Kupas Tuntas Mengenai Pilihan Melahirkan dengan Normal atau pun Caesar

0
1431

Persalinan Caesar

Banyak yang beranggapan operasi Caesar tidak sakit.Dan banyak menjadi pilihan melahirkan saat ini. Padahal sebenarnya operasi Caesar juga bukan lah proses yang mudah. Karena ibu juga mengalami sakit saat bius mulai pudar.Bisa dibilang operasi Caesar menimbulkan sakit pasca operasi.

Operasi Caesar sendiri bisa karena keadaan darurat, seperti persalinan macet, janin stres karena proses persalinan lama, vakum yang tidak berhasil atau karena keadaan ibu yang tidak memungkinkan.

Namun bisa juga operasi Caesar sudah direncanakan jauh hari, seperti kasus misalnya bayi sungsang, jalan keluar tertutup plasenta atau keadaan ibu yang tidak bisa melahirkan normal, karena hipertensi atau diabetes.

Persalinan dengan operasi Caesar juga membutuhkan perhatian yang cukup karena termasuk operasi yang besar.

Tips melahirkan secara normal

Untuk dapat melahirkan secara normal, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebagai berikut :

  • Diskusikan dengan pasangan mengenai proses melahirkan yang Anda pilih, usahakan pilihan anda sudah anda yakini 100% dan pasangan Anda menyetujui pilihan Anda tersebut.
  • Buatlah sebuah daftar dengan catatan kecil hal apa yang ingin Anda lakukan saat melahirkan. Karena melahirkan secara normal Anda memerlukan sebuah kenyamanan sehingga Anda bisa melakukan yang terbaik untuk Anda dan juga buah hati Anda. Seperti misalnya langkah apa yang harus diambil pihak medis saat Anda mengalami masalah dengan proses persalinan. Akankah diambil langkah vakum terlebih dahulu apa langsung operasi Caesar.
  • Ikutilah kelas ibu hamil. Di tempat tersebut akan banyak sekali manfaat yang Anda dapatkan. Seperti diskusi dengan pihak medis atau sesama ibu hamil lainnya. Atau Anda juga bisa melakukan senam hamil agar Anda mudah mempersiapkan fisik dan juga mental Anda menjelang persalinan.

Usahakan suami juga mengetahui mengenai teknik bernapas saat Anda mengalami kontraksi atau permasalahan dan teknik lainnya. Sehingga saat sesuatu terjadi pada Anda suami tidak lagi panik dan mengetahui apa yang harus dilakukannya.

  • Belajar lah bermacam-macam pose saat Anda memasuki proses persalinan. Latihan di awal akan membuat Anda memahami pose yang seperti apa yang bisa membuat Anda nyaman dan tenang. Di saat akhir kehamilan sebaiknya Anda rutin melakukan latihan pose-pose ini untuk pemanasan dan persiapan Anda memasuki persalinan.
  • Berlatih lah bernapas dengan baik saat kontraksi datang. Karena napas adalah kunci utama saat Anda melahirkan normal. Maka sering-sering lah belajar untuk mengatur napas Anda.
  • Istirahat yang cukup. Saat Anda memasuki hari perkiraan lahir, maka sebaiknya Anda mulai mengatur jam istirahat Anda. Perbanyak lah tidur karena saat proses persalinan Anda akan menguras banyak sekali energi.

Melahirkan secara normal akan melewati fase kontraksi dan proses dimana janin mencari jalan keluar. Proses tersebut akan membuat Anda merasakan sakit dan juga membutuhkan tenaga yang cukup.

Oleh karena itu sebelum melahirkan usahakan Anda mempunyai cukup waktu untuk istirahat dan mengatur pola tidur Anda.

Baca Juga Artikel terkait selanjudnya tab 1/2/3/4/5 dibawah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here