Kencur, Rempah yang Memberikan Berbagai Manfaat untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

0
57

Kaempferiagalanga atau kencur merupakan rempah alami yang banyak digunakan di Indonesia. Kencur menjadi bahan utama pembuatan jamu tradisional dan bumbu masakan seperti seblak. Tidak hanya memberikan cita rasa khas, banyak manfaat kencur yang bagus untuk kesehatan.

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Banyak sekali kegunaan kencur untuk menjaga kesehatan, beberapa di antaranya terdapat di bawah ini.

  1. Dapat mengurangi stres

Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa kencur memiliki sifat antidepresan atas sistem saraf pusat. Seluruh bagian tanaman kencur dapat memberikan efek menenangkan atau sedatif. Manfaat tersebut bisa didapat dalam bentuk jamu, suplemen, hingga aromaterapi.

  1. Manfaat kencur untuk batuk

Kencur sudah lama menjadi obat batuk alami yang aman. Dengan minum kencur maka pernapasan bisa menjadi lega dan batuk berdahak lebih cepat sembuh. Maka banyak juga pekerja seni yang mengonsumsi kencur untuk menjaga kesehatan pita suara.

  1. Membantu mengobati diare

Dalam International JournalofPharmacyand Pharmaceutical Sciences terdapat hasil penelitian yang menunjukkan manfaat kencur untuk diare. Terdapat banyak kandungan zat sitotoksik dan antibakteri pada ekstrak kencur. Kandungan tersebut mampu mengatasi diare.

  1. Membantu mencegah karies gigi

Kandungan antimikrobia pada kencur mampu menghambat berkembangnya bakteri Lactobacillusacidophilus. Jika bakteri tersebut semakin banyak berkembang akan menyebabkan kerusakan gigi seperti karies gigi. Anak-anak banyak yang mengalami kerusakan gigi berupa sakit, berlubang, hingga infeksi.

  1. Mengobati hipertensi

Terdapat penelitian menunjukkan, kencur mengandung antioksidan, kalium, dan senyawa bersifat diuretik. Kandungan tersebut dapat berperan untuk menurunkan hipertensi dan menjaga agar stabil. Selain itu kencur juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Manfaat Kencur untuk Kulit

Berikut ini merupakan beberapa manfaat kencur untuk kecantikan yang biasanya terdapat bahan campuran seperti beras.

  1. Mengobati jerawat

Zat anti radang dan antioksidan pada kencur bisa membantu mempercepat jerawat kering. Caranya dengan mengaplikasikan masker kencur dan beras secara rutin. Pemakaian yang rutin akan membuat kulit wajah sehat dan jerawat tidak akan mudah muncul lagi.

  1. Menjaga kulit lembab, kenyal, dan cerah

Kulit yang lembab dan kenyal dapat menjadi tanda bahwa kulit tersebut sehat. Gunakan masker beras kencur serata rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, vitamin B1, C, dan E dapat membantu kulit wajah menjadi lebih cerah.

  1. Mengontrol minyak

Kulit minyak yang berlebihan pada wajah akan membuatnya tampak kusam dan lebih mudah muncul jerawat. Pemakaian masker beras kencur secara teratur akan membantu mengontrol kadar minyak pada wajah. Wajah yang tidak memiliki minyak berlebih juga akan terlihat lebih bagus.

  1. Mencegah penuaan dini

Kencur mengandung vitamin B1, C, dan E, serta allantoin, dan asam ferulic yang dapat menyamarkan kerutan. Selain itu kencur juga dapat membantu mengencangkan kulit. tidak hanya dengan masker saja, mengonsumsinya akan mendatangkan manfaat kencur untuk wajah.

Tips Mengolah Kencur

Ada 4 cara mengolah kencur agar mendapatkan manfaat kencur untuk tubuh dan kulit.

  1. Menumbuk kencur

Menumbuk rimpang kencur dan daun hingga halus dapat menjadi obat untuk menyembuhkan influenza. Selain itu tumbukan tersebut bisa berguna untuk meringankan sakit kepala. Maka banyak orang tua yang memberikan ramuan kencur untuk anak karena aman untuk obat.

  1. Memarut kencur

Memarut kencur dan mencampurkan sarinya dengan air hangat dapat menjadi obat batuk alami. Manfaat kencur yang diparut juga berguna untuk masker. Yaitu dengan mengambil sarinya dan mendiamkan sebentar, kemudian memakainya untuk masker wajah.

  1. Menyangrai kencur

Rebus rimpang kencur bersama bahan-bahan lain, kemudian sangrai semua bahan. Dengan proses sangrai maka kandungan dalam kencur akan keluar dengan lebih maksimal. Langkah ini bisa menjadikan kencur sebagai obat penghilang lelah.

  1. Mengunyah kencur

Mengunyah rimpang kencur secara langsung dapat menjadi cara untuk mengatasi radang lambung. Telan sari kencur yang keluar kemudian buang ampasnya. Namun jika tidak terlalu suka dengan aroma khas kencur bisa menggunakan cara lain saja.

Sekarang ini terdapat cara praktis untuk mendapatkan berbagai manfaat kencur. Terdapat banyak produk yang menyediakan sari kencur dengan berbagai rempah lain untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak pula penjual jamu tradisional yang menyediakan beras kencur, dan masker beras kencur yang praktis untuk digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here