Liburan Tidak Perlu Mahal, Intip Destinasi Wisata Indonesia yang Irit di Kantong

0
651
Liburan Tidak Perlu Mahal, Intip Destinasi Wisata Indonesia yang Irit di Kantong

Bagi Anda yang ingin refreshing, mungkin sudah saatnya berburu tempat wisata yang bisa masuk daftar rencana liburan akhir pekan maupun akhir tahun. Masalahnya, bagaimana jika isi kantong Anda tidak setebal harga liburan impian itu?  Tenang, tidak ada yang harus dikhawatirkan., sebab Anda masih bisa liburan meskipun memiliki budget yang minim.

Murah memang, tapi jangan sekali-kali terpancing dengan istilah itu, karena sekalipun murah, tempat-tempat ini tidaklah murahan.  Anda bisa mulai mengajak orang terdekat untuk ikut serta, karena liburan tidak akan asyik jika dilakukan sendiri.

Ada beberapa tempat wisata yang bisa direkomendasikan untuk Anda dengan harga yang pas dan bisa disesuaikan dengan isi dompet. Selamat bersenang-senang dan segera masukan daftar ini dalam rencana liburan Anda nanti.

Jendela Alam Bandung

          Jendela Alam Bandung

Bertempat di Kompleks Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri Km 4,5 Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Selalu, Bandung memang tidak ada habisnya menghadirkan tempat wisata menarik, ditambah lagi tidak akan menyakiti hati karena murah di kantong.

Tempat wisata ini dinamakan sebagai Jendela Alam, sebuah obyek yang dilengkapi dengan fasilitas mumpuni dan harga tiket masuk sekitar 10-15 ribu rupiah. Dengan harga yang murah itu, Anda dapat mencoba fasilitas bermain gratis di sana, seperti Flying Fox, Papan Panjat, Jembatan Goyang, Halang Rintang dan semua jenis permainan keseimbangan lain. Wah, sungguh tempat yang menyenangkan.

D’KAndang Amazing Farm Depok

D’KAndang Amazing Farm Depok

D’KAndang Amazing Farm Depok merupakan wisata alam yang bertempat di tengah kota, tepat berada di Jl. Penarikan RT 07/02, Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok ini, merupakan sebuah obyek wisata yang berciri khas dengan berwisata sekaligus belajar aktivitas kegiatan alam, seperti bercocok tanam buah-buahan atau sayuran, memberi makan ternak sapi atau kambing.

Uniknya lagi Anda bisa naik delman yang ditarik oleh domba. Jika Anda menyukainya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal harga, karena tempat ini menyajikan paket wisata 5 orang dengan harga 670 ribu rupiah yang dilengkapi dengan 20 aktivitas kegiatan. Tidak hanya itu, tempat ini juga menyediakan untuk perorangan dengan harga 10-20 ribu untuk tiap kegiatan.

Kampung Bambu Bogor

             kampung bambu

Dinamakan Kampung Bambu, tentu saja tempat ini menyediakan wisata dengan nuansa perdesaan yang sejuk nan asri. Lokasinya terletak di antara Gunung Salak dan Gunung Pangrongo, maka tidak bohong jika pemandangannya sangat luar biasa mengagumkan.

Jika Anda benar-benar tertarik, setidaknya butuh 18 km yang harus dilalui dari gerbang tol Bogor menuju arah Sukabumi, tepatnya di JL. Desa Cibarayut, Kampung Selawi, Cibarayut, Cigombong, Bogor, Jawa Barat.

Kids Fun Park’s Yogyakarta

            Kids Fun Park

Seperti namanya, Kids Fun Park adalah tempat bermain anak yang terletak di Jl. Wonosari, Tegaltirto, Berbag, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata ini menyediakan berbagai wahana air dan permainan lain yang jelas menguji keberanian Anda. Jika Anda tertarik, maka lekas datanglah dengan membayar tiket masuk untuk anak sebesar 69 ribu rupiah dan 45 ribu rupiah untuk orang dewasa.

Grafika Cikole Lembang

      Grafika Cikole Lembang

Grafika Cikole Lembang bertempat di kaki Gunung Tangkuban Perahu yang berlokasi di Lembang, Jawa Barat. Tempat ini merupakan area camping di kawasan Hutan Lindung Pinus dan merupakan wisata yang meng-explore aktivitas outdoor, seperti tracking hutan, bermain kuda, menjelajah dan sebagainya.

Ciri khas dari tempat ini adalah penginapan yang serupa rumah hobit di film Lord of the Ring dan the Hobbits. Untuk bisa menginap di tempat ini setidaknya Anda harus membayar sekitar 2 juta rupiah untuk 6 orang dan sekitar 1 juta rupiah untuk camping di tengah Hutan Pinus.

