Pentingnya Maskeran Tiap Minggu Lebih dari Apa yang Dibayangkan

0
305

Maskeran tentu bukan hal yang asing lagi untuk dilakukan. Terlebih lagi wanita yang menginginkan skin care terbaik bagi kulitnya. Baik itu bahan maskeran yang dibuat alami ataupun yang sudah siap pakai, semua tergantung kepada siapa pemakainya.

Biasanya, wanita yang tidak ingin ribet dengan bahan maskeran, akan lebih memilih untuk membeli masker yang sudah siap pakai. Biasanya hanya butuh tambahan sedikit air, masker pun siap diaplikasikan pada wajah. Namun, bagi mereka yang menginginkan bahan alami 100% dan lebih murah, tentunya bisa memanfaatkan sejumlah bahan alami yang tidak menutup kemungkinan tersedia di dapur.

Sebagaimana hal nya perut yang butuh asupan makanan, kulit pun juga demikian. Asupan bisa diberikan dengan salah satu cara yaitu maskeran. Kandungan bahan pembuatan masker lah yang akan memberikan asupan pada kulit wajah. Sejumlah nutrisi seperti vitamin akan turut menyehatkan wajah dan membuat kecantikan si pemakainya menjadi terpancar.

Perlu diingat bahwa skin care bukan hanya didapatkan dari kegiatan maskeran. Meski demikian, maskeran ini ternyata teramat penting untuk dilakukan. Terlebih lagi untuk kulit yang terlanjur kusam dan kesibukan harian yang turut membuat kesempatan melakukan perawatan wajah menjadi kurang.

Namun untuk berakhir pekan, gunakanlah waktu dengan baik. Bukan sekadar merencanakan liburan, kamu juga harus paham bahwa kesehatan kulit harus tetap dijaga. Baik dari segi kesehatan dan kebutuhan penampilan, keduanya adalah hal yang sama-sama penting. Jangan sampai mengabaikannya. Jadi, sudah saatnya kamu tahu beberapa hal penting mengenai masker wajah.

Beberapa Hal Terkait Pentingnya Maskeran

Cuci Muka Saja Tidak Akan Cukup

jika selama ini kamu merasa sudah cukup bersih saat mencuci wajah, mungkin saja hal ini bisa diterima. Namun, konteks bersih yang dimaksud tentu berbeda. Mencuci wajah hanya akan membersihkan kotoran di permukaan kulit saja. Tidak untuk kebersihan dalam pori.

Jadi, memang sepatutnya sudah masker menjadi pelarian untuk memberikan nutrisi baik bagi kulit wajah. Aktivitas harian yang begitu padat hingga terkena paparan beragam sumber radikal bebas tentulah akan mengancam kesehatan dan penampilan kulit wajah kamu. Maka, perlindungan ekstra haruslah segera kamu lakukan terkait hal ini.

Asap, debu, polusi, dan masih banyak lagi sumber-sumber radikal bebas yang mengancam kulit kamu. Oleh karenanya, memastikan kulit tetap dalam keadaan sehat hanya bisa ketika kamu paham bahwa kulitmu juga membutuhkan nutrisi agar bisa berkembang dengan baik. Mustahil rasanya mendapatkan kulit bersih terawat tanpa adanya usaha memberikan perawatan dan nutrisi terbaik bagi wajah.

Gunakan masker secara rutin dan sesuai aturan. Biasanya, kalau kamu memilih masker yang siap jadi, akan tertera aturan pakai yang jelas disana. Kamu tinggal ikuti saja sesuai anjuran. Jangan lupa untuk membersihkan masker secara sempurna di akhir kegiatan maskeran. Jangan biarkan ada sisa masker yang menempel pada wajah.

Masker Membuat Kulit Sehat dan Cantik Alami

Tujuan menggunakan masker tentunya tidak lain untuk membuat kulit sehat dan tampil bersinar secara alami. Beda halnya jika kamu memilih hal yang instan seperti menggunakan make up. Secara seketika, kamu akan berhasil menyembunyikan kekurangan yang ada pada bagian wajah. Misalnya saja flek hitam ataupun jerawat. Tapi ingatlah itu hanya bersifat sementara.

