Wisata Menarik di Jawa Timur yang Wajib Anda Kunjungi

0
1132

Berlibur merupakan sebuah kebutuhan untuk membuat badan dan juga otak kita kembali segar. Setelah lelah bekerja berlibur sangat penting untuk membuat Anda kembali semangat untuk beraktivitas. Hal ini juga berlaku bagi anak-anak yang masih belajar. Duduk di sekolah dan disibukkan dengan kegiatan juga membuat anak-anak merasa jenuh dan membutuhkan hiburan diri.

Namun terkadang kita tidak cukup waktu untuk menikmati liburan dalam waktu yang lama. Karena biasanya jatah libur sangat lah terbatas. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa menikmati waktu liburAnda dengan mengunjungi berbagai tempat wisata yang kita punya. Tidak perlu jauh-jauh, Indonesia mempunyai banyak sekali tempat wisata yang menakjubkan.

Tetapi banyak pula yang belum menyadari arti penting dari liburan itu sendiri. Banyak yang beranggapan bahwa liburan hanyalah membuang-buang uang dan waktu. Banyak yang lebih menyukai berdiam diri di rumah ketimbang menikmati suasana luar yang menyenangkan. Sebelum mengetahui destinasi wisata yang menarik, simak dulu manfaat liburan sebagai berikut.

Berikut di Bawah Ini Manfaat Liburan Bagi Anda

Mengurangi stres

Aktivitas di tempat kerja atau di sekolah dengan tugas yang menumpuk sering kali membuat kita merasa stres. Tentu saja karena stres yang berkelanjutan akan sangat berdampak pada kesehatan Anda. Bahkan Anda bisa menjadi tua sebelum usianya karena terlalu sering mengalami stres.

Dengan berlibur maka akan membuat Anda merasa terhibur dan bisa mengurangi beban pikiran Anda. Setidaknya saat berlibur beban Anda akan terlupakan dan otak Anda kembali segar sehingga bisa ON saat Anda kembali ke rutinitas harian Anda.

Membuka wawasan baru

Saat Anda berlibur ke tempat yang baru tentu saja Anda kana bertemu dengan banyak orang baru di sana. Dengan sering berlibur maka Anda akan semakin sering bertemu dengan orang-orang baru. Maka kenalan dan kolega Anda pun semakin bertambah. Bukan hanya teman bahkan Anda bisa menjadi sahabat, jodoh atau mungkin bisa jadi rekan bisnis. Tidak ada yang tidak mungkin bukan ?

Meningkatkan keharmonisan keluarga

Saat Anda berlibur dengan keluarga, Anda bisa menggunakan waktu tersebut sebagai “quality time”. Biasanya di hari-hari biasa Anda dan keluarga Anda akan disibukkan dengan rutinitas masing-masing.

Maka saat berlibur bersama keluarga, Anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk menambah keharmonisan di dalam keluarga Anda.

Meningkatkan kasih sayang

Saat masing-masing sibuk dengan rutinitas, maka tanpa disadari biasanya kita di dalam keluarga saling tidak peduli. Masing-masing sibuk dengan kepentingannya sehingga terasa cuek dan acuh walaupun sesama anggota keluarga. Namun saat berlibur bersama tentunya akan menikmati waktu yang menyenangkan dan rasa kasih sayang yang kembali terpupuk.

Kenangan

Sampai dewasa bahkan orang tua, anak-anak akan terus mengingat kenangan bersama orang tua dan keluarga mereka di saat momen-momen yang berharga, salah satunya saat berlibur. Mereka akan terus mengenang memori bersama orang-orang yang mereka sayangi sampai mereka tumbuh menginjak usia dewasa.

Mencegah perpisahan

Sering kali kita temukan di sekitar kita orang-orang yang gagal dalam rumah tangganya. Masalah yang sering kali terjadi adalah perihal waktu. Salah satu di antara mereka sering merasakan kurangnya kasih sayang karena waktu yang terbagi. Entah terlalu sibuk dalam bekerja atau sibuk dengan kepentingan-kepentingan lainnya. Sehingga perpisahan pun tidak bisa dihindarkan.