Tetapi, jika Anda sekedar ingin berkunjung untuk menikmati keindahan dan kesejukan alamnya, maka Anda hanya perlu masuk, karena Grafika Cikole Lembang tidak menarik harga tiket masuk.

Tiara Waterpark Jember

Tiara Waterpark Jember

Tiara Waterpark terletak di Jember, merupakan tempat wisata yang baru dibuka tahun 2011 lalu. Tempat ini menyediakan 3 kolam renang dengan permainan seluncur setinggi 10-15 meter dan panjangnya 75 meter.

Selain itu, terdapat juga wahana berupa Bianglala, Kora-kora, Kuda Terbang, Kereta Kencana dan Flying Fox untuk Anda nikmati. Jika Anda tertarik, maka segera masukan tempat ini di daftar rencana liburan dan cukup sediakan 20 ribu rupiah saja untuk bisa masuk ke tempat wisata.

Nah, itu semua adalah tempat wisata murah yang bisa Anda jadikan alternatif liburan yang menyenangkan. Tidak hanya bisa refreshing, Anda juga tidak akan sakit hati dengan harganya.

Selain dari tempat-tempat itu, sebenarnya indonesia masih memiliki segudang tempat wisata lain. Bahkan ada kota yang disebut sebagai kota wisata karena banyaknya obyek wisata di dalamnya.

Ditambah lagi, kota-kota ini juga tidak akan bikin kantong jebol, karena harga hidupnya tidak tinggi-tinggi sekali.  Anda bisa menikmati kota wisata tersebut tanpa perlu khawatir jika tidak menyenangkan, sebab meskipun murah, jelas kota wisata ini tidaklah murahan.

Daftar Kota Wisata Murah di Indonesia

Batu, Malang

       Jawa Timur Park 1

Di kota Batu, Malang yang biasa dijuluki sebagai Kota Apel punya banyak obyek wisata menyenangkan, yaitu selain dari wisata kulinernya yang enak, rupanya pemandangannya pun bagus, suasananya sejuk dan pastinya karena ada Jawa Timur Park 1 dan 2, Eco Green Park, serta New Night Spectaculer.

 Semua lokasi wisata ini bisa dinikmati bersama dengan tiket terusan yang jelas harganya pasti bisa dijangkau. Dan khusus untuk Anda yang menyukai mobil klasik serta menginginkan spot foto yang instragramable banget, maka Anda bisa datang ke museum angkut. Pasti, Anda akan takjub dibuatnya.

Biaya yang digunakan untuk hidup di Batu pun, bisa dengan mudah disesuaikan dengan budget Anda. Jadi jangan takut dengan dompet tipis. Pasti bisa disiasati dan liburan jadi lebih menyenangkan.

Yogyakarta

          Candi Prambanan

Yogyakarta merupakan kota yang banyak obyek wisatanya, selain terkenal dengan keratonnya, kota ini juga punya khas kuliner seperti gudeg dan oseng mercon yang sama terkenalnya. Harga yang digunakan untuk mencicipi makanan ini pun sangat bisa dijangkau, jadi Anda tidak perlu was-was.

Selain keraton yang agung itu, Yogyakarta memiliki Candi Prambanan dan Istana Air Taman Sari. Serta terkhusus untuk Anda yang menyukai belanja, Yogyakarta juga punya Malioboro yang merupakan pusat perbelanjaan di sepanjang jalan terkenal di pusat kota Yogya.

Tidak hanya itu, kota ini juga memiliki gunung dan pantai, misalnya Parangtritis, Gunung Merapi serta Bukit Bintang yang bisa dijadikan spot foto kekinian. Pokoknya, di Yogyakarta, Anda bisa melakukan apa saja dan harganya pun tidak mahal, lalu pastinya bisa disesuaikan dengan ukuran kantong yang minim.

Solo

Pandawa Water World

Kota yang juga terkenal dengan nama Surakarta ini sangat ramai dikunjungi, karena memiliki tempat wisata yang lengkap, mulai dari kuliner, busana dan berbagai obyek yang tidak kalah menariknya.

Solo memiliki Pasar Klewer yang menyajikan bujana-busana khas dengan harga terjangkau. Dan jika Anda menyukainya, Solo punya Taman Sriwedari, Museum Manusia Purba Sangiran dan Pandawa Water World Solo baru,Komplek Pandawa Jl. Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57552 yang tentu bisa Anda nikmati dengan harga terjangkau.

