Nikmati Sensasi Segar di Wajah dengan Beberapa Masker Buah Alami Berikut Ini

0
198

Masalah pada Wajah dan Cara Mengatasinya

Setiap orang pastinya ingin mempunyai wajah yang sehat, bersih dan terhindar dari permasalahan kulit. Apalagi kulit wajah. Untuk sebagian orang khususnya wanita, tentu saja rela melakukan apa saja demi mempunyai kulit wajah yang cantik bersih dan segar.

Mereka pun rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan wajah yang bersih sesuai dengan keinginan mereka. Namun perawatan dengan krim dokter atau krim luar selain mahal juga bisa menimbulkan efek samping seperti ketergantungan. Jadi setelah berhenti menggunakan krim maka wajah akan kembali bermasalah dan terlihat kusam kembali.

Sebelum menentukan perawatan yang Anda gunakan maka sebaiknya Anda mengenali terlebih dahulu masalah-masalah pada kulit wajah dan mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Beberapa Masalah yang Sering Muncul dalam Wajah dan Cara Mengatasinya

Jerawat

Masalah yang sering kali membuat kita pusing adalah masalah jerawat yang sangat mengganggu penampilan di wajah kita. Jerawat ada saat-saat tertentu seperti mendekati siklus menstruasi atau di saat kita sedang merasakan lelah atau stres.

Jerawat sendiri banyak disebabkan oleh perubahan hormon di dalam tubuh seperti meningkatnya hormon androgen yang menyebabkan wajah menjadi berminyak dan memicu tumbuhnya jerawat. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa menggunakan beberapa masker alami di bawah ini untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda:

  • Gunakan lah uap untuk membuka pori-pori wajah Anda. Penyebab jerawat biasanya karena kotoran yang menyumbat pori-pori wajah, sehingga saat pori-pori terbuka jerawat bisa sembuh dan hilang. Caranya mudah cukup siapkan air hangat di dalam wadah dan dekatkan wajah Anda. Lakukan setidaknya tiga kali di dalam satu minggu dan nikmati perbedaannya.
  • Kompres jerawat Anda dengan es batu. Es batu bisa mengatas luka lebam, maka Anda juga bisa menggunakannya untuk mengompres wajah Anda sehingga jerawat akan kempis.
  • Cuka apel. Saat ini yang sedang menjadi tren adalah pengobatan jerawat menggunakan masker alami dari cuka apel. Apabila Anda tidak sempat membuatnya Anda bisa membeli yang sudah dalam bentuk kemasan. Masker dari cuka apel banyak terjual baik di toko kosmetik maupun di pasar online.

Gunakan secara rutin sebelum tidur atau lebih maksimal lagi saat Anda membiarkannya semalaman saat Anda tidur dan membilasnya keesokan hari.

  • Soda kue yang biasa Anda gunakan untuk campuran membuat kue atau biasa dikenal dengan banking soda ternyata bermanfaat sebagai penyeimbangan pH yang bisa mengatasi masalah jerawat.
  • Masker dari buah alpukat yang dicampur dengan madu. Seperti kita ketahui, buah alpukat merupakan satu sumber vitamin E yang sangat tinggi. Bermanfaat bagi wajah untuk menyehatkan kulit dan juga mengatasi jerawat. Lakukan masker rutin dengan buah alpukat ini setidaknya dua hari sekali agar kulit wajah Anda
  • Minuman yoghurt juga bisa digunakan sebagai masker wajah dengan campuran madu. Yoghurt mempunyai kandungan zat asam yang bisa membunuh bakteri yang membuat wajah Anda
  • Anda bisa menggunakan lemon atau jeruk nipis yang diris menjadi dua lalu oleskan ke wajah Anda. Memang awalnya akan terasa perih namun apabila Anda rutin menggunakannya maka akan terasa biasa dan penyembuhan jerawatnya juga cukup pesat. Anda juga bisa mencampurkan air perasan lemon atau jeruk nipis dengan madu agar tidak terasa terlalu perih.
  • Masker wajah dari pisang dan kunyit. Caranya cukup mudah, campurkan satu buah pisang dengan kunyit dan soda kue sebanyak ½ sendok makan. Gunakan pada wajah Anda selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air hangat bersih. Masker ini bisa membuat efek kering pada wajah Anda.

