Jatah Liburan Singkat? Destinasi Wisata Dekat Jakarta Ini Bisa Menjadi Solusi Berlibur Asyik

0
178

Bagi perantau maupun orang lokal asli Jakarta yang bekerja di wilayah Jakarta pasti sudah hafal dengan suasana kerja yang sibuk. Kota ini memang menuntut Anda untuk bergerak cepat. Seringkali karena terlalu sibuk jadi tidak bisa merencanakan akan berlibur kemana sehingga pada saat weekend tiba, liburan berakhir di rumah saja. Hal tersebut mungkin saja terjadi jika hari libur terasa begitu singkat.

Jakarta, tidak hanya memiliki gedung pencakar langit saja. Ada banyak juga destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi selama weekend. Akan tetapi di kota yang super padat ini, seringkali membuat malas keluar karena jalan yang macet. Ingin liburan ke luar Jakarta tetapi waktu weekend tidak cukup. Libur terlalu singkat, dan bingung mau berlibur kemana? Ini jawabannya

Rekomendasi Destinasi Wisata Ini Dekat Jakarta yang Bisa Menghemat Waktu!

Pulau Tidung

Pulau Tidung
Pulau Tidung

Mencari wisata alam di tengah-tengah gedung pencakar langit tentu bukan perkara yang mudah. Tapi jangan salah karena objek wisata ini menawarkan Anda keindahan alam di Jakarta. Pulau Tidung merupakan salah satu tempat destinasi wisata yang berada di DKI Jakarta, yang lebih tepatnya berada di gugusan Kepulauan Seribu Selatan.

Pulau indah nan mempesona tersebut memang oleh pemerintah setempat dijadikan sebagai objek wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Jaraknya yang lumayan dekat dengan ibu kota membuat orang Jakarta dan sekitarnya banyak  berbondong-bondong mencari paket wisata di Pulau Tidung yang terjangkau.

Pulau Tidung terdiri dari Tidung kecil dan Tidung besar. Keduanya dihubungkan oleh jembatan panjang yang bernama Jembatan Cinta. Jika wisatawan ingin mengeksplore keindahan lautnya, di sana juga ada beberapa permainan air. Untuk yang ingin melihat cantiknya flora dan fauna laut maka snorkeling dan diving bersama teman-teman.

Untuk yang ingin seru-seruan, di sana juga terdapat jet sky, banana boat, dan fasilitas lain yang dijamin tidak akan membuat bosan. Bagi wisatawan yang datang bersama kekasih, Jembatan Cinta mungkin bisa menjadi tempat yang cocok. Jembatan Cinta ini terletak di Barat Pulau Tidung.

Semua itu bisa dinikmati bersama teman, keluarga, kekasih dengan menggunakan paket Pulau Tidung. Tidak hanya keindahan alamnya saja, semua fasilitas seperti penginapan, akomodasi, konsumsi, dan lain-lain bisa didapatkan tanpa repot-repot harus mengurus sendiri.

Jika Anda pergi bersama rombongan baik keluarga, teman, maupun rekan kerja, pasti lebih hemat jika membayar bersama-sama daripada membayar sendiri-sendiri akomodasinya. Dengan paket tour, biaya akan disesuaikan dengan jumlah rombongan. Biaya penginapan dan makanpun juga akan ditanggung bersama sehingga menjadi lebih hemat.

Taman Impian Ancol

Taman Impian Ancol
Taman Impian Ancol

Siapa yang tidak mengetahui Ancol. Taman bermain terbesar se Jakarta ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki hari libur singkat. Tempat wisata ini terletak di Jakarta Utara tepatnya di daerah Pademangan. Banyak objek hiburan yang bisa dijumpai di Ancol salah satunya adalah Atlantis Water Adventure (Atlantis).

Pada objek wisata ini pengunjung disuguhkan dengan petualangan wisata air yang indah. Terdiri dari 8 kolam yaitu kolam Poseidon, Antila, Plaza, Atlas, Aquarius, Octopus, Atlantean, dan Kiddy Pool. Jika Anda ingin menikmati suasana pantai, maka di Ancol juga menyediakan taman dan pantai yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai.

Pantai yang terdapat di Ancol antara lain: pantai Indah, Elok, Festival, Ria, dan Carnival Beach Club). Di sepanjang pantai terdapat permainan untuk menikmati air seperti Bananaa Boat, Aqua Fun, Kayak dan masih banyak lagi. Selain pantai ada juga satu danau bernama Danau Impian.

