Cara Menghilangkan Rasa Sakit Gigi Secara Alami dengan Cepat

0
591

Gigi adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting, meski terlihat kecil ukurannya. Perlu diketahui bahwa di sekitar organ yang satu ini terdapat banyak sekali jaringan serta saraf yang sangat sensitif dan tentu saja adanya pembuluh darah. 

Oleh sebab itu saat terjadi adanya peradangan, penyakit, kuman, atau masalah, maka biasanya rasa nyeri yang dirasakan oleh seseorang akan terasa sangat menyakitkan. Sehingga dengan demikian maka perlu penanganan secara cepat dan tepat untuk  menghilangkan rasa sakit gigi dengan mudah agar rasa sakit ini tak terlalu menyiksa.

Perlu Anda ketahui bahwa rasa sakit pada  gigi ini ada banyak sekali penyebabnya, seperti karena bakteri gigi, gigi retak atau rusak, lubang pada gigi, peradangan pada gusi, bahkan bisa juga karena gigi tumbuh atau pergantian dari gigi susu ke gigi dewasa pada anak-anak, dan masih banyak lagi aneka penyebab lainnya.

Yang pasti dengan penyebab mana pun, sakit gigi tentu akan menyebabkan ketidaknyamanan yang dialami penderitanya. Guna pengobatan yang tepat serta mengurangi rasa nyeri, sakit gigi haruslah diatasi secepat mungkin. Sehingga rasa sakit yang timbul tidak akan bisa berpengaruh terhadap mood dan aktivitas seseorang, serta tidak menjadi komplikasi yang meluas.

Untuk mengatasi sakit gigi, sebenarnya Anda tidak harus menggunakan obat-obatan kimia. Anda bisa meredakan nyeri gigi dengan berbagai bahan dan cara alami. Cara ini tentunya aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Terlebih Anda bisa menggunakan bahan yang ada di sekitar Anda dengan mudah.

Lalu apa saja obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi? Simak ulasannya sebagai berikut.

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Gigi Dengan Bahan Alami

Menghilangkan Sakit Gigi dengan Bawang Putih

Cara pertama untuk menghilangkan rasa sakit gigi adalah menggunakan bawang putih. Cara ini tentunya sangat mudah lantaran bawang putih ini bisa didapatkan dengan mudah. Semua orang hampir bisa dipastikan menyediakan bumbu wajib setiap masakan yang satu ini di rumah.

Perlu diketahui bahwa selain enak untuk dijadikan bumbu masakan, bawang putih memiliki kandungan antiseptik yang cukup tinggi sehingga bisa meredakan sakit gigi dengan cepat. Kandungan antiseptik dalam bawang putih bisa membunuh aneka jenis kuman atau bakteri yang menjadi penyebab sakit gigi. Akan lebih efektif lagi jika digunakan untuk sakit radang di sekitar gigi.

Cara menggunakan bawang untuk obat sakit gigi pun sangat mudah. Yang pertama yaitu dengan mengupas bawang putih lalu segera mengunyahnya dengan gigi yang sakit tersebut sehingga rasa sakitnya mereda. Cara kedua, bisa juga dengan menumbuk bawang putih ini. Setelah itu tumbukan bawang bisa diletakkan di sekitar area gigi yang sakit selama beberapa menit.

Jika Anda tak punya bawang putih, jangan khawatir karena bawang merah juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit gigi. Bawang merah maupun bawang putih ini sama-sama  memiliki kandungan antiseptik pembunuh kuman sehingga baik untuk digunakan.

Menghilangkan Sakit Gigi dengan Air Garam

Bahan alami yang kedua untuk menghilangkan sakit gigi sangat mudah yakni dengan menggunakan air garam. Perlu Anda ketahui bahwa rasa asin dari garam yang memiliki kandungan yodium tinggi ini, bisa meredakan nyeri atau ngilu yang disebabkan oleh sakit gigi.

