Beranda Health PENYEBAB ASAM LAMBUNG DAN CARA MENGOBATINYA

PENYEBAB ASAM LAMBUNG DAN CARA MENGOBATINYA

0
21

Banyak orang Mengalami asam lambung

  1. Perut panas
  2. Dada panas
  3. Nyeri di area jantung
  4. Sesak nafas
  5. Perih diperut
  6. Tensi tiba-tiba tinggi
  7. Keringat dingin
  8. Badan gemetar
  9. Kepala menjadi pusing
  10. Badan cepat capek.
  11. Berat badan turun drastis

Banyak sekali orang salah menanganinya, tensi naik karena penyakit darah tinggi padahal penyebabnya adalah asam lambung yang naik.

Penyebab asam lambung Perlu diketahui, asam lambung terjadi karena ada beberapa faktor,

  1. Karena bakteri
  2. konsumsi makanan yang berlebih
  3. Stres atau fikiran,

Gaya hidup yang tidak sehat, misal habis makan tidur, makan makanan terlalu pedas, konsumsi alkohol.

Hampir kebanyakan orang asam lambung terjadi disebkan karena fikiran dan stres, Apabila kita terlalu capek banyak fikiran perut menjadi perih, malas makan, itu salah satu pemicu datangnya asam lambung.

Jangan Beli obat sembarangan, Banyak sekali ditawarkan berbagai macam obat asam lambung dengan harga yang tidak murah dimedia sosial, dengan testimoni banyak orang yang cocok , tahukan kalian bahwa trik bisnis memang demikian, testimoni itu kadang dibuat oleh para marketing produk itu sendiri, tapi ada pula testimoni yang benar-benar dari konsumen pembeli produk, tapi perlu diingat setiap orang memiliki tingkat kepekaan terhadap obat-obatan yang berbeda. Ada yang sembuh hanya dengan ramuan madu dan kunir saja, tapi justru ada yang akan bertambah parah bila mengkonsumsi madu dan kunir. jadi tiap orang tidak sama. Begitu pula dengan obat-obatan, ada yang sembuh dengan obat yang sama tapi ada pula yang justru menambah parah asam lambungnya, karena jika lambung tidak kuat menerima obat tertentu, menyebabkan terjadinya iritasi, bahkan dapat menyebabkan luka dan berdarah.

Bagaimana Solusi terbaiknya, tentunya kita perlu mengkoreksi diri kita sendiri serta mencari permasalahan penyebab asam lambung.

  1. Pertama apakah dari makananan ,  konsumsi apa saja yang mungkin tidak cocok untuk perut kita.
  2. Kedua apa kita sedang memikiki masalah yang berat, emosi yang terpendam. atau banyak kerjaan yang bikin kita capek stres dan banayak fikiran.
  3. ketiga Kalau faktor pertama dan kedua tidak terindikasi pada diri kita, mungkin kita perlu cek laborat, apakah ada bakteri Helicobacter pylori diperut kita, karena bakteri itu dapat mengiritasi dinding lambung, menyebabkan asam lambung naik karena tubuh merespon ada bakteri jahat diperut, perut mengeluarkan asam yang banyak untuk membunuh bakteri tersebut, tapi sayangnya bakteri Helicobacter pylori , tetap bisa hidup dikondisi asam yang tinggi.

Cek laborat USG,  endoscopy perlu dilalukan agar dapat diketahui apa penyebab dan pemicu asam lambung tinggi.apa bila langkah-langkah deteksi asam lambung sudah di ketahui, jangan panik, semua penyakit ada obatnya.

Dan sekali lagi jangan terlalu percaya dengan iklan obat asam lambung, karena mereka semua pebisnis. yang pasti dengan cara promosi sebaik mungkin yang penting daganganya laku. Jangan terlalu percaya dengan  testimoni orang, karena jenis obat tertentu  cocok untuk orang lain belum tentu untuk kita.

Apa bila asam lambung naik padahal hasil laborat bagus Lakukan pengobatan dengan cara yang sederhana, coba rubah gaya hidup, istirahat yang cukup, makan teratur, hidup dibuat santai. sering konsumsi air hangat, hindari makanan pemicu asam lambung, diantaranya

  1. Makanan yang pedas
  2. MAkanan yang asam
  3. Makanan yang  asin
  4. Minuma Pemicu asam lambung seperti , kopi, teh, minuman bersoda, minuman mengandung alkohol

Konsumsilah obat yang dosis ringan dan murah dulu, karena obat yang mahal, bahkan dari dokter spesialispun tidak menjamin obat itu cocok untuk tubuh kita.

Kesimpulannya

Cek laborat adalah kunci awal agar bisa terdeteksi lebih dini apa penyebab utama asam lambung yang terjadi, tujuannya agar tidak salah penanganan serta pemberian obat agar tidak berakibat fatal.

Tiap dokter memiliki cara penanganan yang berbeda beda, ada yang mencoba dengan resep obat berkali-kali sampai menemukan obat yang cocok untuk kita. karena dokter sudah punya pengalaman dengan penanganan kasus pasien pasien lain dengan kasusu yang sama, tanpa melakukan cek laborat. Tapi ada pula dokter yang membutuhkan hasil laborat untuk pananganan yang lebih maksimal.

Salah Obat dapat memperparah sakit yang kita alami. dan sekali lagi  tiap tubuh orang kadang berbeda dalam  masalah obat yang  dikonsumsi.

Untuk itu, konsultasikan setiap permasalahan kesehatan kepada dokter, jangan asal membeli obat diluar, walaupun dalam bentuk herbal. jaga pola makan, apa yang dimakan, dan yang paling penting pola fikir, olah raga yang teratur tiap pagi agar tubuh lebih bugar dan sehat. //Hafizh

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here