Saat kamu menghapus make up mu, maka kulit wajah asli akan terlihat. Disitulah ketidakpercayaan diri kamu bisa saja muncul. Apalagi kamu yang sudah terbiasa menutupi kekurangan wajah dengan menggunakan make up. Apapun ceritanya, pancaran cantik alami adalah dambaan semua orang dan paling dibutuhkan oleh para wanita.

Meskipun make up membuat penampilanmu nyaris sempurna, ingatlah bahwa ia terbuat dari bahan-bahan yang sebagian besar bisa disebut sebagai bahan kimia. Ia juga bukan merupakan skin care.Jadi, pemakaian masker tetaplah dianjurkan untukmu. Menutrisi kulit adalah hal penting demi memastikan kamu memiliki wajah cantik dan sehat.

Keuntungan lainnya saat kamu memilih menggunakan masker adalah harganya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan peralatan make up. Untuk itu memang sudah seharusnya kamu melirik jenis masker apa yang sesuai untuk kamu.

Sesuaikan juga dengan masalah kulit yang sedang kamu hadapi. Misalnya saja kamu sedang ingin menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Untuk itu, asupan masker yang mengandung vitamin C tentu akan cocok untuk kulit kamu. Bahan yang digunakan bisa mentimun ataupun lemon. Keduanya memang dinilai ampuh menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

Maskeran itu Tidak Ribet, Jadi Jangan Beralasan Lagi

Jika selama ini kamu termasuk orang yang malas mengaplikasikan masker pada wajah kamu karena alasan ribet, tampaknya kamu harus memikir ulang hal tersebut saat ini. Kemajuan jaman, membuat orang semakin ingin berinovasi. Demikian halnya untuk varian masker.

Waktu tidak bisa lagi menjadi halangan karena sudah tersedia facemask yang terkenal dengan kepraktisannya. Sebagaimana halnya dengan mie instan yang tinggal diseduh dengan air panas, kamu juga hanya butuh itu untuk menghasilkan adonan masker yang baik untuk wajah.

Beragam varian bahan alami seperti yang sudah dijelaskan tadi pun turut tersedia dalam facemask saat ini. Hanya wujudnya saja yang berbeda. Kamu bisa memilih masker berbentuk serbuk, gel, krim bahkan sheetmask. Semua tergantung kepada kamu ingin memilih yang mana.

Menghaluskan Kulit Wajah

Seiring dengan pertambahan usia, biasanya kulit juga akan berubah. Jika selama ini kulit terasa lebih halus, maka hal itu akan berubah seiring dengan pertambahan usia. Untuk itulah kamu memerlukan peralatan yang tepat agar kulit kamu tetap terawat dan halus. Salah satu manfaat maskeran yang bisa kamu dapatkan adalah kulit yang halus. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengakui manfaat maskeran.

Biasanya, kulit wajah akan menjadi kasar karena menumpuknya sel kulit mati. apalagi kamu termasuk orang-orang yang malas mencuci muka setelah melakukan aktivitas. Kemungkinan menumpuknya sel kulit mati di wajahmu pun akan semakin besar. Kulit akan terlihat lelah dan kusam.

Untuk mengatasinya, masker adalah jawaban ampuh. Dianjurkan bagi kamu untuk melakukan eksfoliasi kulit dengan scrub. Namun harus diingat, kamu dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi ini dalam keadaan kulit yang lembap. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko terjadinya luka pada wajah. Untuk mendapatkan regenerasi sel, kamu bisa memilih masker tepung beras, kopi, ataupun madu alami.

Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Salah satu hal yang paling ditakutkan kebanyakan orang apalagi wanita adalah penuaan dini. Memang tidak bisa dipungkiri, terlampau banyak penyebab terjadinya masalah kulit yang satu ini. Apapun ceritanya, yang terpenting adalah kamu bisa menemukan cara untuk mengurangi risiko terkena penuaan dini. Terutama untuk kulit. Kamu tentu berharap bisa tampil sesuai usia atau bahkan lebih muda.

Beberapa cirinya seperti kemunculan garis-garis halus, kulit tampak keriput, pori-pori terlihat membesar serta munculnya flek-flek hitam pada walah adalah beberapa dari sekian banyak tanda terjadinya penuaan. Sudah tentu ini menjadi hal yang sangat dihindari.

