Layak Dicoba, 10 Perawatan Wajah Cantik Ala Korea

0
298

Sudah jadi rahasia umum kalau salah satu negara yang jadi kiblat kecantikan perempuan-perempuan Asia adalah Korea Selatan. Perkembangan industri entertainment Korea Selatan yang sering disebut sebagai Hallyu memang ikut membuat pesona perempuan Korea Selatan terdongkrak. Anggapan bahwa perempuan-perempuan Korea Selatan cantik nan rupawan begitu melekat.

Memang tak bisa dipungkiri jika Korea memiliki sederet idol K-Pop dan jajaran aktris serial drama/film yang begitu berparas cantik. Kulit putih yang mulus bahkan tanpa sapuan make up tebal membuat siapapun ingin memilikinya. Belum lagi beberapa adegan serial drama Korea yang memperlihatkan beberapa produk kecantikan Negeri Gingseng, semakin meningkatkan rasa penasaran akan kecantikan Korea.

Jika bicara temuan ilmiah, sebetulnya teknologi perawatan kulit-kulit Asia lebih maju 12 tahun daripada Amerika Serikat. Namun hal itu tak membuat mayoritas perempuan Korea tergila-gila pada produk kecantikan pabrik karena mereka lebih percaya hal-hal alami. Bukan karena sudah terlahir dengan gen ‘cantik’, perempuan Korea sangat rajin merawat kulit sehingga paras mereka begitu mempesona bak ‘cantik dari lahir’.

Langkah Perawatan Wajah Cantik Perempuan Korea

Rajin Minum Air

Mempercayai yang namanya minum air putih delapan gelas sehari? Sebetulnya hal ini hanyalah sebuah mitos dan jika memang dilakukan rutin malah membuat tubuh terlalu banyak mengkonsumsi air sehingga kadar natrium menurun. Faktanya adalah Anda harus minum segera saat merasa kehausan atau dehidrasi. Jika memang akhirnya sampai delapan gelas agar tak haus lagi, itu tak masalah.

Dan bagi orang-orang Korea, minum air putih bukan hanya menghindari dari kehausan, tapi juga punya dampak positif ke kecantikan mereka. Bagi perempuan Korea, total konsumsi air tubuh yang tepat bisa membuat kulit bercahaya. Tak heran kalau setiap pagi hari, perempuan Korea terbiasa minum segelas air dan memercikkan air dingin ke wajah beberapa menit. Selain itu, cairan tubuh juga didapat lewat buah serta sayuran.

Teknik Pembersih 424

Salah satu kunci wajah tidak mudah kusam adalah rajin dalam membersihkannya. Hal itu juga yang diyakini perempuan Korea. Hanya saja mereka punya teknik pembersihan wajah sendiri yang cukup unik yakni 424. Dan ternyata, teknik ini rupanya jadi kunci kecantikan salah satu idol/aktris K-Pop paling terkenal, Bae Suzy. Mantan kekasih aktor Lee Min Ho ini memang dianggap sebagai salah satu perempuan Korea tercantik.

Dalam sebuah wawancara, Suzy menjelaskan kalau dia menggunakan teknik 424 saat membersihkan wajah sehari-hari. Maksud dari teknik 424 itu adalah membersihkan wajah dengan minyak alami seperti minyak kelapa atau almond selama empat menit. Lalu setelah itu dilanjutkan dengan pembersih berbusa selama dua menit dan terakhir membilas wajah selama empat menit dengan air hangat lalu air dingin.

Toner Alami

Salah satu produk perawatan kulit wajah yang begitu penting adalah toner. Toner sendiri berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit serta menyeimbangkan kadar pH. Para perempuan Korea juga menggunakan toner, tapi cara pemakaiannya adalah menggunakan ujung jari agar penyerapan ke kulit lebih baik. Namun alih-alih memakai produk toner pabrikan yang beralkohol, perempuan Korea memakai toner alami.

Anda pun bisa membuat toner secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang gampang ditemukan. Salah satunya adalah toner air dingin. Tak banyak yang tahu kalau air dingin bisa membuat kulit wajah lebih cerah dan bersih sekaligus menutup pori-pori sembari menyerap minyak wajah yang berlebih. Hanya saja jangan terlalu sering menggunakannya karena bisa membuat pembuluh kapiler wajah pecah.