Untuk menggunakannya pun sangat mudah yaitu cukup dengan berkumur beberapa detik dengan menggunakan air hangat yang dicampur 2-4 sendok garam. Cara mudah dan murah ini sangat efektif untuk membunuh bakteri yang bersarang pada gigi sehingga bisa meredakan nyeri.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah meski cara ini sangat mudah untuk dilakukan namun dalam penggunaan garam pun tak boleh berlebihan. Karena jika digunakan secara berlebihan maka sodium dalam garam yang berfungsi untuk bisa mengatasi bau mulut,  bisa juga menyebabkan gigi keropos.

Menghilangkan Sakit Gigi dengan Minyak Cengkeh

Cara mengatasi rasa sakit gigi berikutnya adalah menggunakan minyak cengkeh yang ternyata mengandung bahan kimia bernama eugenol. Bahan kimia yang satu ini berfungsi sebagai anestesi yang mengurangi rasa sakit pada gigi dan bisa digunakan sebagai antibakteri yang bisa membunuh bakteri jahat penyebab sakit gigi.

Minyak cengkeh ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di berbagai apotek atau toko-toko makanan di sekitar Anda. Namun, jika Anda ingin membuatnya sendiri caranya pun sebenarnya sangat mudah.

Untuk membuatnya, Anda cukup memasukan sekitar sepuluh cengkeh ke dalam minyak zaitun sebanyak 30 mili liter. Lalu campuran ini didiamkan selama kurang lebih dua minggu hingga siap digunakan untuk mengobati sakit gigi.

Untuk penggunaan dalam mengobati sakit gigi pun sangat mudah yaitu dengan menempelkan minyak cengkeh pada kapas. Setelah itu lalu kapas yang sudah terkena minyak cengkeh ditempelkan ke bagian gigi yang sedang sakit.

Menghilangkan Sakit Gigi dengan Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh merupakan tanaman alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit gigi secara alami berikutnya. Buah ini efektif mengatasi sakit gigi karena punya kandungan antibakteri yang bisa menghilangkan bakteri jahat pada gigi, meski rasanya memang sangat asam.

Untuk menggunakan buah yang satu ini, Anda cukup menumbuk satu atau dua buah belimbing wuluh. Setelah itu hasil tumbukan bisa Anda tempelkan pada gigi yang sedang sakit. Selain cara penumpukan ini, Anda juga bisa menggunakannya dengan cara langsung dikunyah.

Menghilangkan Sakit gigi dengan Kompres Es

Mengompres gigi dengan es merupakan salah satu cara yang sangat mudah mengatasi rasa ngilu saat sakit gigi berikutnya. Kompres es ini tentunya sangat mudah karena bisa dilakukan oleh siapa pun.

Hal yang harus dilakukan yaitu Anda harus membungkus es menggunakan handuk atau kain jenis apa pun dan menempelkannya ke pipi di bagian yang sakit. Sebenarnya cara ini tidak mengobati sakit gigi secara langsung, namun mengompres es ini bisa bermanfaat sebagai pereda rasa nyeri dan memberikan efek nyaman.

Menghilangkan Sakit gigi dengan Asam jawa

Cara menyembuhkan sakit gigi yang berikutnya yaitu dengan menggunakan asam jawa. Kandungan antiseptic alami ini dimiliki oleh asam jawa sehingga bisa membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Perlu Anda ketahui bahwa selain antiseptic, asam jawa juga memiliki fungsi untuk meredakan nyeri yang berlebihan pada gigi.

Untuk memakai asam jawa sebagai obat sakit gigi, caranya pun sangat mudah yaitu dengan menyangrai biji asam jawa. Setelah itu asam jawa lalu ditumbuk dan dicampur  dengan air hangat sampai menjadi adonan. Lalu adonan asam jawa tersebut bisa ditempelkan pada bagian gigi yang sakit.

Menghilangkan Sakit gigi dengan Lemon

Lemon merupakan buah asam yang bisa menghilangkan rasa sakit gigi secara alami berikutnya. Rasa asam atau kandungan asam yang ada pada buah ini memiliki fungsi sebagai alkali alami. Sehingga kandungan ini bisa membuat kadar PH menjadi seimbang di dalam mulut yang akhirnya bisa meredakan nyeri di gigi.