Sehingga setelah menggunakan masker ini usahakan segera menggunakan pelembap wajah. Selain itu sebaiknya Anda tidak terlalu sering dalam menggunakan masker wajah dari buah pisang. Cukup satu minggu sekali.

Lingkaran hitam di sekitar mata

Mempunyai lingkaran hitam di bawah mata tentu saja sangat mengganggu penampilan kita. Apalagi bagi sebagian orang yang tidak suka berdandan. Tentu saja lingkaran hitam tersebut bisa sangat mengganggu. Kalau kita berdandan mungkin bisa disamarkan dengan make up.

Ada beberapa cara alami untuk menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata. Biasanya lingkaran hitam itu sendiri ada karena kurang istirahat dan badan kelelahan. Berikut ada beberapa cara alami untuk mengatasinya :

  • Mentimun, gunakan lah buah satu ini untuk mengompres area di sekitar mata Anda untuk membantu menyamarkan lingkaran hitam di wajah. Caranya cukup mudah ambillah buah mentimun yang sudah semalaman didinginkan di lemari es, kemudian iris tipis dan letakkan pada mata Anda dalam keadaan tertutup.
  • Kantong teh celup yang sudah didinginkan semalaman di lemari es juga bermanfaat manjur untuk menyamarkan lingkaran hitam di wajah Anda.
  • Es batu, gunakan es batu yang diikat dalam kain tipis dan kompres kan pada mata Anda sehingga bisa membuat lebam dan hitam pada mata Anda berangsur menghilang.
  • Kentang, sayuran satu ini bisa digunakan untuk masker mata Anda caranya dengan blender kentang Anda kemudian oleskan pada mata Anda dengan keadaan tertutup. Biarkan selama 15 hingga 30 menit kemudian bilaslah dengan air hangat.
  • Minyak almond, oleskan secara rutin setiap pagi dan juga sore hari sebelum Anda Kandungan vitamin E pada minyak ini bisa membuat kulit Anda terlihat segar dan menghilangkan warna hitam.
  • Sendok beku, simpanlah 2 sendok stainless yang didinginkan di dalam freezer lemari es semalaman, kemudian gunakan untuk mengompres mata Anda di pagi harinya. Namun usahakan Anda sudah membersihkan wajah Anda terlebih dahulu. Gunakan hingga rasa dingin dari sendok tersebut hilang.

Warna kulit tidak merata

Mempunyai warna kulit yang tidak merata tentu saja akan sangat mengganggu penampilan Anda. Biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari langsung atau karena penggunaan krim perawatan yang menimbulkan efek. Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan beberapa cara berikut ini :

  • Minyak zaitun, kandungan di dalam minyak zaitun sudah terbukti khasiatnya. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, untuk kecantikan juga sangat manjur. Bisa digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan di dalam tubuh seperti rambut rontok termasuk juga menghilangkan warna tidak merata atau belang pada wajah.

Caranya pun cukup mudah, dengan oleskan minyak zaitun pada wajah sebelum tidur lalu biarkan meresap pada wajah Anda selama semalaman dan bilas dengan air bersih saat pagi hari.