Selain menggunakan air dingin, beberapa bahan lain yang bisa jadi toner alami adalah mentimun, lemon, cuka sari apel, teh hijau, lidah buaya, air mawar dan tomat. Seluruh bahan yang disebutkan itu memang memiliki kandungan bagus untuk wajah seperti vitamin C, antioksidan, menangkal radikal bebas hingga mampu mengatasi flek hitam serta tentunya keriput.

Masker Ulat Sutera

Banyak perempuan percaya kalau masker mampu membuat wajah makin cantik. Hal itulah yang juga diyakini oleh perempuan-perempuan Korea. Kebanyakan perempuan Korea memang rutin menggunakan masker minimal seminggu sekali. Yang unik, meskipun sudah banyak masker di pasaran hingga sampai diekspor ke luar negeri, ada bahan masker favorit perempuan Korea yakni ulat sutera.

Bagian kokok ulat sutera alias Baekgangjam yang sudah berbentuk bubuk ini diyakini mampu membantu membuat kulit tetap putih. Namun bagi Anda yang kesulitan mencari kokon ulat sutera, campuran putih telur dan madu adalah masker favorit untuk membuat waja cantik dan putih. Salah satu aktris Korea Selatan yang rutin menggunakan masker putih telur madu ini adalah si cantik Song Hye Kyo.

Hye Kyo sendiri memang memperoleh popularitas secara global saat dirinya tampil di drama Descendant of the Sun. Dalam serial drama itu, mantan kekasih aktor Hyun Bin ini beradu akting dengan Song Joong Ki yang akhirnya menjadi suaminya saat ini. Hye Kyo mampu menyihir banyak pria dan perempuan di seluruh dunia karena kulit wajahnya yang super cantik dan tanpa cela itu.

Perawatan Leher

Tak cuma fokus pada bagian wajah, beberapa area tubuh di sekitarnya juga jadi perhatian perempuan Korea. Salah satunya ialah perawatan leher karena leher memang bagian dari kepala serta wajah sehingga wajib diperhatikan pula. Hal inilah yang diyakini betul oleh aktris Go Hyun Jung. Dalam film dokumenter dirinya, Hyun Jung pernah membocorkan salah satu rahasia kecantikannya lewat perawatan leher.

Menurut Hyun Jung, leher termasuk pesona perempuan yang tak boleh dilupakan. Untuk itulah dirinya rajin mengoleskan krim ke leher sekaligus rahang. Menurut Hyun Jung, leher merupakan bagian dari tubuh yang akan terlihat langsung saat keriput menyerang karena kulit mudah kendor. Dengan rajin mengoleskan krim leher, maka penuaan itu bisa dicegah dan kulit leher tetap kencang.

Tidur Cukup

Jangan pernah meremehkan waktu tidur. Anda memang boleh memiliki segudang aktivitas super sibuk, tapi tidur yang cukup adalah hal wajib. Tidur yang cukup di malam hari mampu membuat otak dan tubuh Anda semakin sehat. Namun selain itu, tidur cukup adalah kunci kecantikan perempuan Korea. Bagi mereka, tidur dalam sehari setidaknya harus menghabiskan waktu enam hingga delapan jam.

Menurut perempuan-perempuan Korea, tidur yang cukup itu akan membuat kulit termasuk wajah, makin sehat. Tidur ternyata memiliki kemampuan alami meremajakan kulit dan menghilangkan lapisan sel-sel kulit mati. Bahkan kulit yang bersinar juga bisa dipengaruhi oleh jumlah Anda tidur setiap harinya. Jadi kalau wajah Anda kusam karena sering begadang, jangan pernah mengeluh ya.

Peregangan Wajah

Sama seperti bagian tubuh lainnya, kulit pada wajah juga akan menghadapi yang namanya kulit ‘menggelambir’. Daripada harus melakukan operasi plastik super mahal demi wajah kencang, ada baiknya Anda terbiasa berlatih peregangan untuk kulit wajah. Salah satu teknik peregangan wajah perempuan Korea adalah mengucap Ma Mi Mu Me Mo sebanyak sepuluh kali.

