Kupas Tuntas Mengenai Pilihan Melahirkan dengan Normal atau pun Caesar

0
1418

Melahirkan di dalam air

Proses persalinan melahirkan di dalam lahir atau dikenal dengan istilah waterbirth. Persalinan ini pertama ada di dataran Eropa, yakni Rusia dan Perancis pada tahun 1970.Persalinan ini banyak di pilih oleh para pasangan millennial karena memang banyak manfaatnya ketimbang persalinan normal secara biasa.

Adapun manfaat bagi si ibu antara lain :

  • Bagi si ibu akan merasa rileks dan nyaman karena di dalam air otot yang digunakan untuk mengejan lebih elastis.
  • Rasa sakit dan nyeri karena proses persalinan tidak begitu terasa karena dengan metode ini bisa mengurangi intensitas mengejan.
  • Proses pembukaan jalan lahir lebih cepat saat ibu berada di dalam air.

Manfaat bagi si bayi antara lain adalah :

  • Berkurangnya risiko cedera pada kepala bayi.
  • Peredaran darah pada bayi sangat baik, sehingga setelah dilahirkan bayi cepat memerah dan sehat.

Proses persalinan di dalam air

Pada dasarnya melahirkan di dalam air sama dengan proses melahirkan secara normal. Hanya saja tempatnya yang berbeda.Ibu diletakkan dalam sebuah kolam besar berukuran kurang lebih 2 meter dengan alasnya berbentuk benjolan-benjolan sehinga posisi ibu tidak merosot.

Kolam pun berisikan air hangat dengan suhu antara 26-27 derajat sehingga saat bayi lahir tidak merasakan perbedaan suhu yang berarti saat berada di dalam rahim ibu dan saat dilahirkan.Hal ini juga menghindari bayi mengalami hypothermia.

Ada beberapa larangan yang tidak diperbolehkan melahirkan di dalam air, antara lain panggul ibu yang terlalu kecil atau karena keadaan bayi itu sendiri. Seperti bayi yang melintang atau sungsang maka tidak diperkenankan melahirkan dengan metode waterbirth.

Ibu yang menderita herpes juga tidak bisa melahirkan dengan cara ini karena bayi terancam tertular kuman herpes dari ibu. Kuman herpes tidak bisa mati di dalam air.Anda pun sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga Artikel terkait selanjudnya tab 1/2/3/4/5 dibawah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here