  • Jeruk lemon, gunakanlah jeruk lemon yang dicampurkan dengan tepung beras untuk digunakan sebagai masker wajah Anda. Gunakan secara rutin. Vitamin C dan juga antioksidan bisa membuat wajah Anda putih dan segar.
  • Yoghurt dan susu. Campurkan kedua bahan ini untuk membuat kulit wajah Anda putih merata dan juga lebih kenyal. Formula ini terbilang ampuh. Gunakan sebagai masker dan biarkan 20 hingga 30 menit kemudian bilaslah dengan air hangat.
  • Mentimun, buah ini sudah terbukti sangat manjur untuk kesehatan kulit terutama untuk mencerahkan kulit dan memudarkan belang pada kulit wajah Anda. Buah mentimun dapat diaplikasikan dengan campuran perasan air lemon dan dioleskan ke wajah Anda lalu dibiarkan hingga 20 menit. Ingatlah untuk membilasnya gunakan air dingin.
  • Gula, siapa sangka gula ternyata ampuh untuk membuat wajah Anda putih merata. Penggunaannya pun cukup efektif. Anda bisa mencampurkannya dengan teh hijau, pisang, madu bahkan bisa dengan oatmeal.
  • Pepaya, buah ini sangat ampuh untuk mengatasi belang pada wajah, mencerahkan kulit bahkan memberikan nutrisi pada kulit wajah dan membuatnya terasa kenyal.
  • Bubuk cendana, tidak mengira bubuk ini berkhasiat untuk kulit wajah. Dengan di campurkan dengan madu maupun susu bisa Anda gunakan sebagai masker alami yang bisa membuat wajah Anda putih merata, menghilangkan belang, menghaluskan kulit bahkan membuatnya berkilau.
  • Lidah buaya, tidak diragukan lagi, tanaman yang satu ini memang kaya sekali khasiatnya untuk perawatan kulit. Termasuk kulit wajah. Lidah buaya bisa digunakan untuk olesan wajah Anda yang belang. Lidah buaya sangat ampuh untuk membantu regenerasi kulit sehingga mempercepat tumbuhnya sel kulit baru.

Pori-pori kulit yang membesar

Mempunyai pori-pori yang membesar tentunya merupakan salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu. Riasan wajah kita akan terlihat kurang sempurna saat kita mempunyai pori-pori yang besar. Kulit wajah yang mengalami pori-pori besar juga memicu timbulnya flek hitam atau bintik-bintik hitam yang cukup merepotkan.

Pori-pori besar pada wajah biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan krim wajah, paparan sinar matahari langsung, produksi minyak yang berlebihan atau karena jarang membersihkan wajah juga menjadi pemicu pori-pori besar pada kulit wajah.

Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan krim-krim wajah atau juga alangkah baiknya Anda menggunakan bahan alami yang tentu saja tidak menimbulkan efek samping. Bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk memperkecil pori-pori kulit wajah Anda antara lain :

  • Putih telur

Gunakanlah putih telur sebagai masker alami yang bisa mengangkat kotoran pada wajah Anda. Selain itu putih telur juga bisa mengangkat komedo serta mengencangkan kulit sehingga pori-pori pada kulit Anda bisa mengecil.

Putih telur ini bisa Anda gunakan sebagai masker dengan air lemon atau madu. Gunakan secara rutin minimal dalam satu minggu tiga kali sehingga bisa mendapatkan hasil yang cepat dan maksimal.

  • Madu

Kandungan di dalam madu sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Madu sangat terkenal dengan ekstrak alaminya yang mampu memberikan khasiat untuk berbagai hal, kesehatan tubuh, bahkan kecantikan.

Dengan rutin mengoleskan madu ke wajah Anda bisa membuat pori-pori di dalam kulit wajah Anda mengecil. Selain itu juga bisa membuat kulit Anda kenyal dan sehat dengan nutrisi yang terkandung di dalam madu tersebut.

Ada banyak sekali masker dan juga perawatan alami yang bisa Anda pilih untuk perawatan kulit wajah Anda. Penggunaan krim dokter maupun krim-krim perawatan buatan pabrik lainnya memang boleh dipergunakan. Namun sebaiknya Anda menggunakan perawatan yang alami agar tidak menimbulkan ketergantungan dan juga efek samping lainnya.

Perawatan alami untuk memanjakan kulit wajah Anda pun tidak lah mahal dan sangat mudah didapatkan di sekitar Anda. Seperti buah-buahan yang banyak dijual di pasar dan bahan perawatan lain yang ada di sekitar Anda.

Selain dengan perawatan, maka usahakan waktu istirahat yang cukup, gaya hidup yang benar, menghindari makan makanan yang tidak sehat dan juga olahraga yang teratur untuk mendapatkan kulit wajah yang Anda harapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here