Ternyata, rutin menggunakan masker pada wajah bisa menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini pada kulit. Untuk itu, pakailah masker secara rutin. Kamu akan merasakan kulit lebih kenyal dan awet muda saat mulai rutin menggunakannya. Beberapa bahan masker wajah yang bisa kamu pilih ialah teh hijau, putih telur, kedelai, dan juga madu.

Melembapkan Kulit Wajah

Kulit wajah yang kering memang selalu menjadi masalah. Untuk itu diperlukan perawatan agar kulit kamu bisa tetap dalam keadaan lembap. Masker wajah memang ampuh dalam menghidrasi kulit. Jadi, tidak heran bila kamu menggunakan masker secara rutin, kulit akan terjaga kelembapannya.

Beragam masalah kulit pun bisa dikurangi risikonya dengan memakai masker secara rutin. Beberapa bahan masker yang bisa dicoba untuk mendapatkan hasil kulit lembap ialah madu, alpukat, minyak zaitun, dan juga lidah buaya. Jika menggunakan madu, pastikan bahwa madu yang kamu pilih adalah madu asli tanpa campuran.

Mengatasi Komedo dan Jerawat

Dua masalah kulit ini tentu sudah tidak asing lagi. Beragam cara tentu dilakukan untuk menghilangkannya. Namun, tetap saja, perawatan wajah menggunakan skin care terutama yang alami akan membantu dalam mengatasinya.

Masker bisa mendetoksifikasi racun pada kulit. Dengan demikian, beragam permasalahan wajah yang disebabkan racun tersebut akan bisa diatasi dengan penggunaan masker. Secara otomatis, racun dalam kulit akan dikeluarkan.

Meskipun demikian, kamu juga harus mengetahui tahapan menggunakan masker pada wajah. Hal ini dilakukan guna mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu, berikut akan diuraikan beberapa tahapan dalam menggunakan masker menurut pakar kecantikan agar hasil yang didapatkan bisa bagus.

Beberapa Tahapan Memakai Masker Menurut Pakar Kecantikan

Membersihkan WajahTerlebih Dahulu

Adapun langkah awal yang harus kamu lakukan sebelum mengaplikasikan masker pada wajah adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan tidak ada lagi kotoran yang menempel pada permukaan wajah kamu.

Kamu bisa menggunakan facial wash  yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Disarankan agar kamu membilas wajah menggunakan air suhu normal. Jika menggunakan air hangat, dikhawatirkan kulit akan menjadi kering.

Melakukan Scrub Pada Wajah

Selanjutnya adalah scrub. Tahapan yang satu ini memang dikenal efektif untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dari wajah, sehingga kulit akan terasa lebih bersih dan regenerasi sel bisa berjalan dengan baik. Scrubbing juga turut mampu membersihkan wajah lebih dalam dibandingkan dengan kegiatan mencuci muka menggunakanfacial wash. Jadi, ada baiknya kamu juga melakukan tahapan ini.

Mengaplikasikan Masker

Ini merupakan tahapan inti dari proses maskeran kamu. Oleskanmasker secara merata pada permukaan kulit hingga rata. Namun tetap ingat untuk menghindarkan mulut dan mata agar tidak terkena olesan masker. Diamkan masker selama beberapa menit hingga mengering. Jika kamu menggunakan masker siap jadi, pada kemasan akan diberikan petunjuk berapa lama waktu pendiamannya.

Menggunakan Handuk Hangat

Setelah masker mengering, maka saatnya kamu menggunakan handuk yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Handuk ini akan kamu gunakan untuk membersihkan masker yang masih menempel pada wajah. Setelah dirasa bersih, saatnya kamu menggunakan air dingin untuk membasuh wajah. Adapun fungsi air dingin ini ialah untuk menutup pori-pori wajah yang terbuka.

Menggunakan Toner

Guna menyempurnakan tahapan masker yang kamu lakukan, akhiri dengan menggunakan toner. Disarankan kepada kamu agar menggunakan toner yang sesuai jenis kulit. Adapun fungsi toner ini ialah untuk menambah kesegaran pada kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here