Lamongan

         Maharani Zoo

Kota ini terlekat di pesisir utara Jawa Timur, merupakan sebuah kota dengan banyak jenis obyek wisata yang menarik. Misalnya wisata pemandian Air Panas Brumbung, Maharani Zoo dan Goa, serta wisata Bahari Lamongan. Disini, Anda pasti bisa liburan dengan tenang karena harganya yang cocok untuk budget Anda.

Yup, itu semua adalah daftar kota-kota murah dengan obyek wisata yang menyenangkan. Anda pasti akan terhibur dan merasa bahagia saat datang ke tempat-tempat itu, karena selain wisatanya bagus, harganya pun tidak mahal. Jadi, Anda bisa datang segera.

Tetapi, jika ternyata rumah Anda jauh dari kota-kota menyenangkan ini, bukan berarti Anda tidak bisa liburan murah. Anda tidak perlu memaksakan diri jika butuh ongkos lebih karena perjalanannya yang jauh dan mahal.

Untuk liburan asyik dan menyenangkan, sebenarnya Anda tidak perlu ke luar kota, sebab Indonesia punya banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda kunjungi dadakan, sekaligus dengan ongkos yang menenangkan.

Cara Hemat Liburan Menyenangkan

Pergi ke Museum

Banyak yang bilang pergi ke museum itu membosankan, siapa bilang? Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengenal Indonesia lebih dekat, karena biasanya ada banyak peninggalan masa lalu yang selalu punya kisah haru di sana. Selain itu, akhir-akhir tahun ini, museum banyak menyajikan pameran dan pertunjukan yang jelas bisa menambah wawasan Anda.

Bermain ke Pantai

Biasanya remaja sangat suka tempat ini, selain bisa menikmati debur ombak, pemandangan sunset dan sunrise yang juga sangat menawan. Tentunya, harga untuk liburan ini jelas tidak mahal. Disini, Anda bisa menikmati hawa air yang dingin, berenang, bermain voli, bermain pasir atau sekedar relaksasi.

Berkunjung ke Kebun Binatang

Kebun Binatang adalah tempat wisata yang sangat disukai anak-anak, tapi bukan berarti orang dewasa lantas tidak menyukainya. Kenyataannya, tempat ini justru sangat bagus dijadikan spot foto bersama kerabat makhluk hidup lain.

Anda bisa mencoba berkenalan dengan binatang-binatang yang tidak bisa ditemukan secara bebas,di sembarang tempat, misalnya Jerapah, Gajah, Macan, Buaya dan sebagainya. Hanya di kebun binatang lah, Anda bisa bertemu dengan mereka dan mencoba mengenal lebih dekat. .

Berkebun di Perkebunan Lokal

Berkebun adalah jenis liburan yang menyenangkan bagi orang-orang yang mencintai alam. Anda bisa bercocok tanam, seperti mencangkul atau menanam sayuran. Jika beruntung, Anda bisa memetik dan mencicipi hasil panennya langsung dari pohon. Tidakkah ini jadi destinasi liburan yang menyenangkan?

Anda juga tidak perlu membayar mahal untuk liburan ini, ditambah lagi Anda akan mendapatkan bonus ilmu bagaimana cara bertanam dengan baik dan benar sehingga bisa dicoba di kebun rumah sendiri.

Mencicipi Kuliner Enak di Pinggir Jalan

Mencicipi kuliner adalah cara wisata yang paling mudah dan murah, karena bisa dilakukan dimana saja. Anda tidak harus pergi jauh-jauh, kadang di kota sendiri pun, berjejer-jejer kuliner dari berbagai macam kota, meskipun mengenal kuliner kota sendiri seharusnya lebih diutamakan.

Tetapi,jika Anda ternyata datang dari kota lain dan menetap di kota sekarang, maka wisata kuliner ini tentu sangat menarik. Apalagi jika saat itu, Anda sedang rindu dengan kampung halaman, dan tidak sengaja melihat pondok makan dari daerah asal Anda. Wah, betapa menyenangkannya saat itu.

Ide yang satu ini, memang sangat cocok untuk mengisi waktu liburan dengan budget minim tapi memuaskan. Sekedar tips untuk Anda, jika benar-benar tertarik dengan ide ini, maka cobalah datang lebih awal ke tempat kuliner yang ingin Anda tuju, karena biasanya tempat-tempat seperti ini selalu ramai dikunjungi.

Jadi, bagaimana? Liburan mana yang menarik hati Anda. Tentu, semua tempat ini bisa Anda masuki dengan harga yang bisa dijangkau, Anda juga akan senang dan berhasil refreshing saat liburan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here