Deretan Pantai Cantik Tersembunyi di Bali untuk Dijelajahi

0
247

Sebagai destinasi wisata populer Bali menawarkan panorama yang menakjubkan. Tidak hanya budaya yang beraneka ragam. Namun pesona alamnya juga sangat memukau. Di Bali sendiri pantai adalah destinasi yang masih menjadi favorit hingga kini. Rasanya tidak lengkap kalau ke Pulau Dewata tanpa pergi ke pantainya.

Pantai-pantai seperti Kuta, Legian, Sanur atau Dreamland tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun sebenarnya selain pantai-pantai yang populer tersebut ada deretan pantai tersembunyi yang tidak kalah memukau. Lokasinya pun banyak yang masih cukup terpencil serta jauh dari keramaian. Pantai mana saja itu?

Pantai Indah Layaknya Surga Musim Panas Tersembunyi di Bali

Pantai Gunung Payung

Keindahan alami pantai ini sangat mengagumkan. Pantai Gunung Payung terletak di Desa Kutuh, kecamatan Kuta Selatan. Dari kota Denpasar ke sini membutuhkan waktu sekitar satu jam. Jalan yang menuju ke pantai juga sudah diaspal.

Tetapi untuk sampai bibir pantai kita harus melalui jalanan penuh kapur dengan pepohonan dan rumput liar. Selain itu juga harus melewati medan berupa undakan terjal tiga ratus anak tangga. Pantai ini masih sepi wisatawan dan sangat bersih.

Pasir putihnya lembut dengan air laut biru zamrud mempesona. Cocok jika Anda ingin berenang serta menyelam. Asyik juga Anda coba aktivitas lain seperti yoga sebab suasana pantainya sangat tenang.

Pantai Bias Tugel

Satu lagi pantai yang jauh dari keramaian. Lokasi Pantai Bias Tugel berada di Jalan Penataran Agung, Padang Bai. Dari bandara yakni sekitar 57 kilometer. Area pantainya tidak begitu luas dengan diapit batu karang.

Untuk sampai ke pantai kita harus melewati jalan terjal dan berbatu. Dari pelabuhan Padang Bai kurang lebih 500 meter. Pasir putih dan air biru jernih siap memanjakan Anda. Cocok untuk surfing serta snorkeling karena gelombangnya cukup tinggi dan panjang.

Lalu kehidupan bawah lautnya sangat alami dipenuhi koral dengan terumbu karang. Aman juga untuk berenang. Namun kalau malas berenang bisa juga di sekitar 50 meter arah kanan pantai, Anda santai menikmati pemandangan waterblow atau air laut yang membentur karang. Sehingga tercipta efek air mancur yang mengagumkan.

Pantai Uug atau Broken Beach

Pantai Uug terletak di arah barat daya dari Nusa Penida. Tepatnya di kawasan Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar. Pantai ini juga populer dikenal dengan nama Broken Beach. Jauh dari pemukiman, suasana pantai masih begitu segar alami.

Ada tebing karang yang tinggi mengelilingi pantainya jadi sangat tenang suasananya. Namun pesona utama Pantai Uug yakni keberadaan jembatan yang terbentuk secara alami. Karena ada lobang di tengah-tengah karang besar yang bersinggungan.

Sementara area yang dikelilingi tebing dipenuhi oleh air pasang. Sehingga terlihat menyerupai kolam raksasa. Di sini sangat indah pemandangannya ketika matahari terbenam. Kilau senja bersentuhan dengan permukaan laut. Memantulkan warna kebiruan dan terlihat di kejauhan ada gugusan bukit nan hijau. Menakjubkan.

Pantai Karma Kandara

Cocok dikunjungi jika Anda ingin merasakan sensasi pantai terpencil yang eksklusif. Karena itulah Anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk dapat menikmati keindahan pantai ini. Yakni biaya masuknya ratusan ribu namun sudah termasuk mendapatkan makan dan minum.

Pengunjung diharuskan membayar karena hanya ada dua jalan masuk ke pantai. Yaitu melalui lift atau elevator dari restoran Karma Beach atau menginap di Karma Mandara Resort. Meski demikian panorama pantai yang menanti Anda sangatlah sepadan.

