggunakan jasa travel, kereta api maupun bis antar kota dan provinsi yang menggunakan  jalan tol Cipularang yang memangkas waktu tempuh Jakarta-Bandung menjadi kurang lebih 2-3 jam.

Bagi Anda yang bingung hendak mengunjungi wisata apa di Bandung, simak ulasan berikut ini. Tempat-tempat wisata berikut ini sangat asyik digunakan untuk mengisi liburan Anda.

Tempat Wisata di Bandung yang Harus Anda Kunjungi

Gunung Tangkuban Perahu

Gn. Tangkuban Parahu

Wisata pertama yaitu Gunung Tangkuban Perahu. Gunung yang satu ini merupakan salah satu situs wisata terkenal di Indonesia yang letaknya berada di daerah Lembang. Gunung yang terletak di sekitar 20 kilometer di utara Kota Bandung ini memiliki bentuk menyerupai perahu terbalik. Sangat unik dan menarik sehingga tempat  ini selalu padat pengunjung pada akhir pekan dan waktu liburan.

Gunung Tangkuban perahu memiliki 2 kawah yang cukup terkenal, yaitu Kawah Ratu yang merupakan kawah paling besar dan Kawah Domas yang berada sekitar 1,2Km dibawahnya.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Wisata berikutnya yang tidak kalah terkenal yaitu Kawah Putih Ciwidey. Tempat wisata yang sudah tidak asing di kalangan pecinta alam ini terletak di daerah Ciwidey sekitar 50 Km di selatan Bandung. Wilayah ini merupakan kawah vulkanik dengan tanah yang berwarna putih akibat kandungan belerang pada tanah yang membuatnya tampak cantik sekali.

Sehingga di tempat ini Anda bisa mengambil foto nan elok sepuasnya untuk diposting di media sosial. Air Kawah Putih Ciwidey yang berwarna cerah dan terkadang berubah warna merupakan keunikan dari kawah itu sendiri yang tentunya membuat tempat ini semakin cantik.

Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang

Wisata ketiga yang sayang untuk dilewatkan yaitu Danau Situ Patenggang. Danau yang satu ini terletak sekitar 7 Km dari Kawah Putih dan memiliki pemandangan  danau indah yang dikelilingi oleh lembah dan perkebunan teh yang hijau. Tempat ini sangat menyenangkan untuk didatangi bersama keluarga dan teman.

Di danau ini terdapat situs legenda Batu Cinta yang terletak di pulau kecil di tengah danau yang amat cantik. Untuk mengunjunginya Anda bisa Anda bisa menggunakan perahu yang tersedia di sana. Dikelilingi hamparan teh dan udara yang segar tentunya ini merupakan tempat yang cocok bagi tubuh dan pikiran yang penat untuk beristirahat.

Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang

Wisata berikutnya yaitu Farmhouse Lembang. Tempat wisata yang satu ini bisa dikatakan salah satu tempat wisata di Bandung terbaru yang langsung menyedot banyak pengunjung karena lokasinya yang strategis serta banyak spot berfoto yang bagus banget.

Kebun Teh Sukawana

Kebun Teh Sukawana

Wisata berikutnya yang sayang untuk dilewatkan yaitu kebun teh Sukawana. Tempat ini masih sedikit sepi lantaran tempatnya memang sedikit tersembunyi, namun kebun yang satu ini memiliki kebun teh yang rapi dan hijau serta tidak bising. Cocok bagi Anda yang ingin menyegarkan diri saat liburan.

Curug Cinulang Cicalengka

Curug Cinulang Cicalengka

Tempat wisata alam berikutnya yaitu Curug Cinulang yang letaknya berada di  perbatasan kabupaten Bandung dengan Sumedang. Tempat ini lebih mudah dijangkau dari Bandung, tepatnya dari Cicalengka karena lokasinya berada di pinggir jalan.

Curug Tilu Leuwi Opat Lembang

Curug Tilu Leuwi Opat Lembang

Bagi Anda yang suka trekking, rasanya sayang melewatkan wisata yang satu ini, curug tilu leuwi opat. Curug yang berada di area Parongpong Lembang ini tidak jauh dari dusun bambu dan curug cimahi.

Untuk tiba di curug nan indah ini, Anda musti berjalan menyusuri trek yang tersedia kurang lebih 30 menit dikelilingi jalanan nan indah. Cuaca yang adem dan pemandangan menawan tentunya akan membuat Anda melupakan rasa lelah tersebut.

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

Wisata berikutnya merupakan wisata edukasi yakni Museum Geologi Bandung. Museum yang satu ini terletak di jalan Diponegoro dan sangat dekat dengan Gedung Sate dan Taman Lansia. Museum ini memiliki koleksi fosil, bebatuan, mineral dan peta mulai dari peta geologi, geofisika, gunung api, geomorfologi, dan lain sebagainya.

Tentunya aneka hal menarik di dalam museum ini bisa menarik rasa ingin tahu pengunjung anak-anak bahkan dewasa. Sehingga bagi Anda yang membawa anak-anak, tak ada salahnya datang ke tempat ini. Anak-anak pasti akan menyukai fosil-fosil replika dari binatang purba, terutama fosil dinosaurus.

Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha

Tempat wisata edukasi berikutnya yang sayang untuk dilewatkan yaitu Observatorium Bosscha. Tempat pengamatan bintang ini berlokasi di Lembang, sekitar 15Km di utara kota Bandung dan untuk berkunjung ke tempat ini Anda diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu.

Petugas observatorium tidak akan mengijinkan Anda masuk ke observatorium bila Anda langsung datang sehingga sebaiknya sebelum datang ke Bandung Anda mendaftarkan diri. Jika tidak ingin masuk ke observatorium, Anda tetap bisa  menikmati taman dan suasana sekitar observatorium ini.

