Kenali Sejak Dini Penyakit yang Menyerang Organ Intim Perempuan, Penyakit Berbahaya yang Mematikan

0
864

Jaman semakin berkembang. Segala sesuatu dapat tumbuh dengan begitu pesatnya. Dari mulai teknologi, pendidikan, bahkan pergaulan. Saat ini Indonesia yang dulunya terkenal sebagai bangsa Timur yang sangat membatasi hubungan antara kaum laki-laki dan perempuan, rupanya ikut terkena dampak perkembangan jaman yang sangat signifikan.

Bukan hal yang aneh apabila kita menjumpai anak-anak muda di pusat hiburan malam, pasangan anak muda keluar masuk hotel dan penginapan bahkan banyak kasus yang mengancam masa depan anak-anak dan para remaja. Seperti kasus asusila, hamil di luar nikah bahkan kasus hukum karena membuang anak hasil kekhilafan mereka.

Tidak hanya sampai di situ, banyak kasus pembunuhan yang dikarenakan hubungan terlarang. Benar-benar kondisi yang memprihatinkan. Setiap tahunnya kasus kenakalan remaja terus menunjukkan grafik kenaikan.

Dampak globalisasi bukan hanya memberikan dampak positif bagi kita tetapi juga dampak negatif luar biasa yang harus segera di cari jalan keluar. Seperti beberapa kasus penyakit yang menyerang kaum wanita khususnya yang tak lepas dari bebasnya pergaulan jaman sekarang.

Banyak sekali kita jumpai pasien-pasien yang mengidap penyakit menular seksual, walaupun tidak semua karena pergaulan bebas tetapi sebagian besar dikarenakan oleh hal tersebut. Yang harus diwaspadai lagi penyakit yang menyerang organ intip pada wanita biasanya tidak diawali dengan gejala.

Oleh karena itu sebagai kaum wanita, Anda harus sering menambah pengetahuan dan juga selalu menjaga kebersihan organ intim Anda untuk menghindari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan.

Yuk Simak Beberapa Penyakit Organ Intim Wanita Berikut ini Beserta Gejalanya 

Keputihan

Organ intim wanita memang wajar nya mengalami keputihan, yaitu keluarnya cairan yang menyerupai lendir berwarna putih, lengket dan sedikit kental. Lendir tersebut untuk menjaga organ intim wanita agar tetap lembap, dan juga menjaga kebersihan vagina serta menghindarkan organ intim dari infeksi jamur.

Namun Anda harus terus memantau dan memperhatikan saat mengalami keputihan. Karena lendir keputihan yang keluar apabila berwarna tidak putih jernih, bisa jadi Anda mengalami sebuah masalah.

Keputihan yang berwarna abu-abu, kehijauan, kuning seperti nanah atau bahkan keluar dengan bercampur darah, maka menandakan sebuah masalah kesehatan pada vagina yang ditandai dengan bau tidak sedap, rasa gatal pada sekitar organ intim atau bahkan bisa seperti rasa panas terbakar dan perih.

Keputihan yang tidak normal bisa mengganggu hubungan seksual Anda karena bisa memberikan efek nyeri di sekitar perut. Biasanya keputihan ini disebabkan oleh infeksi bakteri maupun jamur yang bisa merupakan penyakit seksual menular. Segera konsultasikan ke dokter saat Anda mengalami permasalahan tersebut. Karena bisa mengakibatkan berat badan Anda turun drastis.

Herpes

Wanita sangat rentan mengalami penyakit menular seksual yang satu ini. Penyakit ini bisa dengan cepat menular saat Anda berhubungan se’ksual, baik vaginal, anal maupun oral. Penderita herpes selamanya di dalam tubuhnya akan tetap tumbuh virus herpes walaupun tidak aktif lagi. Penyakit ini pun tanda-tanda atau gejalanya sulit diprediksi karena seperti orang sakit demam dan flu.

Penderita yang terjangkit virus ini akan mengalami nyeri sendi dan otot serta keputihan abnormal untuk buang air kecil pun terasa perih. Puncaknya kulit akan terasa gatal seperti terbakar dan nyeri yang sangat luar biasa. Virus ini tumbuh secara berkelompok.

Salpingitis

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri oleh penyakit menular seksual chlamydia dan gonore yang ditandai dengan peradangan saluran tuba.

Akibat penyakit sangat lah buruk. Anda akan mengalami sakit saat berhubungan seksual, nyeri saat menstruasi yang sangat sakit, sakit di sekitar perut bawah dan punggung, sering mengalami buang air kecil, keputihan yang bau dan abnormal serta sering pusing dan muntah.

