10 Cara Ampuh Merontokkan Karang Gigi Tanpa Harus Mencari Dokter Gigi

0
473

Menjaga kesehatan sudah menjadi kewajiban setiap orang. Terlebih kesehatan dan kebersihan gigi, menjadi salah satu prioritas yang wajib dijaga. Akan lebih nyaman dan indah di pandang apabila memiliki gigi putih, bersih, dan sehat. Bayangkan Anda melihat teman yang sedang tertawa kemudian di salah satu ujung giginya terlihat karang gigi yang menempel. Terlihat risih bukan?

Mendengar kata “karang gigi” tentunya sudah terasa tidak asing di telinga kita. Karang gigi terbentuk dari plak gigi yang menumpuk dan mengeras. Pertumbuhan karang gigi memang lambat, namun jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan paradangan dan iritasi.

Ada kalanya karang gigi terlepas dengan sendirinya, namun hal itu jarang sekali terjadi. Jika karang gigi dibiarkan saja menumpuk dan terus menumpuk akan menyebabkan sakit gigi. Banyak kejadian sakit gigi berawal dari karang gigi yang dibiarkan dan menyebabkan gigi rusak dan timbulnya gigi berlubang. Ini disebabkan karena karang gigi menjadi tempat bakteri berkembang biak.

Penyakit yang Bisa Terjadi Karena Karang Gigi

Gingvitis dan Periodontis

Gingvitis adalah efek paling umum dan sering dianggap ringan yang disebabkan adanya karang gigi. Secara umum orang-orang biasanya menyebut gingvitis dengan radang gusi. Jika seseorang telah terkena gingvitis atau radang gusi dan tetap membiarkan karang gigi menempel di giginya, bisa mengakibatkan timbulnya kantong nanah diantara gigi dan gusinya. Penyakit ini disebut juga periodontis.

Stroke dan Jantung

Selain gingvitis dan periodontis, karang gigi yang dibiarkan juga bisa menyebabkan penyakit stroke dan macam-macam penyakit jantung. Penyakit ini disebabkan karena mikroorganisme dari plak atau karang gigi yang masuk ke dalam jaringan darah. Akibatnya terjadi penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan penyakit stroke dan jantung berpotensi tinggi.

Umumnya orang menganggap giginya sudah bersih dengan menggosok giginya pada pagi dan malam hari. Dengan menggosok gigi 2 kali sehari sebenarnya belum cukup untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dan gusi. Hasilnya akan lebih maksimal jika menggosok gigi setiap sesudah makan daripada menggosok gigi pada pagi dan malam hari.

Akan tetapi, orang-orang sering merasa malas untuk melakukan sikat gigi setiap sesudah makan. Akibatnya sisa-sisa makanan yang tidak berhasil dibersihkan akan mengendap hingga menjadi plak atau karang gigi yang membusuk. Alhasil, nafas kita bisa menjadi bau apabila kurang memperhatikan kesehatan dan kebersihan gigi.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membersihkan sisa-sisa makanan agar terhindar dari timbulnya karang gigi yaitu menggosok gigi setiap sesudah makan pada seluruh bagian rahang mulut dan bagian dalamnya, berkumur menggunakan cairan obat anti bakteri, periksa seluruh pojokan gigi setiap setelah makan daging, gosoklah gigi atas dan bawah pada bagian dalam, dan rutin gosok gigi sebelum tidur.

Itulah mengapa memang menjadi hal penting untuk rutin memeriksa kondisi gigi ke dokter gigi. Agar kita tau pasti apakah gigi kita sudah bersih dan sehat ataukah belum. Jangan menunggu sakit baru mencari dokter, lebih baik mencegah penyakit daripada mengatasi penyakit.

Jika sudah terbentuk karang gigi, Anda bisa konsultasi pada dokter ahli gigi secara intensif atau bisa mencoba menghilangkan karang gigi dengan cara alami seperti contoh yang akan dijelaskan berikut ini.