Dengan sering berlibur bersama keluarga maka akan menambah waktu bersama keluarga sehingga masalah-masalah perpisahan bisa dihindarkan.

Bagi Anda yang menginginkan liburan bersama keluarga, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat menarik yang ada di Indonesia, salah satunya di Jawa Timur. Provinsi yang berada di pulau Jawa tersebut mempunyai banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Cocok untuk wisata bersama teman, kerabat atau dengan keluarga.

Berikut daftar tempat wisata menarik di Jawa Timur yang Wajib Anda Kunjungi

Bromo

Ikon andalan yang menjadi khasnya wisata Jawa Timur adalah gunung Bromo. Gunung ini terletak di kota Malang. Untuk mencapai ke kaki gunung Bromo, Anda bisa menggunakan mobil jib dari perbatasan kota dengan tarif yang dipatok sekitar 400.000 hingga 700.000 rupiah.

Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi, baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara. Mereka tertarik menikmati keindahan gunung yang terkenal dengan hamparan pasir tak berujungnya itu. Di kawasan ini, Anda bisa menikmati asyiknya berkuda, indahnya matahari terbit, atau di waktu-waktu tertentu Anda bisa menikmati wisata budaya yakni upacara adat yang diadakan oleh para warga sekitar.

Ranu Kumbolo

Masih di sekitar area gunung Bromo terdapat tempat yang sangat indah dan cantik. Tempat ini merupakan danau dengan air yang bersih di bawah kaki gunung Bromo, Tengger dan juga Semeru.

Tempat ini sangat tepat bagi Anda yang menyukai pendakian. Karena untuk mencapai tempat ini Anda harus mendaki gunung yang memakan waktu sekitar 4 hingga 5 jam perjalanan kaki. Tentu saja Anda harus menyiapkan kesehatan fisik dan juga mental yang kuat.

Sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hutan pinus dan juga cemara yang akan membius Anda sehingga tidak akan merasa lelah saat Anda mendaki ke puncak Ranu Kumbolo.

Agrowisata Malang

Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang mempunyai puluhan tempat wisata menarik. Kota ini terkenal sebagai kota apel karena produksi para petaninya yang mampu menghasilkan buah apel dengan melimpah. Tak heran di kota ini banyak terdapat agrowisata yang menawarkan wisata kebun yang menarik.

Bukan hanya buah apel, di agrowisata Malang juga banyak yang memberikan fasilitas berkebun hasil alam lainnya, seperti kebun teh, buah jeruk, buah naga, sayuran hydroponic dan hasil alam lainnya.

Air terjun Madakaripura

Anda bisa menikmati air terjun tertinggi di pulau Jawa yang terletak di kawasan taman nasional Bromo Tengger tersebut dengan perjalanan kurang lebih 3 jam dari kota Surabaya. Air terjun ini sangat murah, biaya masuknya hanya 3.000 rupiah Anda sudah bias menikmati keindahan air terjun yang konon merupakan tempat pertapaan patih Majapahit yakni Gajah Mada.

Telaga Sarangan

Telaga ini terletak di kabupaten Magetan. Telaga ini juga sangat indah karena dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau. Anda bisa menikmati keindahan telaga ini dengan naik perahu-perahu kecil yang tersedia di sana.

Kawah Ijen, Bondowoso

Kawah ini merupakan satu kawah asam terbesar di dunia. Anda kana dimanjakan dengan pemandangan langka yakni nyala api yang biru saat dini hari. Yakni antara pukul 2 hingga 4 pagi.

Tak heran banyak yang mendirikan tenda-tenda untuk menikmati keindahan dari kawah Ijen tersebut. Bagi Anda yang mengunjungi di waktu siang Anda bisa melihat orang-orang penggali belerang yang bekerja dengan memikul beban belerang di pundak mereka.