Keindahan pantai membuat Anda serasa tengah berada di pesisir laut Mediterania. Dengan hamparan pasir putih beserta lautan hijau turquoise. Anda pun bisa menikmatinya sambil menyantap sajian ala Timur Tengah. Lalu ketika matahari terbenam akan diputarkan film layar lebar di tepi pantai. Sungguh tidak terlupakan.

Pantai Amed

Lokasi tepatnya berada di ujung timur Bali yakni Desa Amed, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Pantai indah ini sering disebut-sebut surganya para penyelam. Dari kota Denpasar ke sini membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam.

Lautnya tenang dengan pantai berpasir hitam yang unik. Jika ke sini kita akan merasakan nuansa kental pedesaan Bali. Keindahan matahari terbitnya menjadi daya tarik pantai ini. Namun di sini juga sangat cocok untuk Anda yang suka snorkeling.

Dengan adanya celah-celah terumbu karang yang indah terletak tidak jauh dari daratan. Aneka ragam biota laut di sini sangat menggoda untuk dijelajahi. Di sini juga banyak terdapat penginapan murah meriah serta restoran seafood yang berderet. Pas banget untuk Anda yang doyan wisata kuliner.

Pantai Perasi atau Virgin Beach

Pantai ini juga sering disebut surga tersembunyi yang ada di timur Bali. Pantai Perasi atau Virgin Beach sendiri lokasinya berada di Desa Perasi, Kabupaten Karangasem. Untuk ke sini bisa ditempuh dalam waktu dua puluh menit dari Candidasa, atau jika dari Kuta menghabiskan dua jam perjalanan.

Lokasi Pantai Perasi berada di balik dua bukit yakni Apen dan Penggiang. Pantai yang tersembunyi ini masih sepi dan menyuguhkan kesan alami serta asri. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menjauh dari hiruk pikuk kota yang ramai. Pasir putihnya dengan lautan hijau zamrud jernih menjadi daya tarik pantai ini.

Ketika matahari terbenam maka tebing-tebing tinggi di sekeliling pantai akan terlihat begitu cantik. Di sini juga sempurna untuk berenang dan snorkeling. Anda pun dapat menikmati beragam hidangan laut bakar dan minuman di berbagai warung di sekitar pantai. Mantap.

Pantai Green Bowl

Green Bowl jelas tidak boleh dilewatkan oleh Anda pecinta pantai. Lokasi tepatnya berada di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Dari Bandara Ngurah Rai kurang lebih 17 kilometer. Untuk sampai di pantai ada ratusan anak tangga yang harus dilewati. Serta kelokan sempit menurun.

Akses yang sulit membuat pantai ini cukup sepi pengunjung. Padahal pemandangan di sini begitu indah layaknya surga tersembunyi. Dari Garuda Wisnu Kencana ke sini berjarak 2,5 kilometer saja. Seperti namanya pantai ini ketika surut menyerupai mangkuk hijau.

Terletak antara tebing serta pepohonan membuat panorama pantai ini mempesona. Anda bisa bebas berjemur sambil menikmati indahnya air laut biru kehijauan. Terdengar pula debur ombak memecah keheningan. Di sini juga ada gua-gua kecil yang terkenal sebagai habitat ratusan kelelawar.

Pantai Balangan

Pantai ini menjanjikan suasana tenang jauh dari keramaian. Lokasinya bisa diakses dengan menempuh perjalanan selama 38 menit dari Bandara Ngurah Rai. Tepatnya berada di Desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Bali.

Sejauh mata memandang, Anda akan dimanjakan dengan aktivitas nelayan yang membongkar muat hasil tangkapannya, garis pantai yang panjang dengan deburan ombak besar, serta kilauan pasir putihnya. Pantai yang berjarak hanya beberapa kilometer dari Pantai Dreamland juga sempurna untuk berselancar.