Kutil ke lamin

Penyakit ini mirip seperti namanya, yaitu muncul kutil di sekitar organ intim wanita. Kutil ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus HPV. Kutil ini bisa menular melalui hubungan seksual. Pada organ intim wanita, kutil awalnya tidak terdeteksi karena bentuknya yang datar namun semakin lama akan berkembang dan muncul ke permukaan.

Bahkan lebih parahnya lagi,kutil bukan hanya tumbuh di organ intim wanita, bisa menjalar ke anus bahkan ke bagian dalam organ intim wanita. Kutil ini bisa disembuhkan tetapi tidak bisa dihilangkan sehingga bisa jadi muncul di lain waktu.

Kanker serviks

Merupakan satu penyakit organ intim wanita yang mematikan. Sudah banyak sekali korban yang jatuh meninggal karena penyakit ini. Kanker serviks sendiri di sebabkan oleh infeksi virus HPV.

Saat Anda mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur alangkah baiknya apabila Anda melakukan pemeriksaan, karena bisa jadi hal tersebut merupakan tanda-tanda atau gejala dari penyakit kanker serviks yang mematikan tersebut.

Selain siklus menstruasi yang tidak teratur bisa ditandai dengan keputihan abnormal yang mengeluarkan bau tidak sedap, pendarahan saat hubungan seksual, sakit dan nyeri saat berhubungan, atau bisa juga dengan intensitas buang air kecil yang tidak beraturan.

Bagi Anda yang sudah aktif berhubungan seksual, lebih baik Anda rutin untuk melakukan vaksinasi atau pemeriksaan kesehatan organ intim secara berkala. Untuk mencegah penyakit-penyakit kelamin yang mematikan.

Berikut Rumah Sakit di Jakarta yang Menangani Penderita Kanker Serviks dengan Tepat

Mengenal lebih dalam mengenai kanker serviks

Orang yang menderita penyakit kanker biasanya langsung putus asa dan merasa dirinya sudah tidak berharga lagi. Sudah tidak ada harapan hidup. Padahal kanker serviks yang ditangani dengan tepat dan cepat bisa disembuhkan dengan beberapa metode. Kanker serviks tidak bisa di biarkan begitu saja karena stadium atau tingkat kronis penyakit ini terus berkembang dengan pesat.

Harapan hidup 5 tahun bagi pasien kanker serviks dengan stadium 1A >95%, sedangkan stadium 1B 80-85%. Untuk harapan hidup 5 tahun bagi pasien kanker serviks yang memasuki stadium 2 60-70%, bagi yang sudah memasuki stadium 3 30-35%, sedangkan bagi mereka yang sudah memasuki stadium 4 memang sudah tipis 14%, namun tidak ada yang tidak mungkin saat au berusaha dan ikhtiar.

Rumah Sakit Dharmais Indonesia, Rumah Sakit Kanker Indonesia

Mungkin bagi Anda yang menderita kanker serviks merasa putus asa dan mengurung diri menyesali nasib kenapa harus menderita sakit yang se ganas ini. Tetapi saat Anda memasuki ruah sakit Dharmais Indonesia, Anda akan merasa banyak teman. Dalam artian bukan hanya Anda yang mengalami sakit seperti itu.

Ya, RS Dharmais merupakan salah satu rumah sakit pusat kanker di Indonesia. Rumah sakit ini terletak di Jl. Let. Jendral. S. Parman Kav. 84-86, Slipi, Jakarta Barat 11420. Merupakan rumah sakit kanker nasional yang menangani rujukan pasien penderita kanker dari seluruh daerah di Indonesia.

Di tempat ini lah Anda bisa menyadari bahwa bukan hanya Anda sendiri yang sedang berjuang untuk tetap hidup, berjuang untuk sembuh dan kembali menata diri untuk meraih mimpi.

Rumah sakit kanker Dharmais atau dikenal dengan RSKD merupakan hasil impian atau cita-cita yang dengan tekad dan usaha keras bisa tercapai. Rumah sakit ini awalnya terbangun karena keprihatinan beberapa pakar kanker dan para pekerja medis di bidang kanker yang sangat menginginkan Indonesia mempunyai pusat pengobatan kanker.

Akhirnya, pada tahun 1988, pemilik yayasan Dharmais Bapak H.M Soeharto meminta masukan beberapa pakar kanker dan bermusyawarah untuk membuat wadah penanganan penyakit kanker bagi para penderita di Indonesia pada umumnya.