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu

Pulau seribu atau wisatawan mancanegara sering menyebutnya dengan Thousand Island adalah ratusan pulau yang keberadaannya ada di Teluk Jakarta. Menikmati keindahan berbagai pulau dalam satu kali perjalanan wisata kini bukanlah menjadi sebuah mimpi lagi. Bagaimana tidak? wisatawan bisa mengeksplore berbagai pulau dengan paket Pulau Seribu.

Adanya paket wisata di Kepulauan Seribuadalah respon karena membludaknya wisatawan lokal dan mancanegara yang berwisata di Pulau Seribu. Mereka ingin melihat keindahan sekaligus mengeksplore pulau-pulau yang termasuk dari Kepulauan Seribu. Hal itu termasuk juga warga Jakarta yang ingin berlibur ke Pantai setelah merasakan penat beraktivitas.

Dengan menggunakan paket tour, wisatawan tidak hanya akan berlibur ke Pulau Seribu saja. Akan tetapi ke berbagai pulau yang masih berada di gugusan Pulau Seribu. Seperti halnya menikmati indahnya Pulau Harapan. Pulau yang berada di Kepulauan Seribu Utara ini memiliki pemandangan yang eksotis dan dapat menyejukkan mata.

Tidak hanya pulau Harapan di sana juga terdapat Pulau Pari yang memiliki keindahan laut yang tidak bisa dideskripsikan dengan kata-kata saja. Perpaudan hijau dan biru air laut membuat wisatawan betah berlama-lama. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati pulau lain yaitu Pulau Pramuka, Pulau Macan, Pulau Bintang, Pulau Lama Kotok dan pulau lain yang tak kalah indahnya.

Bagi yang suka dengan fauna laut, kura-kura misalnya, fauna tersebut merupakan ikon wisata Pramuka. Jika beruntung Anda bisa melepaskan kura-kura kecil untuk kembali ke laut. Belum lagi, fasilitas-fasilitas seperti snorkling, banana boat, diving dan lain-lain bisa dinikmati dalam rangka merasakan kesegaran air laut. Aktivitas-aktivitas tersebut tidak akan membuat wisatawan bosan.

Wisata Alam Mangrove

Wisata Alam Mangrove
Wisata Alam Mangrove

Wisata alam masih menjadi wisata favorit sampai saat ini. Wisata alam memang cocok bagi masyarakat yang tiap harinya berkutat dengan teknologi modern. Taman Wisata Alam Mangrove berlokasi di Jalan Garden House daerah Jakarta Utara. Jika Anda merasa penat setelah seharian bekerja, maka suasana dari Taman Wisata Alam Mangrove bisa menyegarkan kembali pikiran sekaligus mood yang hilang.

Kesejukan hutan mangrove menjadi daya pikat utama. Selain itu, tempatnya juga sangat instagramable buat yang hobi foto-foto. Tidak hanya wisatawan dari Jakarta, Taman Wisata Alam Mangrove ini menjadi favorit wisatawan luar Jakarta yang ingin merasakan suasana alami hutan mangrove di tengah hingar bingar kota Jakarta.

Para pengunjung juga bisa menyusuri kawasan Taman Wisata Alam Mangrove  menggunakan perahu, tentu dengan biaya tambahan. Area hutan mangrove ini berada di daerah paling ujung dari Pulau Indah Kapuk sehingga Anda bisa mengunjungi dua objek wisata sekaligus.

Museum Wayang

Museum Wayang
        Museum Wayang

Ingin berwisata yang berbau kebudayaan? Museum Wayang adalah tempatnya. Sesuai namanya, Museum Wayang memamerkan berbagai bentuk dan jenis wayang dari seluruh Indonesia. Bahan dari wayang-wayang yang dipamerkanpun beragam. Ada yang dari kayu dan ada yang dari kulit.

Museum yang terletak di Jalan Pintu Besar Utara 27, Jakarta Barat tersebut memiliki koleksi lebih dari 4.000 wayang. Berbagai jenis wayang seperti wayang beber, wayang janur, wayang golek, wayang boneka dan masih banyak lagi bisa dijumpai jika Anda berkunjung kesana.