Cara Ampuh Merontokkan Karang Gigi Antara Lain

Air Garam

Garam diketahui memiliki sifat antiseptik dan antibakteri cukup tinggi, sehingga sangat ampuh untuk dijadikan obat batuk dan pereda sakit gigi. Garam mampu mengurangi inflamasi dan mengurangi rasa sakit jika karang gigi sudah menyebabkan radang gusi. Selain itu, garam juga mampu mencegah infeksi dan membuat pertumbuhan bakteri terhambat.

Cara menggunakannya cukup mudah, murah, dan sederhana yaitu dengan menggunakan air garam dalam kondisi hangat. Sama seperti mengobati batuk yang menggunakan air garam sebagai obat kumur untuk meredakan sakit dan rasa tak nyaman di tenggorokan.

Cukup masukan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat yang telah disiapkan. Aduklah hingga air hangat dan garam tercampur sempurna. Setelah itu gunakan untuk berkumur dengan air campuran garam tersebut hingga ke seluruh area mulut. Lakukanlah 3 kali sehari dan masing-masing selama 1 menit dan lebih fokuskan kumur pada area karang gigi.

Garam ini sangat berguna untuk membunuh bakteri yang hidup di dalam mulut atau di sela-sela gigi. dengan begitu, bakteri-bakteri tersebut bisa mati dan meminimalisir terjadinya radang gusi.

Garam dan Baking Soda

Baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan karang gigi tanpa efek samping berbahaya. Namun dalam penggunaannya tetap tidak boleh berlebihan, karena baking soda akan mengeluarkan kandungan berbahaya jika menggunakannya secara berlebih.

Caranya cukup mudah yaitu mencampur 1 sendok makan garam dengan 1 sendok baking soda. Ambil sikat gigi yang telah dibasahi dengan air kemudian taruhlah campuran garam dan baking soda diatasnya. Setelah itu gosokkan pada gigi seperti menyikat gigi pada biasanya. Fokuslah menyikat pada bagian karang gigi agar mudah rontok dan terkikis. Setelah selesai, berkumurlah dengan air hangat.

Untuk hasil maksimal gunakan dalam sehari selama 3 kali agar cepat habis karang giginya. Setelah gigi terlihat bersih dari gangguan karang gigi, cara pembersihan dengan campuran garam dan baking soda ini dikurangi dari 3 kali sehari menjadi seminggu sekali atau 10 hari sekali. Hal ini dilakukan agar menjaga karang gigi tidak terbentuk lagi.

Garam dan Minyak Mustard

Campuran dari garam dan minyak mustard diketahui sangat efektif untuk membersihkan karang gigi. Minyak mustard bersifat baik untuk membunuh bakteri, termasuk bakteri yang berada di dalam mulut. Campuran garam dan minyak mustard juga tidak memiliki efek apapun sehingga baik untuk digunakan.

Caranya yaitu dengan mencampur garam setengah sendok dan minyak mustard secukupnya. Kemudian gosok-gosokkan campuran tersebut pada bagian gigi yang terdapat karangnya. Setelah selesai, bersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat. Lakukanlah 2 kali sehari selama beberapa menit untuk hasil yang lebih baik.

Garam dan Jus Lemon

Campuran garam dan lemon juga dapat menghilangkan karang gigi yang menempel. Dalam pembersihan karang gigi, garam tetap menjadi bahan utamanya dan jus lemon berperan untuk memutihkan gigi secara alami juga menjaga kesehatan mulut agar tetap bersih.

Caranya yaitu campurkan setengah sendok teh garam dengan jus lemon sedikit saja. Setelah terbentuk seperti pasta, oles dan gosokkan pada gigi yang terdapat karangnya. Lakukan selama beberapa menit. Kemudian bersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat. Untuk hasil terbaik gunakan 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Garam dan Minyak Wijen

Campuran dari garam dan minyak wijen juga mampu membersihkan karang gigi. campuran ini bersifat baik untuk menghilangkan karang, obat sakit gigi, gusi bengkak, dan bau mulut. Ini sangat baik digunakan karena minyak wijen mengandung zat kuat yang alami.

Caranya juga mudah yaitu dengan mencampurkan setengah sendok garam dengan minyak wijen secukupnya. Setelah itu gosokkan pada gigi yang ingin dibersihkan. Setelah selesai, kumurlah menggunakan air hangat. Gunakan cara ini sebanyak 2 kali sehari setiap sebelum dan sesudah makan. Ini dilakukan agar makanan yang mengendap pada gigi mudah dibersihkan.