Akhirnya pada tanggal 30 Oktober 1993 secara resmi RSKS Rumah Sakit Kanker Dharmais Indonesia resmi dibuka oleh pemilik yayasan Bapak H.M Soeharto yang saat itu juga menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Rumah sakit kanker Dharmais saat ini telah menjadi rumah sakit kanker nasional yang terus berbenah untuk mencapai visi mereka yakni menjadi rumah sakit kanker nasional yang setara tingkat Asia. Mereka pun mempunyai beberapa pengembangan rumah sakit kanker yaitu sebagai pelayanan kesehatan kanker komprehensif, Pusat Pendidikan dan Informatika Kanker serta Pusat Data dan Riset Kanker Nasional.

Beberapa dokter di RS Kanker Dharmais Jakarta yang menangani penderita kanker serviks

Berjuluk rumah sakit kanker nasional, RSK Dharmais mempunyai tenaga ahli yang memang sudah berhasil menangani beberapa kasus penyakit kanker. Tentu saja dengan bekal ilmu dan pengalaman para dokter di sana tidak sedikit pasien penderita kanker yang berhasil keluar rumah sakit dengan keadaan yang lebih baik.

Apabila penderita cepat tanggap dengan kanker yang menggerogoti tubuhnya, maka bukan tidak mungkin penyakit mematikan ini bisa hilang dan sembuh. Tekad yang kuat dan kerja sama dengan dokter yang ahli akan membawa hasil yang maksimal.

Berikut beberapa dokter yang ahli menangani kanker serviks di RSK Dharmais, Dr. Alban Dien, Sp.B, Sp.B(K)Onk, yang sudah lebih dari 27 tahun berpengalaman dalam mendampingi pasien penderita kanker.

Layanan yang di tangani oleh Dr. Alban Dien antara lain adalah, terapi hormon untuk terapi payudara, Cry therapy (Terapi dengan menggunakan Es) / Terapi Dingin, Radiasi Sinar Eksternal Untuk Kanker Prostat ,Transplantasi Tulang Sumsum, dan Gastrointestinal Endoscopic Mucosal Resection.

Dr. Samuel J Haryono S.Ked, Sp.B, Sp.Oc, sudah 33 tahun berkecimpung di dunia medis dengan ahli di bidang kanker, beliau membuka layanan pengobatan kanker seperti, Cry therapy (Terapi dengan menggunakan Es) / Terapi Dingin dan terapi hormon untuk kanker prostat Brachytherapy (Internal Radiation Therapy), Transplantasi Tulang Sumsum , lumpectomy. 

Dr. Bayu Brahma, dr. , Sp.B(K)Onk, merupakan dokter muda yang sudah 18 tahun berpengalaman di medis. Beliau juga membuka pelayanan konsultasi dan pengobatan kanker serviks.

Masih banyak lagi dokter-dokter yang berpengalaman lainnya. Mereka bekerja sudah lebih dari puluhan tahun sehingga sudah mempunyai bekal pengalaman yang cukup untuk memberikan penanganan medis dan pendampingan kepada pasien mereka.

Selain dokter yang berpengalaman, RSK Dharmais juga dilengkapi dengan alat-alat dan sarana prasarana yang lengkap dan memadai. Rumah sakit kanker nasional tersebut terus berbenah diri untuk memberikan yang terbaik dan menjadi rumah sakit yang bertaraf internasional setara dengan rumah sakit kanker di Asia.

Pencegahan kanker serviks sejak dini

Sebelum terkena penyakit mematikan ini, lebih baik kita melakukan pencegahannya, seperti kita tahu penyakit ini adalah salah satu penyakit yang sulit untuk diobati. Berikut beberapa pencegahan yang bisa kita lakukan.

  • Lakukan hubungan se’ks yang aman. Dengan artian Anda sebaiknya menghindari bergonta-ganti pasangan dan menggunakan kondom saat berhubungan se’ksual.
  • Vaksin HPV. Sebaiknya Anda melakukan vaksin HPV, yaitu vaksin yang diberikan untuk mencegah virus HPV, diberikan untuk usia 9-26 tahun.
  • Rutin melakukan pap smear. Sebuahpemeriksaan untuk memantau kondisi serviks Anda.
Sehat itu mahal. Sebaiknya Anda melakukan pencegahan sebelum Anda mengalami sakit karena virus kanker yang mematikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here