Baik untuk Ibu Hamil, 8 Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan

0
83

Anda penyuka buah srikaya? Buah yang dikenal memiliki banyak mata dan daging yang berwarna putih ini memanglah sangat lezat. Perpaduan rasa manis hingga asam seringkali membuat banyak orang ketagihan, entah itu untuk dimakan langsung maupun diolah menjadi jus.

Tahukah Anda, buah srikaya memiliki banyak sekali kandungan manfaat yang bisa menyehatkan tubuh. Dalam 100 gram buah srikaya terdapat berbagai macam nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan gizi harian Anda seperti air, karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, fosfor, abu, besi, karoten, thiamin, hingga vitamin C.

Banyaknya kandungan nutrisi, maka tak heran buah srikaya seringkali menjadi buah favorit. Berikut adalah 7 manfaat buah srikaya yang sangat baik bagi kesehatan bahkan untuk ibu hamil. Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Mampu menjaga kesehatan rambut

Anda tengah bermasalah dengan ketombe atau kutu rambut? Maka Anda bisa memanfaatkan biji srikaya karena memiliki kandungan minyak kuning yang mampu membasmi kutu rambut dan ketombe.

Anda hanya perlu membuat campuran antara minyak kelapa dan biji buah srikaya lalu diaplikasikan ke rambut , kemudian balut dengan handuk dan tunggu selama 1-2 jam.

Selain itu, manfaat buah srikaya pada masalah rambut lainnya adalah mampu menyuburkan rambut dengan membantu terjadinya inflamasi kulit kepala sehingga rambut tidak mudah rontok. Kandungan besi yang tinggi pada buah srikaya mampu membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih baik.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti disentri dan diare dapat diatasi dengan buah dan biji srikaya. Kandungan astringennya mampu membuat kadar air pada feses sehingga saat buang air besar frekuensinya menurun.

Terbaru, buah srikaya dipercaya dapat menjadi obat penyakit foodborne atau gangguan bagi orang yang makanannya terkontaminasi bakteri, parasit, ataupun virus.

  1. Anti kanker

Manfaat buah srikaya selanjutnya bisa untuk anti kanker. Kandungan ekstrak buah srikaya seperti alkaloid dan asetogenin pada buah srikaya banyak dijadikan sebagai obat atau ramuan herbal. Kandungan tersebut dipercaya mampu membunuh sel-sel kanker.

Efek sitotoksik yang dihasilkan oleh asetogenin ini memberikan reaksi pada sel-sel kanker dan kemudian mematikannya. Meskipun begitu, tetaplah berkonsultasi pada dokter.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Memiliki kandungan vitamin C yang cukup untuk memenuhi gizi harian, buah srikaya mampu untuk meningkatkan imunitas tubuh. Di situasi pandemi seperti saat ini, mengonsumsi buah srikaya mampu melawan masuknya zat asing pada tubuh sehingga munculnya penyakit dapat dicegah.

  1. Mengurangi tekanan darah serta mengontrol gula darah

Buah srikaya memiliki kandungan antioksidan, serat, kalium hingga magnesium sehingga mampu mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan pembuluh darah akibat tekanan darah yang tinggi.

Dikatakan sebagai pengontrol gula darah dikarenakan buah srikaya memiliki kandungan glikemik yang rendah, lebih daripada itu manfaat buah srikaya juga sebagai pengobatan diabetes tahap awal.

  1. Sebagai pencegah penuaan dini

Bagi wanita yang kerap terpapar sinar matahari secara langsung hingga polusi, manfaat dari buah srikaya bisa membantu Anda dalam mengatasinya. Kandungan kolagennya memberikan elastisitas pada kulit wajah. Selain itu juga bisa mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat radikal bebas karena terdapat kandungan antioksidan.

  1. Menyehatkan kehamilan

Bagi ibu hamil yang kerap mengalami mual atau morningsickness, buah srikaya dipercaya mampu meredakan mual dan pusing di masa awal kehamilan. Daya tahan pada ibu selama masa kehamilan juga perlu ditingkatkan pasalnya apabila daya tahan ibu baik, maka daya tahan janin juga akan mengikuti. Hal ini juga mampu dipenuhi oleh manfaat buah srikaya karena kaya akan kalori, karbohidrat, dan lemak.

  1. Menurunkan risiko keguguran dan mengurangi tingkat stres

Setiap ibu hamil memiliki tingkat risiko keguguran yang berbeda-beda, entah itu memiliki kebiasaan minum alkohol atau merokok hingga kekurangan berat badan. Tentunya para ibu hamil sangat membutuhkan banyak nutrisi yang mampu menurunkan tingkat risiko keguguran.

Buah srikaya diperkaya akan mineral tembaga yang mampu mengurangi tingkat keguguran serta mengurangi kemungkinan pada bayi untuk lahir prematur. Selain itu, buah srikaya juga mampu mengurangi stres pada ibu hamil yang diakibatkan oleh berbagai faktor. Namun, dengan rutin mengonsumsi buah srikaya selama masa kehamilan, kandungan magnesiumnya mampu mengurangi tingkat stresnya.

Itu tadi manfaat buah srikaya yang baik untuk kesehatan, bahkan pada ibu hamil. Kandungan nutrisi yang tergolong lengkap mampu menunjang kebutuhan gizi tubuh dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here