Biji Asam Kawak

Biji asam kawak berfungsi mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan karena adanya karang gigi. Biji  asam kawak juga mampu menghilangkan karang pada gigi, caranya yaitu dengan mengambil biji asam kawak secukupnya kemudian tumbuklah sampai halus dan tambahkan sedikit air agar bisa ditempelkan pada pada bagian-bagian gigi yang terdapat karangnya.

Dengan membiarkan ramuan biji asam kawak selama beberapa menit dan dilakukan selama beberapa kali, lama kelamaan karang gigi akan terlepas dengan sendirinya.

Stroberi

Selain stroberi menjadi buah idola bagi sebagian orang, buah ini ternyata bisa memberi manfaat bagi kesehatan gigi. Dengan vitamin C yang terkandung di dalamnya, dapat menghilangkan karang gigi yang menempel. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi buah tersebut setiap hari maka karang gigi lama kelamaan akan terlepas dengan sendirinya.

Kulit Jeruk

Jeruk juga menjadi buah yang sangat dicari oleh beberapa orang karena kandungan vitamin C nya yang menyehatkan. Selain menyehatkan, kandungan vitamin C pada jeruk juga mampu mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh karang gigi.

Selain buahnya yang mengandung vitamin C dan antioksidan sangat tinggi, kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan sebagai obat penghilang karang gigi. Caranya pun mudah yaitu dengan menggosokkan kulit jeruk pada bagian gigi yang terdapat karangnya. Gunakan secara teratur untuk hasil yang lebih baik.

Garam dan Jambu Biji

Penelitian di India telah menyatakan bahwa, akan terserang penyakit ganas jika terlalu mengabaikan kebersihan mulut. Peneliti dari India menyarankan membersihkan gigi menggunakan buah jambu biji. Selain digunakan untuk pencegahan demam berdarah, jambu biji juga bisa mengatasi penyakit dalam mulut seperti sakit gigi, iritasi gusi, bahkan gusi yang bengkak dan bernanah.

Berdasarkan penelitian, jambu biji bisa membunuh bakteri Streptococcus mutans secara lebih cepat. Bakteri tersebut yang bisa menyebabkan terbentuknya karang gigi. Cara membersihkan karang gigi menggunakan jambu biji cukup mudah yaitu cuci buah jambu biji terlebih dahulu dan perlu diingat jangan mengupas kulitnya karena kulit jambu mengandung vitamin yang berfungsi menguatkan gigi.

Selanjutnya yaitu siapkan garam secukupnya kemudian campurkan dengan jambu biji yang telah dipotong. Kunyah campuran tersebut ke bagian yang terdapat karang giginya. Gunakan cara ini 1 sampai 2 kali sehari.

Garam dan Minyak Rosemary

Khasiat dari campuran garam dan minyak rosemary menjadi kombinasi yang ampuh untuk membersihkan karang gigi. Pada tahun 2012 ada sebuah penelitian menghasilkan temuan tanaman rosemary bisa menghambat tumbuhnya bakteri dalam mulut yang bisa mengakibatkan timbulnya karang gigi dan infeksi gusi.

Cara menggunakan ramuan ini yaitu dengan mencampur setengah sendok teh garam dengan minyak rosemary secukupnya. Setelah terbentuk seperti pasta, gunakan sebagai pasta gigi dan gosok-gosoklah menggunakan sikat gigi layaknya Anda membersihkan gigi. Gunakan secara teratur untuk hasil yang sempurna

Minyak rosemary juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mulut beserta gigi dan gusinya. Dengan mencampurkan 3 tetes minyak rosemary dan air satu sendok makan lalu gunakan untuk berkumur selama 5 menit. Setelah itu ganti berkumur menggunakan air hangat untuk membersihkannya. Ini akan berguna untuk mematikan bakteri dalam mulut.

Demikian sedikit informasi tentang cara menghilangkan karang gigi menggunakan bahan alami. Lebih baik mencegah terbentuknya karang gigi daripada membiarkannya terus menumpuk karena bisa menjadi masalah serius.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here