8 Alasan Kenapa Anda Wajib Tes Trigliserida

0
331

Dunia yang terus berkembang memang memicu perubahan dalam berbagai hal. Yang jelas bisa dilihat adalah mengenai kemajuan teknologi. Saat ini semua hal bisa diperoleh melalui kecanggihan alat-alat dalam hal apapun. Salah satu yang begitu bisa dinikmati adalah akses internet. Internet pula membuat gaya hidup masyarakat terutama di kota-kota besar berubah.

Tak bisa dipungkiri kalau internet memang mampu membuat kehidupan seseorang berputar makin cepat. Lewat internet pula, Anda bisa mendapatkan sesuatu tanpa harus keluar rumah. Hanya bermodalkan perangkai gawai dan akses internet, banyak hal didapatkan dengan cara instan, termasuk makanan. Tinggal duduk santai di rumah, memesan lewat aplikasi dan membayarnya secara online, makanan dikirim pada Anda.

Namun tak selamanya seluruh hal yang instan itu punya nilai positif, terutama makanan. Kecenderungan yang ada adalah makanan instan malah punya dampak buruk ke tubuh seperti memicu kolesterol dan trigliserida tinggi. Sekedar informasi, trigliserida berbeda dengan kolesterol. Jika kolesterol disebabkan oleh makanan berlemak, maka trigliserida karena konsumsi kalori terlalu banyak.

Dalam tubuh, trigliserida menjadi salah satu jenis lemak pada darah. Saat Anda makan, tubuh ini mengubah semua kalori tidak terpakai menjadi trigliserida dan disimpan ke sel-sel lemak. Kalau Anda suka makan banyak kalori tapi kurang gerak, maka trigliserida tidak akan bisa dilepas jadi energi sehingga jumlahnya meningkat dalam darah. Kebiasaan doyan makan malas olahraga inilah yang kini mewabah.

Melihat dari sisi medis, trigliserida yang terlalu tinggi jelas cukup berbahaya karena memicu risiko terkena penyakit jantung dan berbagai sindrom metabolik serta stroke. Untuk itulah terlepas dari kondisi Anda secara visual tampak sehat atau tidak, tua atau muda, ada baiknya untuk melakukan tes trigliserida. Jika masih belum yakin, beberapa alasan berikut ini akan membuat Anda ingin menguji trigliserida dalam darah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here