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang

Wisata berikutnya yang sayang untuk dilewatkan yaitu Floating Market Lembang. Tempat keren yang hits belakangan ini berada di daerah Lembang, dan memiliki suasana yang adem banget.

Di Floating market Anda bisa menemukan berbagai wahana permainan dananeka kuliner yang menggugah selera. Bahkan banyak sekali spot indah untuk berfoto yang tentunya bisa Anda upload di instagram nanti.

The Lodge Maribaya Bandung

The Lodge Maribaya Bandung

Wisata berikutnya yaitu tempat wisata yang terletak di kawasan Cibodas Lembang, The Lodge Maribaya. Tempat wisata yang satu ini bisa dikatakan salah satu tempat favorit di Lembang saat ini yang menyajikan suasana indah hutan pinus, dan berbagai tempat untuk selfie yang keren banget.

Beberapa spot selfie yang menjadi favorit wisatawan yaitu ayunan dengan background hutan pinus, dan juga balon udara.

Ciwidey Valley Hot Spring Water Park

Ciwidey Valley Hot Spring Water Park

Wisata berikutnya yang tidak kalah keren yaitu Ciwidey Valley Hot Spring Water Park yang berada di kawasan Ciwidey atau tepat sebelum kawah putih. Di tempat wisata yang satu ini Anda bisa menikmati berbagai permainan di waterpark air panas yang tersedia atau bahkan menginap di cottage dan hotel yang tersedia.

Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo

Tempat wisata berikutnya yang sayang untuk dilewatkan yaitu Saung Angklung Udjo. Tempat wisata budaya dan edukasi yang satu ini berada di Padasuka Bandung tidak jauh dari terminal Cicaheum.

Untuk sampai ke wisata yang menyajikan budaya tradisional Sunda ini, Anda bisa melewati rute yang satu arah dengan puncak bintang, bukit moko, dan kawasan cartil.

Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung

Wisata berikutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Trans Studio Bandung. Tempat wisata yang berada dalam satu tempat dengan Trans Studio Mall dengan alamat di jalan Gatot Subroto 289 ini memiliki banyak wahana keren dan unik.

Meskipun letaknya indoor, namun aneka wahana tersedia lengkap di sini sehingga cocok untuk mengisi waktu liburan Anda. Wahana semacam Giant Swing, Vertigo, Sky Pirates, Captain Black Heart Pirate Ship, roller coaster, dan aneka wahana lain siap menyambut kedatangan Anda.

Taman Begonia Lembang

Taman Begonia Lembang

Wisata berikutnya yang sayang untuk dilewatkan yaitu Kebun bunga di Taman Begonia Lembang. Anda pasti sudah sering melihat taman ini di berbagai timeline facebook ataupun instagram. Hal ini dikarenakan tempat ini memang sangat disukai para wisatawan dengan landscape yang dipenuhi dengan bunga berwarna-warni.

De Ranch Lembang

De Ranch Lembang

Wisata berikutnya yang bisa Anda kunjungi yaitu De Ranch Lembang. Tempat wisata keluarga yang satu ini menawarkan konsep yang berbeda dengan yang lain yakni suasana western ala koboy yang asyik banget.

Anda bisa naik kuda dengan instruktur terlatih atau mengambil gambar yang instagramable. Bisa juga menikmati berbagai wahana yang ada disini yang pastinya seru bahkan untuk anak-anak.

Orchid Forrest Cikole Lembang

Orchid Forrest Cikole Lembang

Wisata berikutnya yang tidak kalah menawan yaitu Orchid Forrest Cikole. Tempat wisata yang satu ini menjadi favorit wisatawan lantaranselain sebagai tempat wisata, tempat ini juga merupakan tempat budidaya anggrek yang keren banget.

Anda bisa mengambil foto yang hits banget di tempat ini untuk Anda upload ke media sosial. Selain itu Anda juga bisa melihat-lihat aneka koleksi anggrek yang indah yang dimiliki oleh Orchid Forrest Cikole.

Tempat yang memiliki aneka anggrek terbesar di Indonesia ini berada di Cikole. Sehingga saat Anda pergi ke Tangkuban Perahu, pasti Anda akan melewati tempat ini.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Tempat wisata keren berikutnya yaitu taman hutan Taman Hutan Raya Djuanda yang terletak di kawasan Dago Pakar hingga Maribaya. Tempat ini merupakan taman hutan raya pertama di Indonesia yang memiliki kurang lebih 2500 jenis tanaman yang amat memesona.

Ada banyak sekali wisata lain selain wisata botani, misalnya Monumen Ir. H. Djuanda, Museum Ir.H Djuanda, Prasasti Raja Thailand, Gua Jepang dan Gua Belanda, Air Terjun Dago, Air Terjun Omas, dan juga Air Terjun Lalay.

Tempat ini memiliki suhu udara yang selalu sejuk dan suasana yang tenang. Sehingga sangat cocok dijadikan tempat berkumpul, bersantai dan bercengkerama bersama keluarga dan teman Anda saat Anda di sana.

Situ Cisanti Bandung

Situ Cisanti Bandung

Wisata berikutnya yaitu Situ Cisanti yang merupakan hulu sungai Citarum. Hulu sungai yang membelah Bandung ini sangat indah dan memiliki suasana yang masih alami.

Puncak Bintang

Puncak Bintang

Tempat wisata terkenal di Bandung yang sayang untuk dilewatkan berikutnya yaitu Puncak Bintang Bandung. Tempat ini berada tidak jauh dari pusat kota sehingga menjadi tempat favorit banyak orang.

Di puncak bintang, Anda bisa menikmati suasana alam yang masih segar dan pemandangan kota dari ketinggian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here