Karena ombaknya besar, tinggi dan panjang, jadi cocok untuk melakukan aktivitas surfing. Namun kalau tidak menyukai surfing Anda bisa juga berjemur dengan santai. Sambil menikmati es kelapa muda di deretan kafe lokal. Dengan memandang keindahan lautan biru kehijauan. Sangat menyenangkan.

Pantai Atuh

Ada gugusan bukit karang yang mengelilingi pantai ini dengan nuansa unik memukau. Sering juga disebut-sebut mirip Raja Ampat di Papua dan Koh Phi Phi di Thailand. Lokasi pantai tersembunyi ini berada di Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

Di sekitar pantai tersebar pulau karang dan tebing-tebing menciptakan panorama unik yang indah. Pantai ini istimewa karena membutuhkan tenaga ekstra serta biaya jika ingin menyeberang ke Pulau Nusa Penida. Namun sepadan dengan suguhan pemandangan yang menanti Anda.

Air laut kebiruan sebening kristal dengan dikelilingi tebing yang curam, berpadu pasir putih berkilauan tentu akan sangat memanjakan mata. Pesona yang menjadi daya tarik pantai ini adalah koral aneka warna yang menghampar, ketika air surut terlihat sangat menakjubkan.

Pantai Geger

Suasana pantai di Nusa Dua ini tenang dan juga sepi.. Lokasinya berada di dekat Hotel Nikko dan kurang lebih 45 menit dari bandara. Laut di sini berwarna biru berbaur dengan pasir pantai cokelat dan lembut.

Kebalikan dari Kuta yang identik dengan hingar bingar nuansa anak muda. Pantai Geger menawarkan Anda ketenangan yang hakiki. Karena lokasinya juga cukup tersembunyi. Kalau tak menginap di Hotel Nikko kita dapat melewati jalan Pura Puget.

Dari pihak hotel juga tersedia penawaran paket wisata untuk keliling pantai naik unta. Harganya pun bervariasi. Sementara ombak di pantai ini sangat tenang dan hangat, sempurna untuk berenang. Masyarakat lokal juga membudidayakan kebun rumput laut di sekitar pantai. Bisa menjadi keseruan tersendiri untuk Anda nikmati.

Pantai Nyang Nyang

Pantai Nyang Nyang akan memanjakan Anda dengan panorama indah beserta privasi untuk kenyamanan Anda. Tempatnya terletak di Jalan Uluwatu, Pecatu. Memang pantai ini menjadi surga yang tersembunyi dengan akses cukup sulit untuk kita lewati.

Jika ingin ke sini maka Anda harus benar-benar dalam kondisi fit. Sebab harus melewati jalanan yang berkapur kemudian menuruni undakan tebing dengan terdapat 500 anak tangga yang terjal. Tetapi tenang saja karena lelah Anda takkan sia-sia.

Ketika sampai di pantai akan terdengar ombak besar bergemuruh. Pasir putihnya pun bertekstur kasar dan unik. Tersembunyi di balik bukit, pantai ini memiliki kemiringan landai serta langsung menghadap laut lepas tepatnya Samudera Hindia. Anda disarankan tidak mengunjungi pantai ini pada musim hujan karena berbahaya.

Pantai Yeh Leh

Pantai ini memang tidak begitu tersembunyi. Namun keindahannya terkenal karena terbilang masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Lokasinya strategis berada di perbatasan antara Kabupaten dan Jembrana. Namun memang pantai ini cukup jarang dikunjungi.

Cukup berbeda dengan deretan pantai yang lain di Bali. Bukan pasir putih menghampar yang menjadi daya tarik pantai ini. Namun adanya ribuan bebatuan alami yang menciptakan kesan air laut menjadi begitu jernih. Tersebar batu-batuan berlumut di sepanjang bibir pantai menjadikan pemandangan di sini sangat unik.

Karena ombak laut yang tenang di sini suasananya sepi. Pantai ini pun ideal sebagai tempat untuk memancing. Di sini juga terdapat fasilitas untuk Anda nikmati, seperti restoran, gazebo serta lahan parkir yang melegakan.

Itulah tadi sederet pantai indah tersembunyi di Bali yang wajib Anda kunjungi. Setidaknya sekali saja seumur hidup. Selamat jalan-jalan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here