Taman Nasional Bauran

Indonesia mempunyai padang savanna kelas dunia yang hamparan nya sangat luas dan tak kalah cantik dengan hamparan savanna di Afrika. Tentu saja tempat ini berada di Jawa Timur. Tepatnya di Taman Nasional Bauran. Tempat ini memanjakan Anda dengan keindahan alam yang masih asri dengan dilengkapi lalu lalang hewan-hewan liar seperti banteng, rusa, juga burung-burung yang elok.

Pantai Pasir Putih, Situbondo

Indonesia mempunyai bayak selai pantai yang cantik dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah pantai pasir putih yang terdapat di Situbondo. Pantai ini sangat eksotis dan menarik untuk dikunjungi.

Pantai Klayar Pacitan

Pantai berpasir putih ini masih sangat alami. Akses jalan yang masih sulit untuk mencapai lokasi sepertinya menjadi alasan pantai ini masih sangat bersih. Pantai ini mempunyai karang-karang yang sangat indah menyerupai tanah Lot yang dimiliki oleh pulau dewata Bali. Pantai Klayar Pacitan juga mempunyai air terjun alami setinggi hampir 10 meter.

Gua Gong

Pacitan mempunyai gua yang di gadang-gadang merupakan gua tercantik di Asia Tenggara. Goa ini mempunyai interior yang sangat cantik dan eksotis. Goa Gong mempunyai stalaktit dan stalagmit alami yang sangat indah. Goa Gong mempunyai luas sekitar 300 meter.

Batu Night Spectacular

Wisata yang sangat bagus saat Anda berkunjung di malam hari. Wisata ini menawarkan keindahan yang sangat cantik. Wisata yang terletak di kota Batu ini terletak di daerah yang tinggi. Sehingga saat malam hari dengan hiasan lampu yang menyala dan di desain indah, Anda bisa menikmati eloknya kota Malang di malam hari.

Anda pun bisa berwisata kuliner di sekitar kawasan wisata ini. Atau bisa juga dengan berbelanja oleh-oleh yang banyak terdapat di kawasan BNS (Batu Night Spectacular).

Jatim Park Malang

Bagi Anda yang ingin memanjakan anak-anak Anda dengan berbagai wahana yang seru dan menyenangkan, Anda bisa mengajak mereka ke kawasan Jatim Park di kota Malang.

Kawasan wisata ini mempunyai wahana yang sangat lengkap dan juga menarik. Tentu saja dengan dilengkapi wisata edukasi yang mendidik anak-anak saat berlibur. Menarik bukan?

Batu Secret Zoo

Saat Anda memasuki Jatim Park 2 Malang, kurang lengkap kalau Anda tidak mengunjungi kebun binatang yang sangat luas dan di desain sangat unik. Batu Secret Zoo, merupakan satu kebun binatang yang sangat keki nian. Di kebun binatang ini Anda bisa langsung berinteraksi dengan hewan-hewan yang ada di dalam koleksi kebun binatang tersebut.

Museum Angkut Batu

Kota Batu, Malang merupakan kota yang merupakan gudangnya tempat wisata keki nian di Jawa Timur. Kota ini menyuguhkan banyak sekali wahana menarik untuk keluarga Anda. Salah satunya ada juga museum Angkut.

Museum Angkut merupakan museum yang di dalamnya terdapat koleksi-koleksi kendaraan dari jaman klasik hingga modern.

Berbicara mengenai wisata di Jawa Timur tidak ada habisnya. Jawa Timur merupakan satu provinsi yang mempunyai paket wisata yang sangat lengkap.

Dari wisata di daerah gunung, pantai, air terjun, agrowisata, museum hingga wisata-wisata buatan yang tentunya wajib Anda kunjungi. Untuk tarif wisata sendiri Jawa Timur tidak mematok tarif yang tinggi. Bisa terjangkau untuk semua kalangan, baik kalangan masyarakat biasa hingga kalangan masyarakat menengah ke atas.

Anda pun bisa berwisata sekalian belajar dengan mengunjungi tempat wisata edukasi seperti museum-museum misalnya. Indonesia itu kaya dengan tempat wisata, cobalah nikmati apa yang kita punya sebelum Anda berwisata keluar negeri dengan budget yang tentu saja tidak sedikit. Selamat berlibur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here