Tentu Museum Wayang bisa menjadi wisata edukasi sekaligus mengenalkan kepada anak tentang kebudayaan indonesia khususnya pewayangan. Jadi, sembari berwisata Anda juga ikut serta dalam melestarikan wayang. Selain pameran di museum, juga akan diadakan pagelaran wayang yang diselenggarakan pada minggu ke 2 dan ke 3 tiap bulannya.

Tidak hanya wayang Indonesia yang berada di museum wayang ini, ada juga koleksi dari Tiongkok, Kamboja, Vietnam, dan Thailand yang ikut dipamerkan. Sebagai warga negara Indonesia sudah sepatutnya untuk ikut melestarikan warisan dunia tersebut kepada generasi berikutnya.

Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang
     Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang terletak di Menteng, Jakarta Pusat. Sebuah taman yang memiliki danau indah ini termasuk taman paling tertua di Jakarta. Walaupun usianya tua, tetapi fasilitas yang ada terus diperbaharui sehingga membuat nyaman pengunjung.

Bagi yang ingin berlibur singkat tempat ini cocok untuk pemancingan, area bermain anak dan ada juga trek lari. Akan tetapi yang paling menonjol memang area pemancingannya. Hal tersebut karena danau ini memiliki banyak ikan air tawar seperti ikan lele, gabus, dan mujaer.

Sambil menikmati udara sejuk, duduk di pinggir danau bisa membuat otak kita lebih segar kembali. Anda juga bisa bersantai bersama keluarga, sahabat, bahkan pasangan. Situ Lembang  adalah danau buatan yang berbentuk oval dengan air berwarna hijau. Di atasnya seringkali terdapat tumbuhan bunga teratai yang indah.

Walaupun buatan, danau tersebut bisa membangun suasana tentram dan damai bagi siapa saja yang datang ke sana. Pengunjung juga bisa jalan-jalan dipinggir danau menikmati suasana pagi ataupun sore.

Kota Tua

Kota Tua
                     Kota Tua

Kota tua adalah salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal tersebut dikarenakan Kota Tua memiliki kaitan dengan sejarah bangsa Indonesia. Kota Tua dulunya merupakan pusat pemerintahan Batavia. Terdapat juga kantor Gubernur Jenderal VOC yang menjadi salah satu tempat yang bisa dikunjungi.

Tidak hanya bangunan kuno, destinasi wisata di Kota Tua juga beragam. Ada Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Keramik, dan museum lainnya. Selain museum, bangunan-bangunan di sana juga memiliki nilai sejarah yang berharga. Walaupun kebanyakan dari segi bangunannya sudah rusak, tetapi sampai sekarang masih ada usaha perbaikan bagi Kota Tua.

Bagi yang suka berfoto-foto ria dengan gaya vintage, latar Kota Tua memang yang paling cocok. Sekedar berjalan-jalan bersama keluarga atau pasangan juga menjadi kegiatan favorit wisatawan yang datang.

Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa
   Pelabuhan Sunda Kelapa

Tidak hanya Kota Tua yang memiliki suasana masa lampau, Pelabuhan Sunda Kelapa juga menawarkan destinasi wisata dengan suasana masa lampau. Pelabuhan ini terletak di Penjaringan, Jakarta Utara, 4,5 km dari Kota Tua. Tidak jauh dari Pelabuhan Sunda Kelapa juga ada Museum Bahari yang menampilkan dunia kemaritiman Indonesia serta peninggalan kolonial Belanda.

Tempat wisata ini bisa juga digunakan sebagai tempat foto-foto yang apik. Anda juga dapat merasakan berlayar menggunakan perahu. Dengan harga Rp50.000, Anda bisa menaiki perahu sekitar 10 menit untuk melihat dua mercusuar berwarna merah dan hijau sebagai pemandangan. Tentu Pelabuhan Sunda Kelapa bisa dijadikan tempat untuk refreshing agar pikiran segar kembali.

Liburan adalah salah satu agenda wajib yang harus dilakukan supaya pikiran kembali fresh. Waktu liburan yang singkat tidak dapat menghalangi rencana liburan Anda. Apalagi Jakarta mempunyai 1001 pesona objek wisata yang  tidak kalah dengan kota lainnya.

Dari objek wisata yang masih alami sampai wisata buatan yang ada di wilayah Jakarta bisa Anda jadikan referensi. Dengan delapan destinasi wisata di Jakarta yang sudah disebutkan di atas, diharapkan bisa dijadikan pelarian untuk menyegarkan kembali pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here