Untuk menggunakannya pun sangat mudah yaitu cukup dengan memeras dan mencampurkan buah lemon dengan air hangat. Setelah itu, campuran tersebut digunakan untuk berkumur. Anda bisa berkumur menggunakan lemon ini sebanyak tiga kali dalam sehari supaya lebih efektif hasilnya.

Hal ini dikarenakan lemon mengandung banyak sekali antibakteri yang bisa membunuh bakteri jahat penyebab sakit gigi. Tentunya jika Anda tidak memiliki lemon, untuk meredakan rasa sakit gigi, Anda bisa juga menggunakan jeruk nipis. Keduanya memang termasuk jenis jeruk ini memiliki kandungan yang sama sehingga bisa meredakan sakit gigi yaitu antibakteri.

Menghilangkan Sakit gigi dengan Daun sirih

Daun sirih yang terkenal sebagai bahan alami multi manfaat ini bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan rasa sakit gigi secara alami berikutnya. Memang daun sirih sudah terkenal sebagai obat tradisional sejak dulu kala.

Bahkan barangkali Anda sering mendapati nenek tua yang sedang mengunyah daun sirih yang menyebabkan mulut mereka kemerahan. Perlu diketahui bahwa hal yang mereka lakukan bertujuan untuk memperkuat gigi, menghilangkan bau mulut, dan bahkan menghentikan perdarahan pada gigi karena kandungan alami bermanfaat yang ada pada daun sirih.

Kandungan antiseptik yang sangat bagus bagi penderita sakit gigi juga menjadi kandungan utama yang daun sirih miliki. Sehingga Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan alami yang satu ini. Untuk menggunakan bahan alami yang satu ini sangat mudah, yaitu Anda bisa dengan langsung mengunyah daun ini atau merebus daun sirih ini dan menggunakan airnya untuk berkumur.

Menghilangkan Sakit gigi dengan Daun Jambu Biji

Cara berikutnya untuk mengatasi sakit gigi yaitu menggunakan daun jambu biji. Kandungan antibakteri pada daun ini memang sangat tinggi dan tentunya bisa membunuh kuman yang membuat sakit dan lubang pada gigi. Perlu Anda ketahui bahwa selain mengobati nyeri, daun jambu biji ini juga bisa mengurangi bau mulut layaknya sirih.

Daun jambu biji selain memiliki kandungan antibakteri, juga mengandung anti inflamasi dan analgesik sehingga tentunya sangat membantu Anda mengatasi sakit gigi. Untuk menggunakan, Anda bisa langsung mengunyah daun ini atau dengan cara menumbuknya dan meletakkannya pada gigi yang sedang sakit.

Demikian beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi. Namun selain menggunakan bahan-bahan alami tersebut tentunya cara paling mudah mengatasi sakit gigi adalah dengan rajin menggosok gigi secara teratur.

Untuk menggosok gigi yang baik tentunya yang paling wajib adalah sebelum tidur. Dengan Anda rutin menggosok gigi, maka sisa makanan yang tertinggal akan dibersihkan. Sehingga Anda akan terhindar dari berkembangnya kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan lubang atau sakit pada gigi.

Hal harus paling Anda pahami adalah bahwa akan lebih baik mencegah sakit gigi lebih mudah dari pada mengobatinya. Dan tidak lupa, Anda juga harus menggosok gigi dengan benar yaitu dengan teknik memutar. Sikat gigi yang baik dilakukan minimal satu menit dan untuk sikat gigi sendiri sebaiknya juga digunakan sendirian. Jadi tidak seharusnya dipakai bersama orang lain.

Jika sakit gigi yang Anda atasi dengan bahan alami di atas ternyata belum sembuh,  maka harus segera membawanya ke dokter untuk penanganan lebuh lanjut. Terutama, bagi Anda yang sudah sakit gigi lebih dari tiga hari atau disertai demam hingga sulit membuka mulut.

Dalam keadaan demikian maka cara mujarab untuk mengobati rasa sakit gigi hanya  obat-obatan dari dokter. Hal ini dikarenakan dokter bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui dengan pasti penyebab sakit gigi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here