Meskipun begitu unik, teknik ini diyakini membuat bagian otot bibir dan pipi pada wajah bisa berolahraga. Kalau teknik peregangan ini dilakukan secara rutin, bukan tak mungkin wajah akan tampak semakin kencang. Selain peregangan otot wajah, perempuan-perempuan Korea biasanya sekaligus berlatih pernafasan. Bagaimana, tertarik mencoba? Sepertinya tidak akan terlalu rumit dan menghabiskan waktu Anda.

Pembersihan Ganda

Semua perempuan Korea yakin bahwa kulit adalah investasi utama mereka. Tak heran kalau ada beberapa tahapan dalam perawatan kulit wajah yang sampai diulang dua kali yakni saat membersihkan. Teknik pembersihan ganda ini dikenal dengan nama Pre-cleanse dan Re-cleanse. Untuk tahap pertama Pre-cleanse dilakukan agar sisa-sisa kosmetik di wajah bisa hilang seperti riasan mata, pipi, lipstik dan blush-on.

Sementara saat Re-cleanse, perempuan Korea kebanyakan menggunakan krim pembersih ringan atau berbusa dan menutup seluruh rangkaiannya dengan air hangat. Sekedar tips, ada baiknya Anda tidak menggosok-gosok kulit saat membersihkan, tapi lebih baik lakukan gerakan melingkar menggunakan ujung jari. Teknik-teknik sederhana nan simple inilah yang justru jadi kunci utama bagaimana kecantikan Korea abadi.

Scrubbing Alami

Kalau bertanya apakah kunci kulit perempuan Korea begitu halus? Tak lain karena rutin menghilangkan lapisan sel kulit mati. Agar sel kulit mati bisa terhapus, Anda bisa menggunakan eksfoliator agar kulit mati mudah terkelupas. Namun tetap, proses ini tak boleh berlebihan karena bisa menimbulkan iritasi. Dan ada baiknya Anda menggunakan bahan scrubbing alami untuk mengangkat sel kulit mati.

Tak perlu beli bahan-bahan mahal, manfaatkan saja gula di dapur rumah dan minyak zaitun. Anda tinggal mencampur gula pasir itu dengan minyak zaitun hingga berbentuk pasta. Jika sudah, oleskan pada wajah dan biarkan sejenak lalu bersihkan. Usahakan untuk menggunakan air hangat supaya sel-sel kulit mati terkelupas normal. Scrubbing alami ini sebaiknya Anda pakai dua kali dalam satu bulan.

Produk Tak Berlebihan

Kendati lebih percaya pada perawatan alami, perempuan-perempuan Korea juga tak menutupi fakta akan adanya produk kosmetik terbaru. Hanya saja mereka memilih menggunakan produk yang ringan dan sederhana, karena sudah rutin menerapkan teknik perawatan alami. Beberapa produk kecantikan sederhana yang sering mereka gunakan adalah essence serta serum.

Essence sendiri menjadi produk kecantikan favorit karena merupakan persilangan toner dengan serum. Essence diyakini memiliki kandungan bahan fermentasi yang bisa mencerahkan sekaligus melembapkan kulit. Sementara untuk serum sendiri adalah produk yang lebih ringan dan cair daripada essence karena lebih menyerap cepat ke kulit wajah. Ada baiknya Anda meneteskan serum ke area wajah yang mudah keriput.

Bagaimana? Melihat sepuluh perawatan yang sudah diulas, ternyata bukan hal yang sulit bukan untuk tampil mempesona ala perempuan-perempuan Korea? Intinya adalah Anda harus rutin melakukan perawatan wajah dan kembali pada produk alami. Kalaupun memang harus menggunakan produk kecantikan pabrikan, pilih yang sederhana dan jangan berlebihan.

Meskipun begitu identik dengan negara yang kerap melakukan operasi plastik, pada dasarnya perempuan Korea lebih rajin merawat wajah mereka. Operasi plastik kadang dipilih untuk membenahi bentuk wajah seperti membuat hidung mancung, bibir lebih mungil atau memotong rahang wajah kotak. Namun apapun itu, merawat wajah adalah keharusan setiap perempuan agar selalu mempesona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here